Home Editorial 5 Hal yang Harus Kamu Sesuaikan Jika Kamu Berpindah dari Android ke...

5 Hal yang Harus Kamu Sesuaikan Jika Kamu Berpindah dari Android ke Windows Phone

Penyesuaian Android ke WP

Ketika kamu ganti pacar baru, meskipun sama manisnya, tentu saja kamu memerlukan banyak penyesuaian. Misalnya memacari Elaine setelah sebelumnya Yupi, kamu akan kaget karena Elaine ternyata lebih cerewet dan lebih mencintai bebek daripada kamu yang ganteng optimal. Demikian juga ketika kamu memutuskan untuk ganti platform smartphone. Perpindahan dari Android ke Windows Phone misalnya, memerlukan banyak penyesuaian yang mungkin butuh perjuangan.

Salah satu langkah awalnya untuk memperkecil keterkejutan kamu ketika memutuskan ganti platform, mungkin dengan sering-sering stalking Blog Windows nomor satu di Indonesia. Kamu bisa menemukan banyak tips terkait Windows Phone, mempersiapkan hatimu untuk ganti platform, sambil sesekali ngetroll bertanya dan urun pendapat tentang berbagai kelebihan dan kekurangan Windows Phone.

Jangan kuatir! Untuk kamu yang saat ini masih asyik dengan Android, namun galau ingin pindah ke Windows atau tidak, Winpoin akan membantu kamu mengambil keputusan dengan menjabarkan berbagai hal yang perlu kamu sesuaikan ketika kamu memutuskan untuk pindah platform. Berikut ini adalah hal-hal tersebut:

 

User Interface

Penyesuaian Android ke WP

Ini adalah permasalahan utama yang mungkin menimbulkan semacam “culture shock” bagi kamu yang terbiasa memegang Android. Mulai permasalahan simpel seperti tombol “back” yang terletak di sebelah kiri (Android sebelah kanan), hingga sistem start screen yang sangat berbeda dengan Android. Kamu memerlukan beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan berbagai perbedaan tampilan dan cara mengelola antara Android dan Windows Phone. Namun bila kamu telah terbiasa, maka user interface tidak akan lagi menjadi masalah besar.

 

Kamu Belum Tentu Mendapat Aplikasi yang Kamu Inginkan dan Beberapa Aplikasi Pihak Ketiga Tidak Dirancang Sebaik Android

Penyesuaian Android ke WP

Meskipun pada dasarnya semua aplikasi penting sudah ada di Windows Phone, namun tetap saja kamu akan kesulitan menemukan aplikasi populer tertentu, misalnya Snapchat dan Clash of Clans. Permasalahan lainnya, beberapa aplikasi pihak ketiga tidak dirancang dan mendapatkan support sebaik Android. Path dan BBM merupakan masalah klasik yang hingga saat ini menerima keluhan dari banyak pengguna Windows Phone. Jika kamu pengguna berat aplikasi tertentu, maka kamu perlu mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut nantinya akan berjalan dengan baik di Windows Phone sebagaimana halnya di Android.

 

Lingkup Penggunaan Lebih Terbatas

Penyesuaian Android ke WP

Windows Phone memiliki lebih banyak batasan. Misalnya secara default, tidak mudah bagi kamu untuk mengirim email dengan lampiran yang bukan foto. Meskipun hal ini bisa diakali dengan aplikasi “File Attacher“, namun masalah tetap timbul ketika kamu ingin melampirkan file dengan cara melakukan reply pada email yang datang. Beberapa batasan lain juga mungkin menjadikan kamu tidak sebebas ketika memegang perangkat ber-OS Android

 

Waspada dengan Pembelian In-App

Di Windows Phone, terdapat skema pembelian dengan memotong langsung pulsa dari operator yang kamu gunakan. Kamu bisa dengan tidak sengaja melakukan pembelian in-app bila tidak teliti, ini biasanya terjadi pada anak-anak atau orang yang kurang memahami skema pembelian in-app. Sebagai solusinya, buat PIN pada aplikasi Wallet, sehingga setiap kali kamu ‘tersasar’ di pembelian in-app, maka kamu harus memasukkan PIN lebih dulu, atau kalau misalnya ponsel dipegang orang lain, maka dia harus memasukkan PIN lebih dulu dan tercegah dari pembelian in-app tidak disengaja.

