Selain membawa beberapa fitur baru seperti dukungan multi-device, bergabung ke group call, dan mengubah kualitas foto dan video, WhatsApp juga meningkatkan fitur dalam segi privasi. Terbaru, WhatsApp tampaknya akan meningkaktan privasi pengguna dengan memberikan enkripsi end-to-end pada local backup.

WhatsApp sendiri memang sudah menggunakan fitur end-to-end encryption (E2EE) pada setiap percakapan yang ada semenjak 2014. Tetapi fitur tersebut tidak tersedia untuk local backup, sementara cloud backup sudah ada sejak beberapa bulan lalu.

Dilansir dari WABetaInfo, jadi enkripsi end-to-end ini memungkinkan kamu untuk mengenkripsi file backup dengan menggunakan password atau kunci enkripsi. Jadi, ketika pengguna ingin restore file backup, kamu perlu memberikan password atau kunci enkripsi untuk mengakses file backup tersebut.

Jadi hal ini dapat menghindari orang yang tidak dikenal untuk membuka file backup tersebut. Perlu diingat bahwa karena ini merupakan E2EE, yang mana hanya kamu seorang saja yang tahu, maka ketika lupa password atau kunci enkripsinya, maka file backup tersebut tidak bisa diakses, meskipun meminta bantuan dari WhatsApp.

WABetaInfo juga menambahkan, fitur enkripsi end-to-end ini akan tersedia pada update selanjutnya.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.