Home Apps Cari Tau Folder Apa Memenuhi Hard Disk Kamu Dengan 3 Tool Berikut

Cari Tau Folder Apa Memenuhi Hard Disk Kamu Dengan 3 Tool Berikut

Yuk, Cari Tau Folder Apa Saja yang Memenuhi Space Hard Disk Kamu!

Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat space hard disk mulai memerah alias hampir penuh? Mungkin sebagian kamu sudah tahu tentang aplikasi seperti CCleaner untuk menghapus file junk dan temp yang bergiga-giga besarnya. Setelah itu, menguninstall aplikasi yang telah usang dan tidak kamu gunakan lagi. Emm, masih memerah? coba kamu periksa setiap folder di hard disk kamu. Bagaimana? tentunya membuang banyak waktu untuk memeriksa setiap folder yang ada di PC kamu, bukan?. Nah, pada kesempatan kali ini WinPoin bakal ngasih 3 tool untuk mengetahui file dan folder apa saja sih yang mengambil banyak ruang di hard disk kamu, dan inilah 3 tool tersebut:

 

TreeSize Free

Tool yang populer ini memang dikenal cepat dalam scan hard disk. Hanya perlu beberapa detik saja, kamu bisa mengetahui folder mana yang memakan banyak space di hard disk kamu. Hasil yang ditampilkan pun juga dalam bentuk bar grafik yang memudahkanmu membaca hasilnya dan kamu juga bisa membuka subfolder dan mengetahui spacenya.

Yuk, Cari Tau Folder Apa Saja yang Memenuhi Space Hard Disk Kamu!

Untuk memulainya, kamu bisa langsung klik pada menu Scan dan pilih hard disk yang kamu inginkan. Tunggu beberapa detik, selesai. Kamu bisa mengubah indikator size untuk persen atau kapasitas file, dan kamu juga bisa mengubah warna pada bar size. Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut disini.

 

SpaceSniffer

Tool selanjutnya yaitu SpaceSniffer yang memberikan user kemudahan dalam menunjukkan hasil scan. Yup! Tool dengan visual layout berbentuk treemap dapat membentu kamu untuk mengetahui file terbesar hingga terkecil dari suatu hard disk.

Yuk, Cari Tau Folder Apa Saja yang Memenuhi Space Hard Disk Kamu!

Cukup dengan memilih drive atau folder yang kamu inginkan untuk di scan dan dalam beberapa detik kamu dapat mengenali folder yang lebih besar (kotak coklat) dan file (kotak biru). Semakin besar kotak, maka semakin banyak space yang digunakan. Kamu juga bisa melihat ukuran file dalam folder dengan me-klik folder (kotak coklat) yang kamu inginkan. Kamu dapat langsung menikmati fitur tersebut dengan mendownloadnya disini.

 

WinDirStat

WinDirStat merupakan tool yang menggunakan treemap pada hasil scan, namun menampilkan semua file yang berada dalam folder dengan berbagai macam warna yang sesuai dengan tipe masing-masing file. Layar dibagi menjadi tiga yaitu 1 untuk treemap, ukuran folder dan deskripsi tipe file.

Yuk, Cari Tau Folder Apa Saja yang Memenuhi Space Hard Disk Kamu!

Cukup dengan memilih drive atau semua drive yang ingin kamu scan, dan tunggu beberapa saat kamu akan mengetahui folder mana yang memakan banyak space di komputer kamu. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut aplikasi tersebut, kamu bisa mendownloadnya disini.
Mudah, bukan? Hanya dengan sekali klik, kamu bisa mengetahui folder mana saja yang membuat hard disk kamu memerah. Jika kamu mempunyai aplikasi lain, jangan sungkan untuk bagikan di kolom komentar, ya?

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

"You can if you think you can" | Computer Science Student