Sebuah informasi hot dan panas akhir akhir ini muncul dari kalangan para pengguna Windows 11, dimana beberapa pengguna melaporkan bahwa kinerja NVME SSD yang mereka gunakan menjadi lambat dalam beberapa waktu terakhir.

Masalah ini bukan hanya menurunkan performa read and write dari NVME melainkan juga menurunkan operasi input/output per detik atau IOPS.

Berikut dalam halaman forum di situs Microsoft pengguna menjelaskan bagaimana kinerja random write performance SSD mereka berkurang hampir setengahnya, dibandingkan dengan Windows 10.

Menjawab mengenai hal tersebut, seorang karyawan Microsoft, Neal Christiansen (nama pengguna Reddit- neochristi), tampaknya telah mengkonfirmasi di Reddit bahwa Microsoft sedang menyelidiki masalah ini sebagai tanggapan thread Reddit ini dimana ternyata cukup banyak pengguna melaporkan waktu akses yang lebih lambat dan mengurangi random write performance.

Greetings, I am on the Microsoft file systems team and am investigating this issue.

Selain di Reddit, masalah ini juga sempat dilaporkan pengguna di Feedback Hub, dimana kecepatan random write performance 4 kali lebih lambat di Windows 11 pada perangkat Samsung NVME.

Meskipun begitu, masih belum jelas darimana sumber masalah ini, namun beberapa pengguna dan bahkan media seperti Neowin.net mencoba menguji apakah memang adanya penurunan perfoama NVME di Windows 11, dan nyatanya hasil pengujian juga menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan.

Pengujian di Windows 11 (Neowin)
Pengujian di Windows 10 (Neowin)

Dan dalam pengujian yang dilakukan Neowin tersebut, meskipun ada peninkatan dalam sequential writes namun pada bagian random write performance mendapati penurunan yang cukup signifikan.

Meskipun memang untuk pengguna SSD, penurunan ini tidak akan sangat terasa, namun tentu adanya penurunan performa di Windows 11 dapat menjadikan hal ini sebuah kekurangan bagi OS itu sendiri.

Microsoft sendiri saat ini sedang menyelidiki masalah ini, dan semoga saja dalam beberapa waktu kedepan kita dapat mengetahui kenapa dan alasan apa masalah ini bisa terjadi.

Apakah kamu mendapati masalah yang sama? komen dibawah guys.

Via : Neowin

  ⚡️ 1 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy A03 RESMI Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.