Home Editorial 7 Kesalahan Umum Pengguna Baru Windows Phone (yang Baru Beralih dari Android)

7 Kesalahan Umum Pengguna Baru Windows Phone (yang Baru Beralih dari Android)

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Duh, ini gimana sih cek pemakaian RAM-nya? Download Cusrom-nya di mana sih? Caranya Root gimana ya?

Pertanyaan di atas merupakan hal familiar di telinga kamu… kalau kamu menggunakan perangkat Android. Namun akan aneh sekali bagi pengguna Windows Phone.

Mungkin ketika berpindah kamu tidak merasakan kesulitan yang berarti. Kontak dari Google Contact dengan mudah dioper cukup dengan memasukkan akun Google ke Windows Phone, beberapa aplikasi media sosial penting juga dapat dengan mudah ditemukan di Windows Phone.  Namun masalah sesungguhnya sering muncul ketika kamu sedang dalam proses adaptasi atau menggunakan perangkat Windows Phone kamu dalam kehidupan sehari-hari. Terlalu lama terbiasa menggunakan perangkat Android kemungkinan akan menjadikan kamu sedikit gagap ketika sedang menggunakan Windows Phone.

Apa saja kesalahan ‘mantan’ pengguna Android ketika baru saja menggunakan Windows Phone? Berikut ini mungkin yang teratas!

 

Menempatkan semua Aplikasi ke Start Screen

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Kesalahan konsepsi ini lebih sering terjadi pada ‘pengguna Windows Phone paruh waktu’ – yaitu orang yang menggunakan Android sebagai perangkat utama, tapi karena penasaran dengan teknologi lain, akhirnya mencoba menggunakan Windows Phone. Memperlakukan Windows Phone sebagai Android, kadang berakibat penuhnya layar start screen oleh semua aplikasi yang dimilikinya. Selain menjadikan start screen ekstra panjang, terkadang juga tidak efektif digunakan.

Salah satu tips yang perlu diperhatikan dalam menyusun start screen adalah: utamakan tingkat kepentingan! Sebisa mungkin upayakan mengisi layar utama kamu (yang paling atas), dengan berbagai hal yang paling sering kamu akses. Tidak harus shortcut aplikasi, jika mungkin kamu memerlukan mengakses catatan tertentu setiap hari, maka letakkanlah catatan tersebut di salah satu bagian layar utama untuk menjadikan kamu mengaksesnya lebih efektif. Setelah itu barulah kamu menata beberapa aplikasi lain yang sering kamu akses juga di bawahnya. Tidak harus semua aplikasi dari app list kamu buat Tile-nya, jika kamu menginginkan start screen yang ringkas dan sederhana.

Tergantung kreativitas kamu, kamu nantinya bakal bisa mengombinasikan antara personalisasi, efektivitas pemakaian, dan keindahan. Ini adalah salah satu seni menggunakan perangkat Windows Phone!

 

Install RAM Optimizer dan Bingung Melakukan Manajemen RAM?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Salah satu kebiasaan di Android adalah memanfaatkan RAM optimizer dan berupaya melakukan manajemen RAM. Ini bisa dimaklumi karena OS Android adalah OS yang rakus akan sumber daya. OS ini memiliki kecenderungan untuk membiarkan aplikasi yang pernah dibuka agar lebih cepat diakses, namun tentu saja ini masalah untuk RAM. Inilah mengapa menggunakan Android akan lebih lancar dengan RAM besar. Untuk RAM kecil, maka pertolongan diberikan dengan cara menggunakan RAM Optimizer yang cara kerjanya menutup aplikasi yang lain untuk ‘diberikan’ kepada aplikasi baru yang ingin dibuka.

Kebiasaan ini tidak relevan di Windows Phone, karena cara kerja aplikasinya adalah dengan menjadikan aplikasi terbuka ‘tertidur’ sementara. Ini memang menjadikan aplikasi tersebut menunjukkan layar ‘resume’, namun manfaatnya, lebih hemat baterai. Perubahan terhadap system ini akan dilakukan pada Windows Mobile 10, yang akan memberikan efisiensi lebih baik terhadap proses resume aplikasi.