 

Tidak Ada “ROM Alternatif”

Penyesuaian Android ke WP

Windows Phone merupakan perangkat yang “baku”. Kamu tidak akan menemukan ROM Alternatif yang mungkin secara drastis mengubah tampilan ponselmu. Semua aspek perubahan interface di Windows Phone dikontrol secara ketat oleh Microsoft. Perubahan maksimal yang bisa dilakukan adalah dengan kreatif mengatur Start Screen sehingga bersifat personal dan khas untuk kamu.

 

Namun Sebagai Gantinya…

Kalau kamu dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perbedaan Windows Phone dengan Android yang saya sebutkan di atas, maka kamu akan memperoleh sebuah perangkat yang reliabel. Fungsi-fungsi dasar yang berjalan dengan baik, sehingga kamu tidak perlu khawatir bahwa ponselmu mati mendadak ketika sedang menunggu telepon penting, manajemen RAM yang bagus sehingga kamu tidak perlu khawatir perangkat kamu melambat setelah membuka terlalu banyak aplikasi atau pun  ketika storage terlalu penuh, kemudian juga kemampuan baterai yang secara umum lebih baik dari perangkat Android dengan besaran baterai serupa.

Bagaimana pendapat kamu? Apakah menurut kamu ada hal lain lagi yang perlu kamu sesuaikan ketika beralih dari Android ke Windows Phone namun belum dicantumkan di sini?

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ahmad Narendra Rendy

    Tuh kok andronya cross a7s…
    Btw sebenernya ane juga mau ganti nih ke win phone tapi apalah daya ane cuma bisa nyicipin pake win8 launcher…

    • Nah, berarti artikel ini buat Agan. Jangan keburu tergoda, tapi pertimbangkan apakah Agan bisa menyesuaikan hal-hal sebagaimana yang aku ungkap di atas. Jangan sampai setelah pindah ke Windows Phone, lalu menyesal karena BBM yang masih berantakan atau gak bisa main CoC sama teman-teman (0-0)/
      Kalau memang sudah mantap tekad, kami bakal mendukung Agan sepenuhnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di keluarga besar Windows. (0-0)>

      • Rasshid

        Mungkin kalo ane udah gak mau main Getrich baru ane pake WP wkwkw

    • Mochammad Reza

      Coba deh gan coba,saya aja dulu pengguna android berat,tapi setelah coba WP beda banget rasanya dari android,udah gak peduli saya sama jumlah aplikasi,karena yg saya cari dari OS sekarang itu ke stabilan OS dan ke simpelan OS,dan semua nya itu ada di WP,sekarang cinta banget deh sama WP,kebetulan saya juga udah dari dulu cinta Nokia

    • Nurcahya

      saya dulu juga user android, sebelumnya bada, sebelumna lagi pake java doang :v
      dulu pake bada gara gara pada pake BB. trus ketemu Android gara gara pada pake BB. akhirnya sekarang pake WP gara gara mau beli iOS gk mungkin banget dan pake pake Android :v
      dulu saya juga pake Launcher mulu.
      dan overal pake WP udah puas banget. walau CoC gk ada Line Games gk ada, bbm rada ngaco kalo inet lambat.

  • randhika1991

    Berita seperti ini agak saru kalo di posting. Karena bisa bikin si Randy Sugandroid sebagai sales representatif Google Android One jadi tambah Gila…
    Eh iya lupa ini kan forum khusus Windows ya… wkwkwk…

    • I-Ini memang menyan-nya.. (><)/

      • Randhika

        Huahahaha… Tapi sayang dia ga muncul juga. Udah dikarungin kali… :v

    • Mochammad Reza

      Y ampun ternyata dia sales evercos,nexian,mito?! Wkwkwkwkwk hellowww

    • ryriadi

      Beneran tu org seles android one hahahahahaha wkwkwkwkwkwkw

    • Muhammad Zaidan

      RS belum dateng ke post ini ya? :v

      • Aku juga kangen sama dia..

