Home Editorial #WinExplain: Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

#WinExplain: Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Komputer berkembang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir dan mereka masih akan terus berkembang. Apapun komputer yang kamu gunakan baik desktop maupun laptop, motherboard yang tertanam pada komputer tersebut memiliki baterai. Tidak kah kamu penasaran dengan begitu pesatnya perkembangan komputer tapi mereka masih menggunakan baterai di motherboardnya? Jadi apa kegunaan baterai pada matherboard? Apakah ia berfungsi seperti power untuk daya motherboard? Berikut ini WinPoin akan menjelaskannya kepada kamu.

Jika kamu berpikir kalau baterai tersebut berfungsi sebagai daya motherboard, kamu salah besar. Sebenarnya baterai kecil tersebut hanya aktif ketika kamu tidak benar-benar menggunakan komputer. Baterai motherboard digunakan untuk system low-level seperti menghitung jam secara real-time dan menyimpan pengaturan BIOS. Untuk komputer baru, baterai motherboard hanya digunakan sebagai penghitung jam real-time.

 

Hubungan Baterai Dengan BIOS

Setiap komputer memiliki Basic Input/Output System yang dikenal dengan BIOS. Di era baru muncul lagi UEFI yang mencoba menggantikan posisi BIOS. BIOS disimpan di dalam chip di motherboard kamu. Ketika komputer kamu booting, BIOS mulai berjalan, bekerja melakukan power-on self-test (POST), dan menganalisa hardware komputer. BIOS kemudian melewati kontrol ke boot loader yang terletak di device biasanya ada di hardisk. Tapi boot loader juga bisa booting dari flashdisk atau DVD. Kernel akan menjalankan sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X atau OS apa pun.

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

BIOS adalah yang bertugas untuk tugas system low-level. Kamu bisa masuk ke pengaturan BIOS saat booting dengan memencet tombol tertentu, setiap BIOS memiliki tombol yang berbeda. Untuk komputer yang lebih baru biasanya menggunakan UEFI, terutama komputer yang bundle dengan Windows 8. Pengaturan system low-level ini untuk mengatur hardware komputer kamu. Misalnya saja ketika kamu ingin melakukan overclock atau pengaturan urutan boot jika kamu memiliki beberapa sistem operasi.

 

Hubungan Baterai Dengan CMOS

CMOS adalah singkatan dari complementary metal oxide semiconductor. Biasanya, pengaturan BIOS disimpan di RAM CMOS yang mana didukung dengan baterai ketika komputer mati. Baterai ini sangat diperlukan karena pengaturan akan hilang jika tidak ada power, seperti data yang disimpan di dalam memory RAM yang hilang ketika listrik mati.

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Komputer Modern sekarang banyak yang tidak menggunakan RAM CMOS lagi. Mereka menyimpan pengaturan BIOS di memory yang tidak membutuhkan power.

 

Lalu Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai?

Kalau saja banyak komputer yang menyimpan pengaturan BIOS di memory non-volatile yang tidak membutuhkan baterai, mengapa motherboard masih membutuhkan baterai? Jawaban sederhananya adalah, motherboard memiliki Real Time Clock (RTC). Jam ini terus berjalan sepanjang waktu, tidak peduli komputer tersebut mati atau menyala. Ketika komputer mati, baterai menyediakan power untuk jam real time tersebut. Jadi ini adalah alasan kenapa komputer kamu selalu menampilkan jam tepat waktu.

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

 

Bagaimana Jika Baterai Habis??

Baterai tidak akan bertahan selamanya, pada akhirnya ia akan habis juga. Lalu bagaimana jika ini terjadi? Jika baterai CMOS habis maka kamu akan melihat pesan error seperti “CMOS Battery Failure”, “CMOS Read Error”, atau “CMOS Checksum Error” ketika menyalakan komputer. Untuk pengguna komputer baru yang menggunakan memory non-volatile maka tidak akan melihat pesan ini, tapi mungkin komputer akan berhenti menghitung jam secara tepat waktu.