Selain itu, kamu tidak dapat mengakses RAM usage di Windows Phone, namun percayalah bahwa sistem buka tutup aplikasi di Windows Phone berjalan halus, hingga ketika kamu membuka aplikasi baru yang menyedot resource RAM, otomatis perangkat akan menyesuaikan dengan menutup aplikasi lainnya sehingga kamu bisa membuka aplikasi tersebut tanpa kesulitan.

Intinya: Kamu tidak perlu menggunakan RAM optimizer dan tidak perlu susah payah mencari RAM usage di Windows Phone.

Peringatan: Aplikasi RAM Optimizer yang tersedia di Store justru membuat perangkat kamu melambat karena dia memaksakan diri untuk memindai penggunaan RAM terus menerus – jangan pernah gunakan!

 

Install lalu Uninstall terlalu sering berakibat storage kepenuhan?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Di perangkat Android, mencoba-coba banyak game dan aplikasi menjadikan storage kamu cepat penuh. Mengapa? Karena selalu ada sisa file tertinggal ketika melakukan prosedur itu. Pengguna Android yang mahir mengatasi hal ini dengan memanfaatkan aplikasi Storage Cleaner yang berfungsi menghapus berbagai ‘sampah’ di Android.

Kamu tidak perlu melakukan hal ini di Windows Phone karena ketika kamu menghapus  sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan terhapus secara sempurna di Windows Phone. Proses update aplikasi juga tidak akan menimbulkan sampah baru yang menjadikan storage kamu terus mengembang (kecuali jika update tersebut membawa fitur baru yang tentu saja menjadikan ukuran aplikasi lebih besar).

 

Modding Aplikasi? Install Aplikasi Berbayar Gratisan?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Ingin bermain dengan uang tak terbatas di Subway Surfer? Menambah jumlah langkah di Candy Crush? Sayangnya kamu tidak dapat melakukan ini di Windows Phone – Setidaknya tidak dengan mudah melakukannya.

Yang dapat melakukan modding aplikasi hanya seseorang dengan status developer. Kamu bisa mengakali ini dengan memanfaatkan status “students” ketika mendaftar, namun jumlah aplikasi yang dapat kamu ubah terbatas. Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, bahkan kamu juga memerlukan status khusus sebagai developer.

Ini tentu saja berbeda dengan Android, yang mana kamu dengan mudah mencari aplikasi yang sudah diedit dari berbagai sumber, lalu memasangnya di perangkat kamu. Oh ya, di Windows Phone kamu juga tidak dapat mengakali status aplikasi berbayar. Jadi, jika kamu baru saja menggunakan Windows Phone, kamu memerlukan anggaran tambahan untuk membeli aplikasi yang kamu sukai – sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada developer yang mengembangkannya.

 

Mana Custom ROM-nya?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Mungkin kamu memerlukan ketabahan ekstra jika kamu adalah tipe orang yang suka berganti-ganti ROM dan flash hampir tiap hari dengan perangkat Android. Windows Phone tidak memiliki ROM lain. Namun skema live tile dan start screen masih tetap memungkinkan kamu berkreasi guna menjadikan perangkat kamu khas dan berbeda dengan milik teman kamu. Secara sederhana, kamu bisa mengganti wallpaper, tema, dan menata tile dengan susunan yang khas. Jika ingin tampilan perangkatmu lebih unik lagi, manfaatkan aplikasi yang berfungsi untuk dekorasi seperti #TileArt, Wiztiles, atau HeaderTiles.

Cara Root gimana sih?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Oke, jika kamu berharap mendapatkan akses sepenuhnya untuk mengubah Windows Phone sampai ke kernelnya, maka kamu salah alamat. Tidak ada prosedur Root atau Jailbreak pada Windows Phone.

Ada prosedur yang disebut Unlock pada Windows Phone – namun ini dimanfaatkan oleh developer untuk menguji aplikasi yang digunakannya. Kamu memerlukan status khusus untuk melakukan hal ini.

 

Mana Snapchat-nya? BBM-nya kok gini sih?