        • Ogi Rock

          wkakakaakakakakakaka

          gila ajaa

    • Rafael

      Siapa tau dia lg memutuskan bekerja jadi sales android one terus sekarang jadi sales lumia wkwkwkwwm (HANYA KEAJAIBAN)

      • Muhammad Zaidan

        Kalo dia jadi sales Lumia, ntar dia koar koarnya pindah di forum OS lain. :v

  • abyqezy

    Min lumianya dah di update ke wp10 TP belum?

    • Mau tau aja atau mau tau banget?

  • Arga Isya

    homina homina homina homina…

  • Hananto Aditya Dewantara

    Katanya Windows Phone aplikasi-nya tdk sebaik android… Banyak aplikasi android yg g ada di store katanya… Makanya aq masih tetep di android…

    • Iya betul kok..

    • Rafi M. P.

      Ada org forum di Windows Central bilang kenapa aplikasi WP tidak sebaik Android, karena penghapusan beberapa elemen kernel (kalo gak salah) yang meningkatkan performa karena masalah keamanan OS ini. Karena WP didesain untuk keamanan juga

      • Adib Tsani Faishol

        Ya mungkin bbm ama line nggak kayak di android juga karena itu.

    • Zoxar Blackist

      Google lebih pelit daripada Microsoft karena Google tidak memberi banyak aplikasi Android ke Windows Phone. Justru Microsoft sudah terlalu banyak memberi aplikasi ke Android. Play Store sudah diisi 40% aplikasi bawaan Microsoft seperti oneddrive, outlook, hotmail, word, excell dll. Kalau google, cuma kasih aplikasi Google Search ke windows phone. Google menolak kasih aplikasi youtube, drive google, google plus dan aplikasi Android lain ke windows phone. Google Android pelit banget… Sekarang Windows Phone sudah kerja sama cyanogenmod. Cyanogenmod sudah pisah Android.

      • Ahahah.. Sebetulnya itu ada alasannya juga…
        Jadi untuk Google, mereka mati-matian membatasi agar jangan sampai Windows Phone berkembang dan memakan pangsa pasar Android. Karena itu mereka benar-benar membatasi support ke perangkat Microsoft.
        Sedangkan bagi Microsoft, karena mereka mengutamakan software dan layanan, memberikan aplikasi mereka ke iOS dan Google Play akan mendatangkan keuntungan bagi Microsoft sendiri.
        Ini seperti perulangan perseteruan antara Apple dan Microsoft zaman dulu. Bill Gates waktu itu memilih ‘merendah’ dengan membuatkan software Office untuk Apple, ketika saat itu Apple sedang jaya-jayanya, namun dengan demikian mendapatkan profit yang melimpah.
        Bill Gates adalah orang yang sabar dan bersedia dihina seperti apapun asal dapat duit. Beda dengan Jobs yang lebih tinggi harga dirinya.

        • Zoxar Blackist

          Baiklah..

        • Rafael

          Google pernah bilang “Don’t Be Evil” sendirinnya dia bagaikan setan yang mau nyekek Windows hihihihihi

      • Jangan lupa, Waze juga dari Google :v

        • Viqie Dellavega

          Sebelum di beli udah ada om

    • Adnan Zaki

      kalo agan termasuk maniak apps, jgn pake windows phone. krn kebutuhan user wp sm android beda. kebutuhan user wp bukan di apps yg bejibun, tp apps yg maksimal wlwpun gak bnyk. tp anehnya, jumlah apps ane waktu make android dan wp sama banyaknya :v

  • Om, android saya tombol back-nya di sebelah kiri kok :D

    • Itu seri apakah? Kebetulan semua Android yang pernah aku pakai back-nya di kanan

      • Muhammad Zaidan

        Sony juga dikiri Om. :v

        • Wakaka.. Aku kurang teliti. Padahal di tempat kerjaku ada Xperia Z1 dan Z2.
          Android punyaku pribadi dulu GalYoung sama GalNote soale…

