Home Editorial 10 Web Paling Aman untuk Download Freeware

10 Web Paling Aman untuk Download Freeware

10 Web Paling Aman untuk Download Freeware

Ada banyak tempat untuk mendownload freeware, tapi tidak semuanya aman. Beberapa web mencoba menyisipkan iklan atau junkware ke dalam freeware, kamu bisa menemuinya saat menginstall freeware tersebut. Contohnya saat kamu menginstall GOM Player, maka seharusnya yang terinstall hanya GOM Player, tapi kamu malah mendapatkan berbagai software yang tidak jelas seperti Baidu browser atau software tune-up utility.

Beruntung jika kamu masih mendapatkan junkware, kamu masih bisa uninstall junkware tersebut. Tapi bagaimana jika kamu mendapatkan malware atau virus? Tentu ini akan menjadi masalah yang rumit, karena dari awal kamu sudah salah tempat untuk mendownload freeware tersebut. Berikut ini WinPoin akan bagikan tempat aman untuk download freeware.

 

1. Ninite

Buat kamu yang belum pernah dengar web bernama Ninite, ia adalah web yang menyediakan daftar freeware yang bisa kamu download dengan aman. Tidak ada tambahan junkware atau bahkan malware. Selain itu ia juga menyediakan custom installer, centang beberapa freeware yang ingin kamu download dan Ninite akan menjadikannya sebagai satu installer. Jadi kamu hanya perlu satu klik untuk menginstall semua freeware yang dibutuhkan. Selain itu Ninite juga bisa secara otomatis untuk melakukan update yang kamu pilih sebelumnya.

 

2. MajorGeeks

Meskipun tampilannya sangat kuno, MajorGeeks telah menjadi salah satu tempat download terpopuler selama lebih dari 15 tahun. Ketika ada puluhan ribu user online dalam satu waktu terlihat, maka kamu akan mulai mempercayai situs ini. Pada halaman utama berisi daftar freeware yang baru saja diupdate, di sidebar kiri ada kategori freeware yang akan memudahkan kamu dan di sidebar kanan ada freeware top download.

 

3. FileHippo

FileHippo adalah situs yang memiliki lebih dari 200.000 freeware dipecah menjadi 16 kategori termasuk untuk Windows, Mac dan Web. Tapi freeware apapun yang ingin kamu download, situs ini menawarkan kamu untuk mendownload dari tempat asli freeware itu berasal.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, FileHippo menyediakan software update checker, yang melakukan scanning untuk melihat apakah ada software yang perlu diupdate. Ini adalah cara termudah buat kamu yang tidak memiliki waktu untuk mengupdate satu persatu freeware yang kamu install.

 

4. Softpedia

Softpedia juga salah satu web terbesar yang menyediakan tempat ratusan ribu freeware. Setiap hari ada freeware yang diupdate, jadi bisa dipastikan kamu akan mendapatkan freeware yang bersih tanpa malware. Ia juga banyak memiliki link download mirror, jadi jika dari situs asli freeware mati, kamu masih bisa mendownloadnya dari server lain. Selain memiliki banyak freeware dan link mirror, Softpedia juga memiliki pengkategorian yang memudahkan kamu.

 

5. Download Crew

Meskipun tampilan web ini sedikit berantakan, Download Crew masih layak untuk memasuki daftar ini. Poin lebih dari web ini adalah setiap freeware memiliki review singkat yang padat, menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari freeware tersebut.

Kalau kamu ingin melihat freeware yang sering di download atau yang keren, ada kategori Most Popuper Download dan Editor Choice. Freeware yang terdaftar ada yang untuk Windows, Mac, Linux, Android dan iOS.

 

6. FilePuma

FilePuma memiliki tampilan yang sama persis seperti FileHippo, tapi FilePuma lebih teratur dengan pengkategorian yang memudahkan user. FilePuma juga memiliki software detector yang menjaga software yang kamu install agar tetap uptodate. FilePuma bisa jadi alternatif jika kamu kurang puas dengan FileHippo.

 

7. FileHorse

FileHorse bukanlah web besar yang banyak memiliki daftar freeware. Meskipun begitu, ia sangat fokus dengan freeware terbaik dan paling sering di download dan memastikan mereka tidak memiliki malware atau virus. Jika kamu sering menggunakan freeware populer, web ini bisa jadi acuan untuk mendownload freeware populer kamu agar tetap uptodate dan aman.

 

8. Download ZDNet

Untuk kamu yang sudah memantau berita teknologi, web ZDNet mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Salah satu web berita teknologi terbesar ini membuat terobosan baru dengan menambahkan channel software repository. Meskipun baru, ia sudah memiliki banyak daftar software uptodate yang bisa kamu download.

Pengkategoriannya sangat memudahkan kamu dalam mencari software. Ada kategori berdasarkan harga dan juga pengkategorian berdasarkan fungsi. ZDNet menyediakan daftar software untuk Windows, Mac dan sistem operasi mobile.

 

9. SnapFiles

Satu lagi tempat download freeware yang aman untuk kamu, SnapFiles. Meskipun memiliki fungsi seperti kebanyakan web software repository lainnya, ia memiliki satu poin lebih yaitu “Daily Freeware Pick.” Salah satu kategori yang setiap hari berubah isinya, menampilkan software yang mungkin sedang kamu cari-cari.

 

10. JalanTikus

Satu-satunya web software repository lokal yang sudah memiliki banyak daftar software di dalamnya. Buat kamu yang ingin download freeware aman dan tetap uptodate, JalanTikus patut kamu coba. Dengan pengkategorian yang rapi dan teratur, kamu akan lebih mudah menemukan software yang diingkan. Terlebih lagi, disini juga menyediakan tempat untuk membeli software berbayar misalnya Software Internet Download Manager.

 

Itulah sederetan website aman yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk mendownload freeware, tapi jangan terpaku pada web diatas saja. Mungkin kamu punya tempat yang lebih mudah dan aman untuk mendownload software dan belum masuk ke dalam daftar di atas. Bagikan web tersebut di kolom komentar di bawah ini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.