Kesalahan Umum Pengguna Baru

Meskipun sudah hampir semua aplikasi penting dapat kamu temukan di Windows Phone, namun memang kamu perlu maklum jika beberapa aplikasi populer, seperti misalnya Snapchat, Quora, VSCO Cam, dan sebagainya tidak ada di Windows Phone. Beberapa aplikasi seperti Path, Instagram dan BBM juga tidak berjalan semulus di Android dan iOS pada Windows Phone.

Ini diakibatkan oleh minimnya pengguna Windows Phone yang menjadikan pengembang agak malas untuk memperbaiki dan memperbarui aplikasinya. Hal ini perlu untuk kamu maklumi ketika pertama kali menggunakan Windows Phone.

Winpoin menyarankan, sebelum kamu pindah ke Windows Phone dari Android, periksa apakah aplikasi yang biasa kamu gunakan sudah tersedia dan berfungsi lancar di Windows Phone, sebelum kamu kecewa ke depannya.

 

Nah, itulah 7 kesalahan pengguna Windows Phone baru yang berpindah dari Android. Kamu punya hal lain yang bisa ditambahkan ke daftar di atas? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar berikut.

 

 

 

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Alvin

    Yah kalo pengen bebas ini itu dan keliatan geeky ya pake Android… Windows phone itu cuma buat orang-orang yang sabar… :’v

    • Kurotsuki Kaitou

      Pake Android biar keliatan geeky? Cuma ada di forum-forum dan situs geek itu mah. Itu pun biasanya tanya oprek sana-sini tapi ga ngerti apa yang dilakuin baik keuntungan maupun resikonya. Begitu ada salamah … eh … masalah langsung ngomel-ngomel … :p

      Kebanyakan pake Android malah karena yang lain pakenya Android …. :3

      • Randhika

        Ane pake Lumia 720 udah 2 tahun lebih nggak ada masalah error di hardware, secara karena Windows Phone ini kesannya “Orisinil”. Kalo mau flashing ROM Lumia contohnya kalo mau rollback dari Windows 10 Mobile Insider ke WP 8.1 aja ROM-nya official, Toolsnya juga official, nggak seperti di Android rata2 pake tools pihak ketiga, yang kemungkinan error di hardwarenya lebig fatal. Terutama kalo sering2 flashing ROM Android lama-kelamaan bikin Memori Internalnya Rusak, alias nggak bisa di write lagi. Karena kan Flash Memory itu punya siklus hidup berapa kali dia bisa di write/delete datanya, mirip kaya flashdisk & SSD.

        Kalo terlalu geeky sama android malah kesannya kaya pengangguran kurang kerjaan om, karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berfantasi ria, bukan melakukan sesuatu kegiatan produktif dan menghasilkan uang seperti yang biasanya dilakukan oleh User WP :D

        • Kurotsuki Kaitou

          Daripada dioprek mending dipake jadi test device buat bikin aplikasi yah, bro? :D

    • Mochammad Reza

      Kalo di indonesia pake android karena ikut2an

  • Itu yg pin ke start screen, saya banget :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    7. Jangan harap bisa melakukan koneksi http-proxy dan SSH di WP.

  • JK

    Ada lagi, di WP kita tidak bisa sesuka hati merubah IP address. Sementara di Android hal tsb dengan mudah bisa dilakukan.

  • Whyu Wa

    nyimak

  • ada lagi om, kita tidak bisa dengan mudah membuka wp jika tidak tahu passwordnya, sedangkan di android bisa diakali password nya :D

    • yaya

      cara x gmn ?

      • kalau mau tahu cara buka android tanpa tahu password nya cari di google banyak, atau di forum forum android :D

    • ruddoank

      hah…. LOL……………

  • Ardan Legenda

    Simply beauty

    • Arie Muhammad Syaban

      Gan, itu pake apps apa buat ganti tile fb dan yg lain tuh ?

      • ruddoank

        8.1 hd tiles, coba download ya bro…….

