#WinExplain: Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

#WinExplain: Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

14

 

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Kalau kamu berbicara tentang enkripsi, ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengirim pesan rahasia. Enkripsi memiliki sejarah yang panjang, bermula saat orang-orang Yunani dan Romawi saling mengirim pesan rahasia. Jika kamu ingin mengetahui enkripsi lebih mendalam, kamu bisa mengikuti penjelasan WinPoin di artikel #WinExplain berikut ini.

WinPoin akan menjelaskan sejarah singkat tentang pengertian enkripsi dan bagaimana caranya dan jenis-jenis enkripsi. Pembahasan ini pasti akan membuat kamu tertarik, apalagi buat kamu yang suka menyimpan rahasia.

 

Sejarah Singkat Enkripsi

Jaman dahulu orang Yunani menggunakan tool yang disebut Scytale untuk membantu mengenkripsi pesan yang akan mereka kirimkan. Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan  . Mereka akan membungkus silinder dengan kertas, menulis pesan dan mengirimkannya.

Metode enkripsi ini sangat mudah dipecahkan, tidak mengherankan karena ini adalah enkripsi pertama di dunia yang digunakan di dunia nyata.

Julius Caesar menggunakan metode yang agak mirip dengan ini, menggeser setiap huruf alfabet ke kanan atau ke kiri berdasarkan angka dan posisi. Tekni enkripsi ini disebut juga Caesar cipher. Sebagai contoh kamu bisa melihat cipher di bawah ini, ketika ingin menuliskan WINPOIN maka dituliskan ZLQSRLQ.

Plain:  ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Cipher: DEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABC

Hanya para penerima pesan memiliki cipher akan tahu maksut pesan tersebut, akan sulit orang berikutnya untuk memecahkan kode pesan.

Contoh cipher enkripsi sederhana lainnya adalah Polybius square menggunakan cipher polyalphabetic yang alfabetnya tertulis di setiap sisi angka.

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Dengan menggunakan metode engkripsi di atas, kalau kamu ingin menuliskan WINPOIN, berarti enrkipsinya adalah 15 34 52 12 53 34 52.

 

Mesin Enigma

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Kamu udah nonton Imitation Game?? Kamu pasti udah tahu tentang mesin Enigma. Saat perang dunia ke-2, Jerman menggunakan mesin Enigma untuk bisa lolos dari transmisi enkripsi bolak balik, butuh waktu bertahun-tahun sebelum Polandia mampu memecahkan pesan, dan memberikan solusi untuk Sekutu. Membuat mereka menang dari perang dunia ini.

 

Sejarah Enkripsi di Era Modern

Hari ini orang orang tidak memiliki metode enkripsi yang baik untuk mengamankan komunikasi di dunia elektronik.

Lucifer adalah nama yang diberikan beberapa orang block cipher saat awal-awal, dikembangkan oleh Horst Feistel bersama teman-temannya di IBM.

Data Encryption Standard (DES) adalah sebuah block cipher (bentuk dari enkripsi rahasia yang dibagikan) dipilih oleh National Bureau of Standards sebagai Federal Information Processing Standard (FIPS) di Amerika pada tahun 1976 yang kemudian digunakan secara luas dan mendunia.

Kekhawatiran tentang keamanan dan perkembangan operasi dari DES yang lambat membuat peneliti software termotivasi untuk mengusulkan berbagai alternatif desain dari block cipher, muncul pada akhir tahun 1980an dan awal 1990an. Sebagai contoh ada RC5, Blowfish, IDEA, NewDES, SAFER, CAST5 dan FEAL.

Algoritma enkripsi Rijndael digunakan oleh pemerintahan Amerika sebagai standar enkripsi sysmmetric-key, atau Advanced Encryption Standard (AES). AES diumumkan secara resmi oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) sebagai U.S. FIPS PUB 197 (FIPS 197) pada 26 November 2001, setelah 5 tahun proses standarisasi dimana ada 15 desain block cipher bersaing untuk terpilih menjadi algoritma enkripsi yang cocok.