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Sayangnya tidak ada cara yang pasti untuk mengukur berapa lama baterai CMOS bisa bertahan. Tapi yang pasti semakin sering dan lama komputer kamu menyala maka baterai CMOS akan semakin awet. Sebaliknya jika komputer kamu sering dan lama mati maka baterai CMOS akan cepat habis.

 

Ganti Baterai CMOS

Jika baterai CMOS sudah habis maka kamu harus segera menggantinya. Baterai CMOS berada di motherboard dan bewarna silver, kecil, berbentuk bulat. Biasanya baterai bertuliskan CR2032 yang juga digunakan sebagai baterai kalkulator, jam tangan dan sebagainya.

Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Baterai sangat mudah untuk dilepas, jadi kamu bisa memasang baterai baru dengan mudah. Selain itu kamu harus melakukan hal ini ketika komputer dalam keadaan mati tanpa adanya aliran listrik. Ketika kamu memasang baterai baru, semua pengaturan BIOS yang sudah kamu lakukan sebelumnya akan hilang. Sebagai contoh jika sebelumnya komputer kamu memiliki password BIOS maka kamu harus mengaturnya kembali.

Jika komputer kamu menggunakan memory non-volatile, semua pengaturan BIOS akan tetap disimpan. Sayangnya jika kamu lupa password BIOS, meresetnya dengan melepaskan baterai dan bahkan menggunakan jumper di motherboard tidak akan membantu.

 

Dari sini ada yang ingin kamu tanyakan? Kalau ada kamu bisa langsung bertanya di forum WinPoin atau kamu bisa berbagi pengalaman kamu dengan baterai CMOS di kolom komentar di bawah ini.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • jadi fungsinya baterai cmos itu ya om..,dari dulu penasaran jam di PC kok selalu on time:D

  • Azis Resjulifat

    hahah .,jangankan di mobo yang ada batterynya di hp aja ada loh di komponennya .. :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    oh ya. nih… Motherboard Apple iMac.. apanya yg unik?

    [diharapkan teliti]
    [Clue : tidak jauh dari topik]

    • Guest

      baterainya pake panasonic (made in indonesia) :v

      • pcku212

        Bukan. Itu Pake Batre ABC :v

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          ”Aku anak indonesia, sehat dan kuat
          karena mama memberi batu baterai ABC
          sehat, kuat, dan tahan lama
          A! Aku mirip Andika Pratama
          B! Bodi mirip Joe Taslim
          C! C! Calon suami Shelly Grace [waduh]
          D! Tak ada cowok sepede Gue!

          …..”

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Benar!! 100

    • baterai cmos nya besar?

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        bukan.. itu sudah dizoom

    • yang di tandai kotak merah apaan tuh ?

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        itu RAM onboard…

    • baterai CMOS merek Panasonic made in Indonesia :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Benar!! 100!!

  • wah, pelajaran baru lagi nih.

    gak ada bedanya ya antara baterai cmos PC sama Laptop ?

  • Benny Arimon

    “Jika komputer kamu menggunakan memory non-volatile, semua pengaturan BIOS akan tetap disimpan. Sayangnya jika kamu lupa password BIOS, meresetnya dengan melepaskan baterai dan bahkan menggunakan jumper di motherboard tidak akan membantu.”

    Ini kejadian di saya, sudah coba semua cara password BIOS belum bisa di reset. Ada yang tahu solusinya?

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      kalo itu coba cari Master Pass Mobo..

  • semakin sering dan lama komputer kamu menyala maka baterai CMOS akan semakin awet.

    ko bisa ?

  • ada perbedaan yang dapat terlihat difisik (yang nggak perlu bongkar-bongkar) kalau baterai non-volatile dan yang lainnya ?

  • goendoel

    iya kalo batere di mobo pc gampang diganti. kalo di lepi biasanya susah…karena kadang tidak menggunakan “rumah batere” kaya mobo pc, tapi disolder pake pelat dan kabel kaya jeroan batere lepi…

    • nah ini yang membutuhkan keahlian n perangkat kusus :D