          • Rasshid

            yaelah pantes… samsul semua toh :v

      • Rasshid

        Gak pernah liat Zenfone om? :D

      • Androm*x om

  • iwan

    1 thun gunain android saya kecewa krna sering nglag ..pas saya gunain windowsphone yg nama.a nglag jauh …meakipun ram.a kcil v …emang einpon namber one ….udah 3 thun saya pke winpon..bhkan pacar saya saya kasih winpone 625 ..pokoe mantap dah gak salah plih winpon

  • Budiです

    [IMO]
    Apps = Android > WP
    Kemudahan penggunaan = WP > Android.

    *komentar pengguna android dari bluestack :'(*

    • Muhammad Zaidan

      Performa: Android < WP. :v

      • YanDhika

        benar :v 512MB masih bisa…
        sementara si hijau sudah goyang dangdut :v

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          Dumangan sekalian

          • Ojo Nessu

            dribel juga…

          • Muhammad Zaidan

            ^ :v

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            dribel terlalu forno

          • Ojo Nessu

            koq forno si…
            goyang sambil dribel bola basket…
            bkan dribel bola x dou &%$#@s (lupa)…

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            iya” la.. anunya goyang”.. senjata laki pun *#$!%@!%^$$ udahlah..

      • Budiです

        tapi spek entry level : Android ? WP.

        Masih bimbang ambil L532 atau andro 1jutaan lain

        • Rafael

          Ane pake L532 itu bagus gann tapi gak untuk orang yang doyan selfe atau poto2 gak jelas kyk moto makanan moto kakinya sendiri moto rabut tanpa kepala dan juga yang aneh2 yang gak punya kreativitas memfoto pasti bilang kalo lumia 532 itu jelek di bagian kamera karena: 1) Gak bisa zooming, 2) kalo pake kamera depan emang bagus tapi hasilnya ngeblur, 3) gak ada flash led kalo biasanya moto2 tengah malem pasti hasilnya gelap bangett kyk kuburan tanpa matahari (yak iyalah malem2 mana ada matahari :V) dan 4) gak ada HDR ini paling penting sih meurut saya tanpa adanya HDR moto yang ada tulisannya pasti gak begitu keliatan dan juga kalo make Camera Traslator itu harus sabar banget soalnya bakal banyak tulisan yang gak kebaca :V. tapi dari kurang bagus nya hasil kamera L532 mempunyai kualitas gaming yang luar biasaa berbeda dengan android 1 jt an kyk samsung galaxy V yang spek nya cuma buat kalangan selfe dan itu juga masih sangat jelek foto pakai led nya masih bagusan L532 dan juga masih SingelCore blm quadcore kyk L532 kalo kata orang mah udah ketinggalan jaman hihihihi dan ram nya juga baru 512 kalo android kyk gitu main game asphalt 8 sekali nya jalan 1 km 1 jam baru sape wkwkwkwkwk kalo lumia ram 512 masih biasa main GTA:SA dengan tanpa lag parahh kyk tmn ane pake lumia 620 bisa tapi udah WP 8.1 tapi kalo agan tetep mau beli andro pilih merek yang gak terkenal pasti spek nya lumayan tapi CPU nya masih Mediatek blm Qualqom tapi ada juga tuh Asus Zengone 4 bagus juga sih walau dualcore tapi udah Intel dan walau gak ada led flash tapi udah ada pixel master jadi kalo moto di kuburan tengah malem kyk siang bolong hihihihi (tapi hati2 nanti mayat nya bangkit dari kubur ngikut Selfe bareng) tapi kekurangannya tempat sama sperpart ori nya masih jarang :V. tapi balik lagi ke agan nya mau Pilih Android Atau Windows phone :) . SELAMAT MEMILIH (ingat jika anda stres karena memilih hp jangan salah kan saya dan jika salah memilih dan meyesal jangan salahkan saya juga hihihihihi :)) )

