Kembali ke bulan September 2019 lalu, dikabarkan bahwa Microsoft tengah mengembangkan sebuah project baru untuk menjalankan aplikasi x64 di Windows 10 ARM. Satu tahun berlalu, dan cukup lama waktu tersebut hingga kabar dari project tersebut mulai menghilang dari peredaran, dan setelah sekian lama menunggu kini diakhir tahun 2020, akhirnya fitur yang dijanjikan telah diluncurkan.

Berdasarkan Release Note Windows Insider Build 21277 yang dirilis hari ini, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa mereka akhirnya merilis x64 Emulations Preview untuk Windows 10 ARM, dan dengan itu kini para pengguna Windows 10 ARM sudah dapat menjalankan aplikasi x64.

Kabar ini tentu cukup menarik terutama untuk kamu yang kini menggunakan perangkat ARM seperti Surface Pro X yang menggunakan Chipset Microsoft SQ1 atau perangkat Samsung Galaxy Book S, karena selain dapat menjalankan aplikasi ARM Native, kini Windows 10 ARM akan menjalankan aplikasi x64 secara bersamaan, dan tentu ini akan menambah jumlah kompatibilitas aplikasi untuk perangkat dan system operasi tersebut.

Untuk mendapatkan dukungan ini, untuk saat ini fitur masih tersedia sebagai bagian dari Windows Insider Dev Channel, sehingga pengguna mau tidak mau harus mendapatkan Build 21277 untuk mendapatkan fitur tersebut. Mengenai hal ini, dalam halaman terpisah, Microsoft juga menjelaskan bahwa pengguna dapat menginstall aplikasi x64 dari Microsoft Store atau lokasi lain yang pengguna pilih, sebut saja aplikasi Autodesk Sketchbook, dan game seperti Rocket League.

Selain itu Microsoft juga mencatat, untuk mendapatkan kinerja aplikasi terbaik, diharapkan pengguna menggunakan Driver Grafis Qualcomm Adreno yang dapat diambil dari beberapa sumber berikut.

Untuk mendukung pengoperasian aplikasi ARM64 dan x64 C ++ secara bersamaan, pengguna juga diharapkan untuk melakukan instalasi versi preview ARM64 C ++ yang dapat diambil dari https://aka.ms/arm64previewredist . (di versi mendatang, langkah ini tidak diperlukan).

Nah untuk kamu pengguna Windows 10 ARM, mungkin mencoba fitur baru ini cukup menarik untuk dilakukan, tentu Microsoft juga mengharapkan feedback dari pada Windows Insider seandainya memiliki saran atau bug yang pengguna dapatkan.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini?, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.