5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru buatan Microsoft saat ini, banyak yang antusias menunggu sistem operasi ini sehingga tidak tahu bahwa Windows 10 memiliki perbedaan yang sangat luar biasa dari kakak-kakaknya (Windows 8.x kebawah).

Namun perlu diketahui di Windows 10 juga terdapat juga fitur-fitur vital yang sebenarnya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Jangan terlalu asyik dengan Cortana yang bisa kita ajak pacaran layaknya seorang pasangan tapi kamu harus tahu betul bahwa ada beberapa fitur yang membuat sedikit kerugian dan sedikit keuntungan.

 

1. Opsi Mematikan Update Otomatis pada Windows Update Hilang !

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

Tahukan kamu bahwa opsi mematikan update otomatis pada Windows Update sudah tidak ada? Salah satu opsi yang dapat menyelamatkan kuota kamu dari windows update ini sudah menghilang bahkan tidak akan kamu temui lagi jika tidak menggunakan trik.

Dalam hal ini kamu mendapatkan keuntungan yaitu membuat Windows yang kamu miliki selalu up to date tanpa rasa khawatir ketinggalan update terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Selain itu juga hal ini bermanfaat untuk menimalisir aksi pembajakan yang selalu saja terjadi di sekitar kita, entah dimana saja di warnet maupun di warung pojok.

Namun ada sedikit kerugian yang menyebabkan para jomblo menangis, kuota internet bagi para pengguna yang menggunakan paket kuota akan berkurang sangat drastis bahkan sampai terlalu drastisnya dapat menyebabkan kegalauan yang tidak dapat diobati dengan mie instan saja — apalagi Microsoft sekarang tidak tanggung-tanggung memberikan update dengan ukuran file update yang besar-besar.

 

2. Fitur Quick Access Cukup Menguras Tenaga

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

“Sudah install Windows 10 lama-lama tapi lelet saja terus kalau mau buka Explorer”.  ini adalah gerutuan yang pertama kali saya rasakan pada saat menggunakan Windows 10.

Berbeda dengan Windows 7 dan Windows 8.1 Update, jika pada umumnya ketika kita membuka program File Explorer jendela yang pasti pertama kali dibuka adalah This PC untuk versi Windows 8.1 dan My Computer untuk versi Windows 7, untuk mempercepat akses file baik file lama, file baru, bahkan file 3gp sekalipun Microsoft sengaja memasang Quick Access menjadi halaman awal dari File Explorer.

Reaksi pertama kali bagi orang yang menggunakan PC dengan spesifikasi pas-passan adalah “0kok lama banget ya keluar explorernya” (karena proses indexing quick access memang membutuhkan proses waktu dan resource). Namun pada akhirnya pengguna PC dengan spesifikasi yang tidak pas-pasan akan merasa senang karena file yang baru saja dibuka atau baru saja disimpan langsung terlihat di halaman Quick Access ini.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

 

Hal ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan mengubah halaman beranda file explorer dari Quick Access menjadi This PC pada pengaturan Folder Option, namun jika kalian merasa nyaman-nyaman saja menggunakan fitur Quick Access ini ya monggo pakai saja wong gratis apa susahnya :v

 

3. Pengaturan Setting Default Region adalah Amerika Serikat

Kamu mungkin merasa sangat senang sekali bahwa ada pendamping hidup yang hadir untuk setia menunggu kita didepan komputer kita, apalagi kalau bukan Cortana. Cortana adalah salah satu fitur unggulan Microsoft dari Windows Phone yang digunakan sebagai asisten pribadi virtual. Mungkin kalian tidak menyangka fitur ini hadir di depan layar kita, tapi ngomong-ngomong Cortana sudah support Regional Indonesia belum ya?.

Inilah yang menjadi salah satu fitur yang paling banyak ditanya tentang bagaimana cara mengaktifkannya. Namun karena Cortana secara default setting regionalnya adalah Amerika Serikat jadi hampir tidak ada satupun orang yang menanyakan hal ini kepada saya.

