Dalam beberapa kasus yang cukup langka, pengguna mungkin mengalami masalah dengan Windows Search di Windows 10, dimana kadang Indexer tidak berjalan dengan baik dan tidak menampilkan hasil pencarian apapun, atau masalah yang kadang saya alami akhir akhir ini adalah UI Search terpotong dan agak glitch.

Nah jika pengguna mengalami masalah dengan Windows Search mereka, beruntungnya Microsoft telah menambahkan opsi Reset pada Windows Search sejak Windows 10 Build Insider Preview 20175, jadi dengan itu kita bisa mengatasi masalah dengan melakukan reset pada Windows Search.

Dan berikut WinPoin akan rangkum langkah singkat untuk Reset Windows Search di Windows 10.

Langkah 1. Pastikan kamu sudah menggunakan Windows 10 Insider Build 20175 atau yang lebih baru.

Catatan : Sayangnya opsi ini hanya tersedia di Windows 10 Insider Preview Build 20175 atau yang lebih baru saja.

Langkah 2. Selanjutnya buka Windows Powershell (Jalankan as Administrator).

Langkah 3. Jika Windows Powershell sudah terbuka, selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah berikut:

Get-AppxPackage Microsoft.Windows.Search | Reset-AppxPackage

Klik enter dan selanjutnya proses Reset akan berjalan, proses tersebut cukup singkat dan tidak memakan waktu lama.

Setelah menyelesaikan langkah diatas, normalnya masalah yang dialami terkait Windows Search akan terselesaikan. Jika kamu mendapati Error ketika memasukkan perintah diatas, itu mungkin karena Windows 10 yang kamu gunakan adalah bukanlah Windows 10 Insider Preview Build 20175 atau yang lebih baru, atau kamu tidak menjalankan Windows Powershell as Administrator.

Meskipun untuk sekarang masihlah menjadi bagian dari Windows Insider dan belum tersedia secara umum, disediakannya opsi Reset akan membawa banyak manfaat, terlebih jika Windows 10 21H1 sudah dirilis ke publik nanti.

Nah silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.