          • ryriadi

            Dari kata”nya gamers ni hihihihihihu

          • Rafael

            Hihihi tau aja :D

          • Budiです

            sip gan! ini lagi ngelobby ortu buat menta dana upgrade handphone :p maklum 2015 masih make featurephone jadi agan susah kalo temen2 kampus komunikasi pake aplikasi chatting T,T

          • Edi

            Andai si L532 pake kamera auto focus udah ane embat, kendala di itu sih, nokia x2 5MP aja auto focus ini nda :-). Overall, semua OS tergantung kebutuhan. Cm melihat device low end lumia skrng lg pada nanggung speknya, si 532 jeroan apik namun kamera nd sip. Si 535 jeroan apik kamera apik touchscreen masalah. Naksirnya ke 730 namun dana blm ada :-D

        • Kalau menurut aku, di segmen low end, WP lebih baik.
          Android low end, bahkan untuk Xiaomi 1s yang cukup tinggi speknya, akan berhadapan dengan masalah storage dan memori setelah sekitar 3 bulan. Kalau penggunanya awam, pasti bakal kesulitan. Untuk WP, kesulitan semacam itu tidak ada.
          Tapi Android high end, performanya bahkan bisa lebih baik dari iPhone sekalipun.
          Oleh karena itu, kalau pilih Android low end, minimal Agan harus paham cara mengatasi permasalahan di Android.

          • Budiです

            Di satu sisi suka dan penasaran dengan WP OS, karena budget ngga bisa lebih dari 1,4jt pilihan jadi di low end. Di satu sisi juga dengan harga segitu bisa dapet smartphone android OS dgn spek yang lebih dari Lumia low end (terutama kamera utama+depan).

            Bingung sendiri #LOL

          • Adnan Zaki

            gausah bingung gan, untuk lowend performa perangkat WP diatas android, tp kamera standar, gak akan ada kesan kamera yg bagus khas Lumia kayak sebelumnya (contoh: 520) krn skrg Lumia dikontrol penuh Microsoft, beda sm waktu Nokia. tp setau ane kamera android2 lowend jg gada yg bagus.
            intinya, ponsel lowend gak akan dapet kamera yg maksimal, tp udah cukup utk sekedar ngeksis di sosmed :v

          • Budiです

            ya walau android 1jutaan banyak yang umbar2 kamera pixel gede, dsb.

            Butuh kamera cuma buat foto catetan kampus doang :v

          • Muhammad Zaidan

            ^nah. Semahal mahalnya / sebagus bagusnya hp Android, pastinya akan ngelag juga. :v #peribahasangawur
            #abaikan

          • Ahaha.. Angkatan baru gak separah dulu kok.

  • Evlan Mars

    Yang Kedua gw SETUJU BANGET. Frustasi sangatlah kawan-kawan maen Coc sedangkan macam aku ini hanya gigit jari! dan tentu saja pengen banget agar Windows Phone bisa lebih dikostum atw pengguna dibebasin memilih Tampilan(gak hanya kotak2 yg diganti warnax) ….. <<< Big Hope to Fix,Microsoft

    • Agil Faisal Rahman

      ada Age of Empire yg bisa ngobatin COC,, ga kalah sip tuh game

      • Evlan Mars

        Iya gan..cuma jumlah pemain AOE:CS dikit amat…jd kayak kesepian dan kagak seru gitu….masa udah 1 minggu maen castle kita kagak diserang2,trus klo buat clan kagak pux teman biar bisa gabung…tapi klo soal kualitas game sih..yah AOE pemenangnya..tapi g ada salahnya juga kan feedback ke Microsoft about that!

        • Agil Faisal Rahman

          coba naekin level keep nya,, biasanya keep level 5/6 yg banyak di serang,, n klo mo rame coba gabung ke aliansi temen,, klo udah banyak baru deh bikin aliansi ndiri…

          • Evlan Mars

            Aduh bang udh lambat ini..udah aku unninstall..seperti nasi sudah jadi bubur!! Tapi aku waktu itu masih keep 4 sih!!

          • Agil Faisal Rahman

            di install lagi juga masih lanjut ko,, kan loginnya pake akun xbox

        • dulu ane main AOE, tapi dah stop wkwk males diserangin mulu

          • Evlan Mars

            Bingung jawabnya !