 

Algoritma Adalah Kekuatan untuk Enkripsi

Banyak algoritma enkripsi yang terkenal dan mereka semua memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mereka memiliki dua karakteristik yaitu mengidentifikasi dan yang membedakan algoritma enkripsi antara satu dengan yang lain adalah kemampuan untuk melindungi data dari serangan dan kecepatan dan efisiensi dalam melakukan enkripsi.

Sebagai contoh yang mudah dipahami adalah perbedaan kecepatan antara berbagai jenis enkripsi, kamu bisa menggunakan tool benchmarking yang ada di TrueCrypt’s volume creation wizard. Seperti yang kamu lihat, AES sejauh ini adalah tipe enkripsi tercepat dan terkuat.

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Ada metode enkripsi yang cepat dan lambat, dan mereka semua memiliki fungsi yang berbeda. Jika kamu ingin mencoba untuk melakukan dekripsi data kecil, kamu bisa menggunakan enkripsi yang kuat atau bahkan melakukan enkripsi dua kali dengan berbagai jenis enkripsi. Kalau kamu butuh sesuatu yang cepat, kamu bisa menggunakan AES.

Untuk perbandingan atau benchmark tipe enkripsi, kamu bisa melihat Washington University of St. Louis, dimana kamu bisa melakukan berbagai test pada rutinitas yang berbeda dan memiliki penjelasan yang sangat geek.

 

Jenis-Jenis Enkripsi di Era Modern

Semua algoritma enkripsi yang sudah kita bahas tadi sebagian besar menggunakan dua jenis enkripsi, yaitu:

  • Algoritma Symmetric key menggunakan kunci enkripsi yang terkait atau identik untuk enkripsi dan dekripsi.
  • Algoritma Asymmetric key menggunakan kunci berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Biasanya ini disebut sebagai Public-key Cryptography.

Enkripsi Symmetric key

Untuk menjelaskan konsep enkripsi ini, kita akan menggunakan sedikit penjelasan dari Wikipedia untuk memahami bagaimana cara kerja algoritma Symmetric.

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Alice menaruh sebuah pesan rahasia di dalam kotak dan mengunci kotak menggunakan gembok dan ia memiliki kuncinya. Kemudian dia mengirimkan kotak ke Bob melalui surat biasa. Ketika Bob menerima kotak, ia menggunakan kunci salinan sama persis yang dimiliki Alice untuk membuka kotak dan membaca pesan. Bob kemudian dapat menggunakan gembok yang sama untuk membalasa pesan rahasia.

Dari contoh itu, algoritma sysmmetric-key dapat dibagikan kepada stream cipher dan block cipher. Stream cipher mengenkripsi satu per satu bit dari pesan, dan block cipher mengamil beberapa bit, biasanya 64bit dan mengenkripsi mereka menjadi satu bagian. Ada banyak algoritma berbeda dari symmetric termasuk Twofish, Serpent, AES (Rijndael), Blowfish, CAST5, RC4, TDES, and IDEA.

 

Enkripsi Asymmetric key

Pada metode asymmetric key, Bob dan Alice memiliki gembok yang berbeda, bukan satu gembok dengan beberapa kunci seperti contoh symmetrick key di atas. Tentu saja contoh ini lebih sederhana daripada yang seharusnya, tapi sebenarnya jauh lebih rumit.

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Pertama Alice meminta Bob untuk mengirim gembok yang terbuka melalui surat biasa, sehingga ia tidak membagikan kuncinya. Ketika Alice menerimanya, ia menggunakannya untuk mengunci sebuah kota yang berisi pesan dan mengirimkan kotak dengan gembok terkunci tadi ke Bob. Bob kemudian membuka kotak dengan kunci yang ia pegang karena itu gembok miliknya untuk membaca pesan Alice. Untuk membalasnya, Bob harus meminta Alice untuk melakukan hal yang sama.