Dalam hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi yang sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, tapi ingat semua konten dalam aplikasi juga ikut menggunakan bahasa inggris. Beneran ini lo bro gak bercanda! Tapi ketika kamu mengubah setingan regional menjadi Indonesia maka Cortana akan meninggalkan kamu dan sudah dipastikan tidak ada yang bisa diajak ngomong untuk saat ini. Ternyata kesetiaan Cortana hanya sampai disitu saja, huh. T_T

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

 

 

 

4. Berkat Phone Companion, Data Smartphone ada di PC

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

Phone Companion adalah salah fitur ekslusif Windows 10 yang memiliki fungsi untuk melakukan sinkronasi data seperti Foto, Musik, dan lain sebagainya dari smartphone kamu. Satu hal yang menarik dari fitur ini adalah seluruh OS Mobile populer (Android, Windows Phone, iOS) bisa menikmati fitur ini di Windows 10  sehingga kamu tidak perlu lagi colok kabel data ke PC karena hanya cukup connect ke internet fitur ini bakal langsung berjalan dengan baik.

Mungkin beberapa dari orang menganggap Phone Companion di Windows 10 merupakan salah fitur yang tidak ada gunanya, tapi jika kamu telusuri lebih lanjut ternyata seluruh data yang tersimpan di Windows Phone akan tersync secara otomatis ke desktop kita secara diam-diam bahkan tanpa orang itu tahu.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

 

Jika kamu tidak percaya maka sekali-sekali bukalah aplikasi sosial dan lihatlah disana ada banyak kontak nomor telepon yang ada di Windows Phone masuk kedalam aplikasi itu, mungkin ini adalah salah satu fitur yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh kalangan enterprise bahkan bagi saya ini penting jika ada yang bertanya nomor telepon pada saat Lumia 535 saya mati.

Tidak hanya nomor telepon saja yang disync secara otomatis Calender, Photo, Email, sampai OneNote akan disync secara otomatis tanpa pemberitahuan apapun. Jadi bagi kamu yang suka nyimpen foto aneh-aneh segera hapus foto itu sebelum Microsoft diem-diem ngupload ke OneDrive terus dimunculin di PC kita. Nah loh photo apa tu :v

 

5. Windows 10 Tidak Berjalan Lancar tanpa Microsoft Account

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Upgrade ke Windows 10

Dan yang terakhir sebagai penutup artikel ini adalah Microsoft Account. Menurut kamu seberapa penting Microsoft Account untuk Windows 10? Mungkin ada beberapa yang menyatakan bahwa sangat berguna jika saya lupa password, dan ada juga yang menyakan gak ada gunanya sama sekali karena gak pernah buka Windows Store (mungkin saja ada yang bilang begitu).

Sebenarnya hal ini pernah diberlakukan di Windows 8x, namun karena tidak begitu efektif maka dari itu Microsoft mungkin mulai berbenah diri untuk meningkatkan manfaatnya. Seperti pada poin sebelumnya terdapat Phone Companion yang dapat mensinkronisasi data smartphone secara otomatis tanpa disuruh, tetapi fitur ini bisa menjadi tidak berguna sama sekali jika kamu tidak memiliki Microsoft Account.

Kamu juga tidak bisa mendownload aplikasi didalam Windows Store jika tidak memiliki Microsoft Account, padahal di Windows Store ada banyak aplikasi menarik yang bahkan bisa didownload secara gratis. Jadi jika kamu belum memiliki Microsoft Account maka buatlah sekarang juga mumpung gratis tanpa dipungut biaya.

 

Itulah hal-hal yang sebenarnya harus kamu ketahui karena jika kamu tidak mengetahui hal ini mungkin saja kamu akan dibohongi oleh teman bahkan sahabat kamu sendiri karena miss-informasi. Jadi daripada teman kamu tidak tahu tentang informasi ini klik saja tombol Share untuk membagikan link artikel ini ke profil sosial media kamu.

Dan ngomong-ngomong, selamat bermalam minggu :v

  15 Fitur Baru Keren Android P  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.