Home Editorial 10 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Penggemar Teknologi

10 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Penggemar Teknologi

10 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Penggemar Teknologi

Dunia digital dan teknologi saat ini semakin berkembang pesat. Bahkan hampir setiap orang kini tidak bisa lepas dari produk teknologi. Internet dimana-mana, sosial media menjadi tempat nongkrong baru bagi setiap orang. Kemanapun melangkah, rasanya sulit untuk tidak menemui seseorang yang sedang mantengin gadget miliknya. Bahkan anak-anak SD pun sudah banyak yang dibekali smartphone oleh orang tuanya. Balita main game di tablet / hape? Kamu akan sering menemuinya di berbagai tempat.

Dunia bisnis dan pekerjaan kini juga tidak bisa lepas dari teknologi. Semua lini usaha sudah mengikuti perkembangan jaman, jadi sekarang pemakai teknologi benar-benar luas, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Yang awalnya menjadi penggemar teknologi sekarang menjadi kebutuhan dengan adanya teknologi.

Logikanya, jika rata-rata orang bekerja 8 jam dalam sehari, dan bekerja dibalik layar alias di depan komputer seharian, meskipun kelihatannya pekerjaan hanya duduk di depan layar tapi akan banyak efek yang terpengaruh ketika kita bekerja di depan komputer. Masih ingat bagaimana warna biru layar saja mempengaruhi banyak sekali kinerja organ-organ tubuh? Ini belum termasuk efek duduk terus menerus terlalu lama, dan sebagainya.

Disini ada tips singkat bagaimana cara menjaga kesehatan bagi kamu para pelajar, pekerja, ataupun gadget lovers — karena mau tidak mau, suka tidak suka, teknologi yang kita pakai sehari-hari, dipadukan dengan kebiasaan buruk dalam penggunaan produk teknologi, punya efek ke kesehatan jangka panjang di dalam tubuh kita.

1. Jangan duduk lebih dari 3 Jam

Duduk terlalu lama akan menimbulkan efek yang akan sangat buruk untuk kesehatan karena dari penelitian dalam setiap jam duduk dapat meningkatkan kadar plak di pembuluh darah arteri sebesar 14%. Hal ini dapat menyumbat pembulu darah arteri. Patokannya, jangan duduk lebih dari tiga jam. Jika kamu sudah terlalu lama duduk dalam pekerjaan, berdiri dan berjalan entah selama 5 menit ataupun 10 menit, lakukan aktifitas ringan bisa jalan ke halaman kantor/ pantri, atau bahkan sekedar berjalan mengambil minum.

2. Biasakan untuk minum air putih

80% di dalam tubuh kita terdapat cairan, bekerja di di depan komputer pun sedikit banyak akan menguras tenaga dan cairan di dalam tubuh kita. Terkadang terlalu asik mantengin layar, chatting, bersosmed ria, atau tenggelam dalam project membuat seseorang lupa untuk minum. Biasakan untuk selalu siap sedia air putih disebelah kita bekerja, dan sering-seringlah minum air putih supaya sehat.

3. Olahraga ringan

Tahukah kamu kalau olahraga tidak harus dilakukan di tempat yang luas? Di tempat duduk atau di ruang kerja kamu juga bisa melakukan olahraga ringan. Lakukan peregangan tangan dan kaki, rentangkan kedua tangan keatas hitung 1-8, kemudian turunkan
tangan lakukan 2x hitungan 1-8, untuk kaki cukup jalan di tempat pelan-pelan untuk melemaskan otot paha dan kaki setelah sekian lama duduk.

4. Istirahatkan mata

Secara normal manusia akan sering berkedip, akan tetapi ketika kita menatap layar komputer / smartphone, mata kita jadi jarang berkedip. Jangan heran jika mata terasa lelah atau panas setelah lama di depan layar. Maka dari itu usahakan setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menghadap monitor / mematikan layar di smartphone kita. Agar mata tidak mudah lelah ataupun iritasi.

5. Lihat yang hijau-hijau

Warna hijau di dedaunan ataupun rumput hijau bisa mengusir lelah di mata anda, pandangilah suatu titik terjauh di rerumputan, karena efek nya akan membuat mata anda lebih segar kembali setelah terlalu lama melihat obyek dekat didalam layar.