Keuntungan dari metode asymmetric key adalah Bob dan Alice tidak pernah berbagi kunci mereka. Hal ini untuk mencegah pihak ketiga agar tidak menyalin kunci atau memata-matai pesan Alice dan Bob. Selain itu, jika Bob ceroboh dan membiarkan orang lain untuk menyalin kuncinya, pesan Alice ke Bob akan terganggu, namun pesan Alice kepada orang lain akan tetap menjadi rahasia, karena orang lain akan memberikan gembok milik mereka ke Alice untuk digunakan.

Enkripsi asymmetric menggunakan kunci yang berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Penerima pesan memiliki sebuah kunci pribadi dan kunci publik. Kunci publik diberikan ke pengirim pesan dan mereka menggunakan kunci publik untuk melakukan enkripsi pesan. Penerima menggunakan kunci pribadi untuk membuka pesan enrkipsi yang telah dienkripsi menggunakan kunci publik si penerima.

Ada satu keuntungan melakukan enkripsi dengan menggunakan metode ini. Kita tidak perlu mengirim sesuatu yang rahasia (seperti kunci enkripsi kita atau password) melalui saluran yang tidak aman. Kunci publik kamu akan leihat ke dunia dan itu bukan rahasia. Kunci rahasia kamu akan tetap aman di komputer kamu, dimana itu tempatnya.

 

Bagaimana Keamanan Enkripsi di Bidang Web??

Selama bertahun-tahun, protokol SSL (Secure Sockets Layer) telah mengamankan transaksi web menggunakan enkripsi antara web browser dan web server, melindungi kamu dari siapa pun yang mengintai kamu.

SSL sendiri memiliki konsep yang sederhana. Dimulai ketika browser meminta halaman yang aman (biasanya https://).

Web server mengirimkan kunci publik dengan sertifikat.

Browser memeriksa sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak terpercaya (biasanya CA), bahwa sertifikat tersebut masih berlaku dan sertifikat masih berkaitan dengan web tersebut.

Browser kemudian menggunakan kunci publik untuk mengenkripsi kunci symmetric secara acak dan mengirimkannya ke server dengan URL terkenkripsi,membutuhkan juga enkripsi http data.

Web server mendekripsi enkripsi symmetric key menggunakan kunci pribadi dan menggunakan kunci sysmmetric untuk mendekripsi URL dan http data.

Web server mengirimkan kembali permintaan dokumen html dan enkripsi http data dengan browser symmetric key. Browser mendekripsi http data dan dokumen html mengg unakan symmetric key dan menampilkan informasi.

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

 

Perlu pemahaman yang panjang untuk tahu tentang enkripsi dan sedikit cara kerjanya. Dimulai dari memahami awal mula enkripsi di era Yunani dan Romawi, kemunculan Lucifer dan sekarang SSL yang menggunakan enkripsi asymmetric dan symmetric untuk mengamankan kamu dari transaksi apa pun.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Metode enkripsi yang kusuka itu QR Code
    QR Code Pin BBM, QR Code Line, QR Code Link App Windows Phone…

    QR Code anyware

  • atau pke decode ala om mabaega :3

    U2VsYW1hdCBqaWthIGFuZGEgYmVyaGFzaWwgbWVtYmFjYSBwZXNhbiBpbmkgOkQ=

    • oh om mabaega, kemana ya sekarang..ilmu nya banyak membekas di hati member forum :D

      aku dah berhasil decode tuh, terima kasih atas ucapan selamat nya :v

    • Agil Faisal Rahman

      apaan tuh jawabannya …

      • coba deh di decode :D

        • Agil Faisal Rahman

          ga tau kuncinya …

    • pake base64 ini :v

      https://www.base64decode.org/

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Puyeng kepala langsung [*sfx : Pusing pala barbie, pala barbie, oooo oh]

  • Bahasa kerennya judul artikel ini : Kriptografi

  • Wes gak paham aku min #nyerah

  • Hananto Aditya Dewantara

    Gagal paham…. :v