Apa Sih…Software Virtual Machine?

Apa Sih…Software Virtual Machine?

0

Apa Sih...Software Virtual Machine?

Kali ini WinPoin bakal ngebahas apa sih software virtual machine itu, untuk apa kegunaannya dan bagaimana cara menggunakannya? WinPoin bakal membahas secara lengkap tentang software virtual machine. Bagi kamu yang sudah lama bertanya-tanya dan belum menemukan jawaban mengenai software virtual machine, artikel dari WinPoin ini tentu akan sangat membantu kamu.

 

Apa Software Virtual Machine itu?

Virtual machine adalah sebuah software yang mempunyai kemampuan untuk membuat komputer virtual yang mempunyai kemampuan sama seperti komputer asli tergantung spesifikasi yang kamu atur dari software virtual machine itu sendiri. Secara singkat, kamu dapat membuat komputer di dalam komputer menggunakan software virtual machine.

 

Apa Kegunaan Software Virtual Machine?

Banyak sekali kegunaan dari software virtual machine diantaranya, kamu dapat mencoba atau menginstall software yang kurang terpercaya. Atau kamu bisa menggunakan software virtual machine untuk mencoba sistem operasi baru. Software yang diinstall di software virtual machine tidak akan mempengaruhi komputer asli, jadi jika komputer virtual yang kamu bangun dengan software virtual machine terkena virus atau rusak karena registry, corrupt dan sebagainya tidak akan mempengaruihi komputer asli kamu. Disinilah keuntungan menggunakan software virtual machine. Apapun yang kamu lakukan di software virtual machine tidak akan mempengarui komputer asli.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Software Virtual Machine?

Ada banyak software virtual machine diluar sana yang bisa kamu download secara gratis atau berbayar. Dari WinPoin sendiri software virtual machine terbaik yang recommended, kamu bisa mencoba VirtualBox atau VMware Player. Kedua software virtual machine tersebut gratis dan sering digunakan oleh pengguna Windows. Sebenarnya Windows sendiri mempunyai software virtual machine khusus untuk Windows 7 yaitu Windows Virtual PC, sedangkan Windows 8 Pro dan Enterprise sudah dilengkapi dengan Hyper-V virtual machine manager.

Setelah kamu mempunyai salah satu software virtual machine, kamu bisa membuat spesifikasi komputer virtual yang kamu inginkan (diantaranya, RAM, Processor, CD/DVD, Floppy, Network Adapter, USB Controller, Sound Card, Printer, Display dsb) namun terbatas dengan spesifikasi komputer asli yang kamu miliki.

 

Nah sekian yang perlu kamu ketahui tentang software virtual machine, untuk kamu yang masih bertanya-tanya tentang software virtual machine, kamu bisa mendiskusikannya bersama WinPoin dan Komunitas WinPoin di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.