Dalam sebuah support document yang dirilis Microsoft beberapa hari lalu (dilansir dari halaman ZDNet), menunjukan bahwa kini mulai Windows 10 2004 atau May 2020 Update, Windows 10 membawa security feature baru yang akan membantu pengguna untuk mendeteksi dan memblokir instalasi dari potentially unwanted applications.

Bagi yang belum tahu, potentially unwanted applications protections ini sebenarnya sangat bermanfaat terutama untuk mencegah aplikasi yang tidak diinginkan ter-install dalam perangkat, selain itu fitur yang sama juga sudah hadir di Edge Chromium mulai versi 80 sehingga potentially unwanted applications tidak akan ter-download tanpa pengguna inginkan.

Dan terkait hal tersebut, sesuai dengan support document Microsoft, mulai dari Windows 10 2004 atau May 2020 Update, jika kita perhatikan pada halaman Settings > Update & Security > Windows Security > App & Browser Control > Reputation-based Protections, disana akan tampil Potentially unwanted app blocking yang secara default sudah diaktifkan.

Jika diaktifkan akan ada dua pilihan settings berbeda, dan Microsoft tentunya merekomendasikan pengguna untuk mengaktifkan keduanya, yaitu Block Apps, dan Block Downloads.

Untuk Block Downloads sendiri akan berfungsi mencari Potentially unwanted app, namun dengan catatan pengguna menggunakan Microsoft Edge. Sedangkan Block Apps akan berfungsi mendeteksi Potentially unwanted app yang sudah terdownload atau terinstall sehingga meskipun kamu menggunakan browser selain Microsoft Edge, Windows Security masih tetap akan mendeteksi Potentially unwanted app.

Via : Microsoft, ZDNet

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.