        • Arie Muhammad Syaban

          Thanks bro

          • ruddoank

            masama bro Ari Muhammad Syaban……

    • ruddoank

      ini seni starscreen q bro

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Biasa saja

    • Muzakki Fatch

      Btw disqus ane kok gak bisa aplod poto dr sd card yak? Apa ente komen di disqus web?

      • Ardan Legenda

        Iya, pakai web hehe

    • Mustapha Ibrahim

      Itu gambarnya siapa gan?

  • Nyimak aja dah, dari pertama terkenalnya android sampai sekarang belum pernah beli. Jadi ga tau permasalahan/kesalahan saat migrasi. Yang saya tau windows phone itu istimewa dan unik juga personal buat dipakai (menurut saya). Tapi posting bagus deh om, dan bermanfaat. Makasih banyak.

  • Fayyadh Muchlis

    Pertanyaan paling mainstream user yang (agak) gaptek padahal pake android ke user WP adalah “HP nya android ya??” Emang dikira semua smartphone itu android apa?? -_-

    Dan saat lagi asik2nya main game yang tergolong berat di WP dgn lancar seperti Asphalt 8 dan Modern Combat 5 temen tiba2 ngomong “minta game nya dong” emang dikira file .xap bisa diinstak di android apa? Setelaj dia maksa supaya dikirimin file (.xap) nya dan ternyata gak bisa diinstal di androidnya (yaiyalah) dan gue berkata “mungkin versi android lu belum terbaru kali, android lu kan masih kitkat, yg terbaru mah Denim :v” dan kemudian dia nyari wifi terdekat buat nyoba update :v

    • kwkwk, anjaay luw gan :v.. Good Trick For newbie :v..

    • Andrie Anugrah

      True :v

    • yaya

      ngakak gwa…

    • Aduh ngakak gw bacanya :v

  • IMIEN COVER BOY

    Windows phone beda dari yg lain,,,itu yg membuat Q suka??

  • Keluarga Amienullah

    nunggu windows phone mengalahkan android dulu, baru ane migrasi :D

    • ruddoank

      bukan WINDOWS PHONE bro tapi WINDOWS 10 MOBILE yang bisa mengurangi SHARED MARKET nya si ROBOT IJO, tunggu UPDATE resminya ya……

  • Muhammad Raihan

    Yah….. Itulah minim nya fasilitas Windows phone kalian harus sabar siapa tau peringkat Windows phone jadi nomor 1 dan langsung booming

  • Addy Yang

    pake windows phone memang harus tabah, but so far ane juga puas kok untuk perform nya gak lemot lemot amat kok

  • Gabe Auuu

    Kalau di wp 8 fontnya akan kelihatan lebih besar dan memakan ruang layar bagi pengguna android yg baru pindah… Tapi di wp 10 udah lebih bagus..

    • Gabe Auuu

      Akan ada banyak nama aplikasi yang tidak familiar di wp misalnya aplikasi pengganti tube +, pro tube, 6tag dll

      • yaya

        gan 6tag da ga yg versi andro…?
        da cri di play store ga ktemu2…
        tau hnya buat WP z…?

        • hanya utk WP, kl di android pake Instagram official aja fiturnya udah lengkap..hihi

          • yaya

            yg di andro ga bsa download gambar mas febi…

  • Robin Zamani

    Apa bisa, Install Windows Phone/Mobile di Smartphone Android (Gambar Homenya bukan Jendela, tapi Rumah)?

    Yg kutahu hanya Windroid yg bisa memiliki 2 OS sekaligus!

    • Xiaomi Mi4 edisi khusus…

    • Javanicus

      Kalo logo home-nya gambar rumah brarti itu cuma launcher

  • xD

  • Yang gue bisa banggain dari Windows adalah tile update nya. Keren banget meski itu sejak jadul :’)

  • Mochammad Reza

    Siapa yg sirik? Gw? Kenyataan kok emang ikut2an kalo apa2 yg lg ngetrend di indonesia pasti orang2 ngikut,gw gak nyalahin android ya,lo salah faham tuh..gw emang bilang maksa make WP? Ya terserah lah orang mau pake hp os apaan,emang gw pikirin?????