6. Istirahat cukup di malam hari

Memang di dunia yang sibuk ini, pekerjaan seakan-akan tidak akan habisnya. Apalagi kini tidak cuman bekerja dan mengerjakan tugas saja yang di depan layar, mencari hiburan juga di depan layar. Kadang seseorang suka lupa waktu hingga tidur sampai larut malam, entah karena bekerja (bagi pekerja), mengerjakan tugas (bagi pelajar), atau bahkan karena terjebak dalam YouTube, sosmed, atau situs hiburan lainnua. Idealnya tubuh kita perlu beristirahat yang cukup agar seluruh proses dalam tubuh berjalan lancar. Biasakan diri untuk cukup tidur di malam hari sekitar 6-8 jam.

7. Jogging di pagi hari

Jika memang kamu seorang karyawan / pekerja kantoran biasakan untuk menyempatkan waktu di pagi hari selama 15 menit untuk jogging pagi hari untuk menghirup udara segar dan meregangkan otot-otot selama waktu tidur sehingga di tempat kerjamu akan bekerja maksimal.

8. Workout Rutin

Untuk workout tidak harus setiap hari, disarankan sih 1 minggu berlatih 2-3 kali, cari lah waktu disela-sela waktu senggangmu, jadi tubuh dan pikiran mu akan fresh di hari berikutnya. Jika tidak sempat senam atau ke gym, kamu bisa melakukan workout sendiri di rumah. Entah dengan membangun kebiasaan push up / sit up setiap hari, atau bahkan melakukan home workout sendiri dengan mengikuti video yang banyak tersedia di internet.

9. Window-shopping

Nah ini mungkin sangat mudah bagi kaum hawa, karena di jaman urban ini, banyak sekali wanita karier yang bekerja setelah seminggu bekerja ada baiknya bagi kamu jalan-jalan ke mall atapun jalan refreshing ke taman kota. Saat ini memang belanja bisa dilakukan dengan mudah secara online (lagi-lagi, duduk di depan komputer / smartphone). Namun demikian selalu sempatkan window-shopping, karena dengan window-shopping kamu bisa berjalan sekaligus menyegarkan pikiran.

10. Proteksi diri dengan asuransi

Meskipun sudah melakukan semua hal diatas, setiap orang mempunyai resiko masing-masing di sepanjang hidupnya. 3 hal resiko yang tidak bisa kita hindari kematian, sakit, dan kecelakaan. Tahukah kamu biaya kesehatan 38% merupakan salah satu dari 3 pengeluaran utama yang membuat investor berutang? Bahkan dari statistik, 6 dari 10 istri yang ditinggal suami meninggal harus menurunkan standar hidup keluarganya karena tidak mempunyai asuransi jiwa?

Dengan gaya hidup teknologi di era modern ini, tidak ada salahnya bagi kamu untuk memproteksi diri dengan asuransi. Tetapi kamu harus jeli dan berhati-hati dalam memilih program asuransi. Hal ini karena tidak semua perusahaan asuransi itu baik, tidak semua program asuransi juga cocok bagi kamu. Akan lebih bijak jika kamu bertanya-tanya dan memahami dulu jenis asuransi apa yang cocok untuk dipilih sebelum terburu-buru memutuskan untuk bergabung.

Jika kamu ingin bertanya banyak hal seputar asuransi untuk penggemar teknologi, kamu bisa bertanya disini.

Kesimpulan

Terlalu lama di depan komputer, smartphone, atau gadget lainnya bisa menimbulkan banyak efek samping dalam jangka panjang. Idealnya gunakan semua sesuai dengan porsinya, jangan sampai kecanduan hingga tidak bisa lepas dan melupakan banyak hal penting seperti tidur, olahraga, nutrisi yang cukup. Karena ketika kita menggunakan apapun melebihi porsinya pasti akan banyak efek sampingnya.

Hidup sehat lebih baik. Mencegah dan berjaga-jaga juga jauh lebih baik daripada mengobati.

Jika kamu ada tips yang menarik lainnya, jangan lupa untuk komen di bawah ini.

Hobi dengan fotografi, suka dengan segala macam berbau teknologi