Di ulang tahun Chrome ke 10, Google merombak chrome secara total, baik itu Chrome di PC ataupun mobile. Buat kamu yang penasaran apa aja fitur baru di Chrome 69 dan seperti apa tampilan barunya — inilah ulasan lengkapnya!

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info terbaru seputar teknologi setiap hari.


Bagi kamu yang lebih suka membaca daripada menonton video review Chrome 69 diatas, berikut WinPoin sertakan daftar fitur baru Chrome 69 dalam format artikel.

Tampilan Baru Chrome 69

Perubahan yang paling jelas keliatan di Chrome 69 adalah tampilannya. Tampilan Chrome 69 ini berbasis Google Material 2 — lebih bersih, simple, dan modern.

Sudut tab sekarang jadi lebih rounded atau melingkar — sebelumnya sudutnya ini tajam. Tombol new tab sekarang juga jadi tanda plus terpisah. Dan kalo kamu tambah banyak tab, batas antara tab nggak lagi runcing bersilangan kayak gigi T-rex — tapi jadi garis tipis. Ini bikin tampilan chrome lebih simple dan lebih rapi lagi.

Selain itu tampilan Omnibox — atau address bar juga berubah, kalau dulu cenderung kotak siku sekarang jadi melingkar juga.

Menu login dan account lebih stand out dan gampang diakses, dengan diletakkan sejajar address bar.

Dan kalau kamu buka tab baru, di halaman new tab dulu ada most visited website ya, sekarang udah nggak ada, digantikan dengan shortcut. Kamu bisa masukin aja website favorit kamu disini dengan klik add shortcut.

Kamu juga bisa dengan mudah mengganti background chrome dengan klik icon settings ini, dan bisa pilih langsung dari koleksi Chrome background — atau upload images sendiri.

Di iPhone dan Android, perubahan tampilan juga tidak kalah heboh. Semuanya menggunakan Google Material 2 yang serba rounded, bersih, dan rapi.

Tapi di Chrome iOS, toolbar dipindah kebawah agar lebih mudah diakses — dengan tombol search di bagian tengah untuk akses cepat ke pencarian dan address bar.

Dan sekarang Chrome sudah mendukung notch! Jadi kalo kamu punya smartphone dengan notch, chrome bisa kamu pake browsing tanpa menutupi notch.

Omnibox

Selanjutnya, Omnibox atau Address Bar Chrome terbaru bisa langsung menampilkan hasil pencarian untuk beberapa hal, misalkan aja kamu ketik weather, akan tampil detail cuaca di lokasi kamu. Atau kamu ketik weather in bandung misalnya, akan keluar detail cuaca di bandung.

Kamu juga bisa cari definisi suatu kata. Tapi untuk saat ini tidak semua definisi dan cuaca kota bisa kamu cek disini, mungkin bakal ada update lagi kedepannya.

Masih di Omnibox, sekarang Chrome menyembunyikan beberapa detail website seperti www, m, bahkan juga http dan https.

Tulisan secure juga dihilangkan, meskipun Not secure masih tetap ada.

Password Generator

Selanjutnya, fitur autofill Chrome sekarang lebih akurat dalam mengisikan password, alamat, dan detail kartu kredit di form.

Tetapi yang lebih penting, Chrome 69 sekarang dilengkapi dengan fitur password generator, yang memberikan password kuat saat kamu daftar akun. Ini memudahkan buat kamu yang pengen password aman dan beda tiap-tiap akun — dan menyimpannya di password manager Chrome.

Stabilitas & Performa

Berikutnya, ada peningkatan di performa, stabilitas, dan keamanan, karena Chrome sekarang memanfaatkan AI untuk deteksi malware dan phishing.

Keseruan Game Dino

Dan terakhir ada sedikit keseruan di game dino. Buat kamu yang belum tahu, saat Chrome gagal terhubung ke internet, Dino ini akan muncul. Kalo kamu tap spasi, maka game dino bakal dimulai.

Nah di ulang tahunnya yang ke 10 ini Chrome menambahkan kue, topi, dan balon di game dino ini — dan ini bakal terus ada sampai akhir bulan ini.

Sedikit tips, kamu juga bisa mengakses game dino ini dengan mengetikkan chrome://dino di address bar.

Itulah dia 17 perubahan di Chrome 69. Kamu bisa langsung update Chrome untuk eksplorasi sendiri lebih lanjut.

Sampaikan aja di kolom komentar, kamu lebih suka yang mana, tampilan Chrome lama atau yang baru ini. Sampai bertemu lagi di video menarik lainnya, besok!