Windows Server 2019 Akan Mendukung OpenSSH Secara "Native"

Jika pengguna Linux mungkin tidak akan asing lagi dengan SSH atau OpenSSH, apalagi jika yang digunakan adalah Linux Server, misalkan saja Ubuntu Server, atau CentOS, karena dalam instalasi sudah termasuk paket SSH didalamnya, namun berbeda dengan Windows.

Baca Juga : Windows Server 2019 Preview (Build 17639) Dirilis — Download Disini

Port Win32 OpenSSH pertama kali disertakan dalam Windows 10 Fall Creators Update dan Windows Server 1709 sebagai fitur pra-rilis. Pada perilisan Windows 10 1803, OpenSSH dirilis sebagai komponen fitur on-demand yang didukung, tetapi tidak ada perilisan OpenSSH yang didukung pada Windows Server hingga sekarang.

OpenSSH (OpenBSD Secure Shell) adalah satu set program komputer yang menyediakan sesi komunikasi terenkripsi melalui jaringan komputer menggunakan protokol Secure Shell (SSH). Itu dibuat sebagai alternatif sumber terbuka untuk perangkat lunak Secure Shell yang ditawarkan oleh SSH Communications Security. OpenSSH dikembangkan sebagai bagian dari proyek OpenBSD, yang dipimpin oleh Theo de Raadt. (via wiki.ArchLinux)

OpenSSH telah digunakan selama bertahun-tahun di seluruh ekosistem BSD, Linux, macOS, dan Unix. Dengan ditambahkannya OpenSSH ke Windows Server 2019 menambah jajaran sistem operasi yang menggunakan OpenSSH, dan memungkinkan organisasi yang bekerja di berbagai sistem operasi untuk menggunakan seperangkat alat yang konsisten untuk administrasi server jarak jauh.

Jadi gimana menurut kalian tentang OpenSSH di Windows Server 2019 nanti? apakah Windows Server akan menyaingi Server Linux? Berikan komentar dan pengalaman kalian dibawah.

via BlogWindows

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.