Pengembangan Windows 10 terus semakin berlanjut, dan kini Microsoft berupaya menghadirkan dukungan untuk “DNS over HTTPS” (DoH) untuk meningkatkan privasi pengguna di rilis Windows 10 mendatang.

Menurut Microsoft, permintaan Domain Name System (DNS) adalah “transmisi nama domain biasa teks biasa yang tersisa di lalu lintas web umum,” dan mengintegrasikan DoH ke Windows Core Networking harus meningkatkan keamanan dan privasi pengguna ketika terhubung ke internet dengan mengenkripsi setiap permintaan untuk mencegah serangan dan individu jahat dari pengintaian.

DNS over HTTPS bukanlah hal yang baru, dikarenakan sudah tersedia pada aplikasi seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera serta banyak layanan jaringan online sudah mendukung protokol ini.

Namun, memiliki dukungan pada aplikasi hanya melindungi lalu lintas pada aplikasi itu saja, dan Microsoft ingin mengintegrasikan protokol di tingkat sistem operasi untuk melindungi setiap permintaan yang meninggalkan perangkat pengguna. Meskipun Microsoft mengatakan bahwa implementasi ini memiliki tantangan, hal ini tidak akan mengubah fitur DNS yang sudah dibangun pada Windows 10 , dan pengguna akan mengendalikan pemilihan penyedia DNS.

Selanjutnya, implementasinya akan transparan bagi pengguna. Misalnya, jika perangkat diatur untuk menggunakan penyedia yang mendukung DNS melalui HTTPS, maka Windows 10 akan mengenkripsi permintaan secara otomatis tanpa perlu konfigurasi tambahan.

Sepertinya, Fitur ini akan diperkenalkan pada perilisan Windows 10 mendatang.

Via : Pureinfotech

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.