    • Rafael

      Kalo saya gan tmn2 pada iri kalo saya main game HALO yang cuma di buat untuk XBOX sama WP, malahan saya udah kasih tarif kalo main 30 menit 3rb kalo sejam 5rb hihih… Lumayan buat nambah jajan

      • Evlan Mars

        Hahah mantap juga tuh…tapi Halo Seri terbaru udah tersedia di semua platform lho alias iOS Dan Android udah nyicip….coba cek…hmmm bisnis agan terancam bangkrut nihh!!!

        • Rafael

          Wadalahhhh saya baru tahuu yaaa. Aduhhh jika game itu berbayar di playstore pengguna android juga bisa bisa cari bajakannya di google tapi iphone gak bisa masalah nya pengguna iphone bisa di itung alias sedikit di sekolah saya sementara android bejibun. Ane siap2 dan pasrah saja lah gulung tikar X_X . Mau nannya nih gan kira2 bayar gak game nya di iphone? Kalo bayar mungkin nanti pengguna iphone masih ada yang mau rental sama saya hihihihi. Tapi kalo gratis aduh gak bisa ngebayanginnya nihhh . Nyesel ane gak pake Jamsostek *_* hihihihi :))

          • Evlan Mars

            Hahhahahaha,,,,serius,yang agan punya sekarang semua berita buruk…iPhone alias iOS skrng gamenya bisa di HACK!!!!! tapi yah agak hard dan lama….mending Gulung tikar aja udah gan.sori mungkin dewi fortuna belum berpihak ama agan,,!!! Gpp yah

          • Rafael
          • Evlan Mars

            You’re Welcome! salam kenal juga

          • Rasshid

            ngehack iOS mah gak secepet android. Jadi kayaknya mas Rafael masih untung :v

  • Apriko_99

    Saya mah pengguna dua os si robot ijo dan windows….. Tapi saya rasa kedua os ada kelbihan dn kekurangan….. Tapi krna dh lama pke Windows…… Sya lebih menyukai Windows…

  • Agil Faisal Rahman

    klo ane malah pindahnya dari nokia 208 ke lumia 630,, ga banyak perubahan si, soalnya pas di 208 udah disuruh buat akun microsoft juga,, so makin demen malah ma lumpia…

  • Muhammad Zaidan

    Dan temen gw pada nanya ke gw kenapa ga pake Android aja, WP kan tampilannya susah dan gamenya dikit. Ah bodo amat, yg penting anti mainstream & no lag. :v

    • jaka adi

      Tampilan memukau bro…

    • Iyus Setiawan

      Setuju, saya juga pecinta WP

    • Ojo Nessu

      justru tampilannya itu yang kren…

    • Ojo Nessu

      game android mmng bnyak…
      tapi penyimpanan aplikasi di android minim (ga bisa nyimpan aplikasi di SD card) harus puas dengan memori internal…
      untuk mendapatkan hp android yang memori internalnya besar buget nya mesti tinggi…
      sya pake lumia 625 waktu itu bli Rp. 1.999.999 game yang ada di hp sya : Six Guns, Hero Order and Chaos (HOC), Dredd vs Zombie, Assasin Creed, Candy Crush, Dream League Soccer, tetris blitz, Hungry Shark Evolution dll…
      bisa gak hp android dengan harga segitu nyimpan game dengan jumlah yang sama…?

      • Muhammad Zaidan

        Skrg masih pake 625nya?