    • ruddoank

      *SIP*

  • L535 memang mengecewakan kualitas touch screen nya (produk gagal) bahkan kalah dengan L430 touch screen nya

  • Fayyadh Muchlis

    Yakali kalo file apk bisa diinstal di Windows Mobile dgn project astoria, lah kalo android sampe robot androidnya diabetes gara2 makan yg manis2 terus juga gk akan bisa instal file .xap :v

  • Muhammad Febri

    Itu gak pake aplikasi apa-apa.
    Tinggal di …….
    Ah… Sudahla…:v

  • Muhammad Febri

    Ini niatnya pamer ? :v
    Ikutan ah…..
    :v

    • Itu yang ada “Anda memiliki satu notifikasi” dari aplikasi apa ya?
      Soalnya biasanya untuk terjemahan, Microsoft pakai “pemberitahuan”.

      • ferry adrian

        sepertinya BBM

        • Ow, oke..

          • Muhammad Febri

            itu bbm kawan…

            alhamdulilah. bbm di 535 ane lancar jaya :v

    • iya pamer start screen, os sebelah gabisa pamer kan soalnya udah mainstream :p
      eh tapi itu win10 ya enak bgt start screen nya, ane insider tp ga pernah nyoba win10 wkwk

  • ZAi

    simple :v windows 10 mobile

    • yaya

      kren…

      ini bkin x gmn? pke apa?
      ksih tutor dong…!

    • ruddoank

      joss juga bro ZAY, wekwekwekwkwkwkwkwkkkkkkk………………

    • anjay… kayak bukan WP… :v

    • Mochammad Reza

      Andro banget gan,haha

      • ZAi

        wkwkwk :v niatnya niru ios tapi icon gak mirip jadi kayak andro XD yah

  • SM Mashups

    Di WP Adanya Launcher. Bukan Cusrom :v #CMIW

  • Dream League itu mainanku jugaaa…

    • yaya

      sama…

    • iya abisan gamenya enteng trus lumayan lah buat ngabisin waktu luang :v

    • Lutfi Al Hafid

      ane di-SP atasan gara2 dream league wkwkwkwk…

  • BUDI

    Ane pindahan feature phone ke Windows Phone OS dari bulan april lalu, dan enaknya WP OS ini adalah adaptasi yang cuma butuh 1-3hari.

    Tapi karena udah biasa sama “kegampangan” di WP OS pas make Android OS malah bingung @@

    • Muchamad Rifny Setyawan

      Sama
      lebih parahnya saya lupa cara ngaktifkan paket data di android yang gampangnya kayak gitu :’v

    • ruddoank

      cukup 1 jam saja bro BUDI kalo manta NOKIA user, hehehehheheheheheheeeeeeeeeeeeeeeeeeee……….

      • BUDI

        Maklum dulu pindahan dari SamChamp c3303i ke Lumia 532. Jadi masih awam apa itu smarpun.

  • Erwin Firmansyah

    Itu sih masih mending tau root tau ram dll, temen saya hanya tertarik sama camera, design, dan tampilan, tapi ga tau cara make hp nya kaya gmana, 1 minggu langsung jual lagi,

  • True Setori pas pertama kali pakai WP, Start Full Bejibun :v

  • yaya

    ya tubecast gwe rsa lbih baik dari youtube…
    tmpilan n ftur jg ga klah bgus…

    • ruddoank

      coba download PERFECT TUBE bro, lebih bagusan lho. bisa download film langsung ke kartu memori………….

      • yaya

        ok tak cba dlu…

  • yaya

    mantab…

  • Muhammad Badaruddin

    Mumpung lagi banyak yg pamer-pamer, hihi ini starscreen gue amatiran gan

  • Kadut Hokcay :v

  • Ariya Kamandanu

    Ikutan ah :)

    • ruddoank

      lah wp 8.1 ya bro Ariya Kamandanu, tuch tile baterai nya, wekwekwekwekwekwkwkwkwkwkkkkkk……

      • Ariya Kamandanu

        Iy,,wkwkwkw

  • tapi itu udah mirip.. makanya pake wp beneran dong :p

  • Adhy Puttra

    Gan, disini ada user Lumia 520 yg sudah di update ke windows 10 mobile build terbaru gak ? Kalau ada, rasanya gimana ? Minim lag atau enggak ? Cepet panas apa enggak ? Soalnya saya mau update ke windows 10 mobile msh rada ragu gan, takut cpt panas/lag mulu gitu..

