Fitur-fitur Baru Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update

Fitur-fitur Baru Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update

0

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (1)

Dengan dirilisnya Windows 10 Anniversary Update, Edge yang menjadi bagian penting dari Windows 10 tentunya juga mendapatkan penambahan fitur-fitur baru didalamnya. Apa saja fitur baru tersebut?, berikut WinPoin sudah merangkumnya untuk kamu.

Ekstensi

Dukungan ekstensi tentunya sudah menjadi suatu keharusan pada browser jaman sekarang. Meskipun awalnya Microsoft Edge belum mendukung ekstensi, namun sekarang Microsoft telah menambakannya pada Anniversary Update.

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (2)

Meskipun sekarang masih belum banyak ekstensi yang bisa kita coba, tetapi beberapa ekstensi penting sudah ada seperti AdBlock, Office Online, OneNote, dsb.

Pin Tab

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (3)

Jika kamu memiliki halaman web site yang penting, maka kamu bisa menyematkannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba menutup semua tab secara tidak sengaja. Selengkapnya, Cara Pin dan Unpin Tab di Microsoft Edge.

Paste and Go

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (4)

Ketika kamu mencopy kalimat atau link, kamu bisa paste kalimat tersebut pada bar URL sekaligus langsung melakukan pencarian. Tentunya hal ini sangat efisien karena kamu tidak perlu melakukan aksi tambahan untuk melakukan pencarian.

Baca juga:  TERBATAS: Dapatkan Berlangganan Majalah Teknologi GRATIS Selama 3 Tahun (Senilai 1.6 juta rupiah!)

Managemen Download

Pada Anniversary Update, Edge diberikan beberapa sentuan pada sektor managemen download. Dimana akan muncul pop up peringatan jika kamu menutup edge dalam keadaan sedang mendownload file, selain itu akan terdapat download preview berupa informasi file, dsb.

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (5)

Selain itu juga kamu bisa memindahkan lokasi file download Edge ketempat lain. Selengkapnya, Cara Mengganti Default Lokasi Download Microsoft Edge.

Import Favorite

Tidak hanya bisa mengimport dari Chrome dan Internet Explorer, sekarang kamu bisa mengimport dari browser Mozilla Firefox.

Fitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary UpdateFitur-fitur Baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update (6)

Selain itu Favorites di Edge sekarang tampil dalam bentuk Tree View, sehingga mudah untuk dinavigasi. Memindahkan favorites ke folder lain juga bisa dilakukan dengan mudah melalui drag & drop.

Baca juga:  Twitter Secara Resmi Mengumumkan Sistem Algoritma Timeline

Drag and Drop

Pada Anniversary Update, sekarang Microsoft memberikan kemampuan pada Edge agar bisa melakukan drag and drop file/folder ke Cloud storage seperti OneDrive, Dropbox, Google Drive, dsb.

Navigasi Swipe

Bagi pengguna Windows 10 yang perangkatnya mendukung touch screen. Kamu bisa bernavigasi dengan mudah, caranya swipe ke kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya dan ke kanan untuk ke halaman selanjutnya.

Tips Menggunakan Edge

Pada Edge di Anniversary Update terdapat fitur baru yang dinamai “What’s new and tips” yang bisa kamu akses dengan cara membuka menu pivot. Ketika diklik, maka akan terbuka tab baru yang mengarahkan ke halaman Microsoft yang isinya apa saja yang baru dari Microsoft Edge berserta tips dalam menggunakannya.

Baca juga:  Office Lens UWP Sudah Dirilis di Windows 10 PC dan Mobile

And Much Much More…

Selain beberapa hal diatas, Microsoft juga menambahkan tweak kecil lainnya seperti Refresh semua tab secara bersamaan, Menyematkan panel settings, Menutup semua tab ke kanan, Memindahkan tab ke jendela baru, Menduplikat Tab dan Menutup semua tab kecuali satu.

More Secure

Selain adanya fitur baru, tentunya Microsoft tidak melupakan tentang masalah keamanan. Agar mencegah terjadinya exploit, Edge dirancang untuk memisahkan halaman web dengan sistem, hal ini dilakukan agar penyusup tidak bisa menyentuh data sensitif ataupun sistem operasi itu sendiri.

 

Nah itu dia gaes beberapa hal yang baru pada Microsoft Edge di Windows 10 Anniversary Update. Stay tune guys, kedepannya WinPoin masih tetap akan memberikan tutorial-tutorial seputar Windows 10 Anniversary Update, tersebut Edge didalamnya ;)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.