        • Ojo Nessu

          masih dong om…
          mau upgrade ke L730 tp nggu windows phone 10 final keluar dlu…

  • YanDhika

    INTINYA

    produktivity :::> Windows Phone

    malas malasan :::> Android

    • Sebetulnya kalau pendapat teman-teman untuk malas-malasan, iOS >>> Android.
      Hampir semua mengakui kalau iPhone susah diajak untuk dipakai kerja kantoran ‘beneran’ karena terlalu banyak batasan. Kita susah kirim file lewat iPhone dan juga susah berada di lapangan terlalu lama kalau menggunakan iPhone (batere super boros dibanding Android dan Windows Phone).
      Terlebih lagi support game di iOS nomor satu. Jadilah iPhone cocok sebagai HP untuk malas-malasan, mejeng, dan gaul.. (><)/

    • Rasshid

      gak usah ngejek android deh mas :v

  • ryriadi

    Btw kok admin ndk ad yg nulis artikel tentang XBOX ya pdhal jga bagian dri Microsoft hihihihihihihihi

    • Ojo Nessu

      mereka ga punya XBOX…

  • IMIEN COVER BOY

    dari jaman keluar hp selalu nokia,,java,,wp,,,,

    Tabung elpiji 3kg belum pernah sama sekali,,karna terkenal super lemottttttttttttttttttttttttttttttttttt…..

    Beda sama wp,,selalu ♥♥♥♥♥♥

  • dPermana

    Sdh pakai wp, sejak wp7 di htc HD7 (bahkan winmo 6.5 di hd mini), kadung cinta sama wp. Pas dikasih galaxy tab, sama bos (sampai dua kali), nggak pernah dipakai karena ngerasa ribet, merasa tidak aman, boros data dan satu lagi kwalitas kamera jauh.

    • jaka adi

      Keren om ini..

    • yuhendraanda

      Setuju gan.. Terlanjur cinta

  • Rick

    Lebih enak dan simple sih kalo utk penggunaan umum. Misal bales sms g pake lag, pengalaman pake android makin lama makin lag

  • Rafael

    Gann itu hp nya banyak amatt tiap beda foto hp nya juga beda ada asus,sony,evercoss,lumia agan mau rental hp yakk hihihihihihi :))

    • Biar pembacanya gak bosen..

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Saya dulu pengguna Android.. dan kemudia saya hijrah ke WIndows Phone..
    karena saya tertarik dengan konsep Xbox Smart glassnya..

    meskipun apps dan game masih kurang.. toh Microsoft menawarkan hal lain di produktivitasnya seperti apps Office Lens, Here Maps, Here Drive dan aplikasi khusus lainnya..
    saya optimis dengan perkembangan Windows Phone ini meski agak terhambat juga..

    kalau udah cinta.. ya udh cinta banget sampe mati..
    apapun kata orang saya tidak peduli.. :v

  • rv

    Tapi yang gw alamin setelah 2 tahun lebih pake WP adalah…ini ponsel keren banget klo buat kerja. apalagi bagi kalian yang pake windows ya, semua data dan file, termasuk konfigurasi, sinkron secara cloud.
    gw rasa sih emang wp bukan ponsel utama pilihan user yang bener2 gamer sejati ato yang butuh app langsung ketika app itu populer, tapi wp itu unggul dalam segi performa batere, kamera, serta os buat yang butuh device tangguh tanpa perlu banyak konfigurasi macem2 :]

  • Uus Suriansyah

    WP menghina android, Android Menghina WP, terkadang disitu yg sy ikut emosi…-_-

  • jaka adi

    Sales mit* mana nih?

  • Adib Tsani Faishol

    Udah pindah ajaaaa …

  • Nurlita Endah April

    saya sendiri ngerasa android sama wp sistem kerjanya lebih cepat wp, android sering lemot eror bahkan ngeblank sendiri

  • Randy Sugandroid

    LOL, banyak ruginya daripada untungnya

    • I Made Tobias Abdiman

      Randy….. ! Aku menunggumu !

  • Kiki

    Kapan clash of clans bisa dimainkan di WP, kangen maininnya sudah lama gk dimainkan game clash of clans ku

  • Kiki

    Luncurin donk clash of clans buat WP

  • Hafid Blizt

    dulu pernah pake galaxy tp skrang udah pake lumpia 720…. udah satu tahunan.
    masih belum pengen pindah hp lain lagi.udah terlanjur sayang ma lumpia ane.
    yang bikin ane makin sayang ma lumpia ane kameranya manteppp..walau cuman 6,7mp tp hasil jepretanya…beuuhhhh….berani di adu…hehehe.
    dan yang pasti say no to lag…