Baru saja terungkap fakta bahwa smartphone produksi Apple dan Samsung dalam tiga tahun belakangan ini ternyata menghasilkan radiasi frekuensi radio yang lebih tinggi dibandingkan ketetapan Federal Communications Commission (FCC). Sebuah berita yang diangkat Chicago Tribune mengungkap bahwa ilmuwan dan konsumen telah menunjukkan tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi terkait radiasi frekuensi radio dari perangkat seluler yang kemungkinan bisa memengaruhi kesehatan manusia, khususnya dengan digulirkannya 5G di seluruh dunia. Laporan terbaru menyatakan bahwa model ponsel lama yang beroperasi di pita frekuensi 3G dan 4G saja sudah kemungkinan melebihi batas aman FCC.

Produsen smartphone sudah lama diminta untuk mematuhi pedoman FCC terkait serapan radiasi frekuensi radio oleh tubuh. Ukuran yang saat ini dianggap sebagai batas aman disebut sebagai specific absorption rate atau SAR, dan FCC menetapkan batas 1,6 watt per kilogram, rata-rata terhadap 1 gram jaringan. FCC menyatakan bahwa menurut pengujian laboratorium, masalah kesehatan bisa terjadi radiasi jika melebihi ambang batas tersebut.

Uniknya, meskipun FCC sendiri sudah menyatakan bahwa perangkat yang sudah mengantongi sertifikat dari FCC telah diuji dan tidak melebihi batas SAR maksimal, namun Chicago Tribune menemukan fakta yang sebaliknya terjadi, bahkan di beberapa model lama.

Penelitian Tribune menguji 11 model yang berbeda: empat model iPhone, yaitu iPhone 7, 8, 8 Plus, dan X, tiga Samsung Galaxy, yaitu S8, S9, dan J3, tiga Motorola, yaitu e5, e5 Play, dan g6 Play, serta BLU Vivo 5 Mini. Cara penelitiannya adalah dengan menempatkan smartphone pada jarak 2, 5, 10, dan 15 milimeter dari ‘tubuh yang terkena paparan’ – yang mana digantikan oleh campuran gula, air, dan garam (seperti susunan tubuh manusia), kemudian mengukur paparan radiasi dari perangkat tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serapan frekuensi radio iPhone 7 adalah yang terburuk dibandingkan ponsel lain, dengna nilai SAR dua hingga empat kali lebih tinggi dari batas aman yang ditetapkan. Tiga perangkat Samsung Galaxy yang diuji juga menunjukkan tingkat penyerapan radiasi yang tinggi di jarak yang sama. Galaxy S8 memiliki tingkat serapan tertinggi mencapai 8,22 Watt per kilogram (perhatikan bahwa batas serapan yang diizinkan FCC hanya 1,6 watt per kilogram).

FCC yang diminta pendapatnya mengenai hal ini menuduh bahwa pengujian yang dilakukan Chicago Tribune ‘tidak menyeluruh’ dan ‘tidak sesuai kaidah penelitian’. FCC juga mengajukan tuntutan atas pemberitaan tersebut. Yang mana yang benar? Meskipun ada kemungkinan bahwa Chicago Tribune memang tidak melakukan pengujian dengan baik, namun ada baiknya kita waspada dengan tidak sering-sering meletakkan ponsel ‘menempel’ tubuh kita alias mengantonginya sepanjang waktu. Sering meletakkan ponsel agak jauh dari tubuh akan membantu meringankan gangguan kesehatan yang mungkin timbul dari tingkat radiasi radio smartphone ini.

Sumber: Cnet

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.