    Terima kasih..

    • ruddoank

      W10M di lumia 520 q bagus, gak gampang panas, gak pake lag, cuman baterai rada boros dikit bro. tapi gak apaapa koq………..

  • ruddoank

    HADEUH mesti scan cleanner BUG and VIRUST melulu. itulah HEBAT nya si ROBOT IJO, heheheheheheheheheheeeeeeee, bukan maksud merendahkan TAPI kenyataan and FAKTA……………………………………………….

  • Muchamad Rifny Setyawan

    Tolong minta tutorial start screen mastah punya saya gini ada yang bisa ngasih saran biar tambah keren?

    • Nggak ada saran, karena pada dasarnya keindahan itu subyektif buat masing-masing orang.

      Coba aja lihat berbagai contoh start screen yang bertebaran, bisa juga dari teman-teman di sini, lalu kalau ada yang cocok, coba diterapkan.

    • Samuel Manjo

      Lumia brp tuh? Punyaku 3 kubik horizontal, disitu cuman 2?

      • Muchamad Rifny Setyawan

        Lumia 520

        Perasaan Semua Lumia bisa dijadikan 2 ubin kk ^_^
        ane pilih 2 ubin karena lebih produktif sama lebih cepat memanggil aplikasi

  • aditya

    Gan browser microsoft edge kok sering mental mental….kenapa ya…pakek browser apa yg mendukung Lumia 540

    • Nurcahya

      Microsoft Edge? berarti pake Windows 10 ya? jelas suka mental gan. masih tahap pengembangan, dan masih berbug, saya juga sering mental pake Edge di Mobile

  • RiDho Ahmad

    ngomong2 soal Seni Startscreen …

    • RiDho Ahmad

      All apps button Palsu :v :v :v

  • Reowijaya
  • Muzakki Fatch
  • Ahmadjawawi

    Disaat temen gue ngjek wp gue katanya hp apaan gk bisa COC, gue bilang restart brp kali tuh android buat legain RAM ??. WP Donk anti lag…

  • Evlan Mars

    Sedih lihat yang terakhir!

  • Gabe Auuu

    Betulll… Fakta WP lebih hemat quota…

  • Mochammad Reza

    Aplikasi #tileart nya keren abissss mantap dah

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Biasa saja

  • engatchesta

    Pengin nyoba sekali2 pk wp, tp dah kebayang hp tsb psti gak lama di tanganku, secara dah flexible bgt pk andro, bs diapain jg.. Btw, maju trs wp, smg bs lbh bagus lg n byk app tersedia..

  • Reza Fahlevy

    akhirnya pengguna Windows Phone sadar juga kalo WP ga sebagus Android yg membebaskan penggunanya, itulah kesuksesan Google

  • Ardan Legenda

    WP 8.1 + Cool tiles aja kok. :p

  • Ardan Legenda

    Cool tiles :)

  • Ridwan Ridho

    Senang dengan home screen-nya

  • Beni Setiawan

    Ikut nimbrung, meskipun berantakan hahaha :D :3

  • Nurul Z

    let me tell you something…
    WINDOWS PHONE IS SUCK!!!

    iyah, gue pake windows phone 10 dan android.
    dan gue bener2 dibuat stressed ama OS windows.
    apakah ini sekedar kegagapan karena terbiasa pake android??
    ga… ini bener2 mengganggu!
    ini windows ga bisa diapa2in…
    gue berasa kaya badut kalo pake ini HP.

    katamu di windows kita ga bisa modding aplikasi jadi gratisan sbg bentuk penghargaan kepada developer??
    faktanya… memang buuuuaaaanyaaaak aplikasi di android yg dari sananya uda gratisan, dan ga gratis di windows (itu juga kalo tersedia di windows).