Home PC 9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (1)

Windows 10 memang tidak bisa lepas dari adanya masalah, suka atau tidak tentunya kamu sendiri juga sering berkutat dengan masalah di Windows 10. Sebagai langkah pencegahan, Microsoft menyediakan beberapa tools yang dapat melakukan diagnosa sekaligus memperbaikinya (jika memungkinkan) baik itu disediakan secara build-in di Windows 10 ataupun secara terpisah yang dapat kamu download melalui web Microsoft.

Dan beberapa tools dibawah ini, worth kamu coba. Pililah tool sesuai dengan masalah yang sedang kamu hadapi di Windows 10.

Software Repair Tool

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (2)

Pada daftar pertama yang bisa kamu coba adalah Software Repair Tool. Dengan tool ini, maka kamu bisa memperbaiki permasalahan umum pada sistem seperti seperti Windows Update, komponen sistem yang korup dengan melalui serangkaian proses. Selengkapnya, Perbaiki Masalah Windows 10 dengan Software Repair Tool.

Start Menu Troubleshooting

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (1)

Sebagai eyecandy di Windows 10, Start Menu juga tidak lepas dari adanya masalah. Entah karena permasalah Start Menu yang tidak muncul, hang, not responding, dsb. Selengkapnya, Cara Menggunakan Start Menu Troubleshooter.

Windows Store Apps Troubleshooter

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (2)

Selain Start Menu, Windows Store juga banyak menjadi biang masalah yang dihadapi banyak user. Untuk itu Microsoft merilis tool yang dinamakan Windows Store App Troubleshooter, dimana tool ini bisa mendiagnosis dan memperbaiki masalah umum seperti Store yang Crash, not respoding, tidak bisa dibuka, dsb. Selengkapnya, Cara Menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di Windows 10.

Windows Update Troubleshooter Tool

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (3)

Jika kamu mengalami masalah pada Windows Update seperti download yang stuck ataupun mengeluarkan error code yang mana memang sering terjadi pada pengguna Windows 10. Maka kamu bisa mencoba Windows Update Troubleshooter untuk memperbaikinya.

Download Windows Update Troubleshooter (639 Bytes), kemudian ikuti semua instruksi dilayar seperti biasa hingga proses troubleshooting selesai.

Program Compatibility Troubleshooter

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (4)

Karena Windows 10 adalah sistem operasi baru, tidak sedikit aplikasi yang mengalami masalah kompatibilitas. Meskipun sebagian besar aplikasi terkenal sudah memberikan update dengan support Windows 10, tetapi masih banyak software lawas yang belum support Windows 10. Untuk itu, cobalah untuk menjalankan Program Compatibility Troubleshooter. Selengkapnya, Cara Menjalankan Program Compatibility Troubleshooter di Windows 10.

Activation Troubleshooter

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (5)

Khusus bagi pengguna Windows 10 versi 1607 (Anniversary Update), ketika kamu mengalami masalah pada bagian aktivasi, kamu bisa melakukan cara mudah berikut ini dengan menggunakan tool Activation Troubleshooter. Selengkapnya, Mengatasi Masalah Aktivasi Windows 10 dengan Activation Troubleshooter.

BSOD Troubleshooter

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (4)

BSOD (Blue Screen of Death) sering kali dihadapi banyak pengguna Windows, kebanyakan BSOD muncul karena masalah hardware dan driver yang tidak bekerja dengan baik. Nah buat kamu yang mengalami masalah ini, Microsoft merilis  BSOD Troubleshooter yang mana akan memberikan kamu solusi atas masalah yang kamu hadapi. Selengkapnya, Mengatasi Blue Screen (BSOD) Windows dengan BSOD Troubleshooter.

Storage Diagnostic Tool

Semenjak dirilisnya Anniversary Update, Microsoft menyematkan ultility tool (StorDiag.exe) yang bisa kamu eksekusi melalui Command Prompt. Tool ini dapat mendiagnosa masalah pada storage/penyimpanan.

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (6)

Untuk menjalankannya, kamu bisa membuka Command Prompt as Admin, lalu ketikan perintah StorDiag /? untuk melihat semua argument yang dapat kamu jalankan.

Refresh Windows Tools

9 Tool Troubleshooting Gratis untuk Windows 10 (5)

Terakhir kamu dapat menggunakan tool Refresh Windows. Seperti namanya, tool ini akan melakukan Refresh pada Windows 10. Kelebihan dari tool ini adalah kamu tidak memerlukan recovery media sama sekali, sebagai gantinya kamu diharuskan memiliki koneksi internet untuk mendownload Full ISO dari Windows 10 yang kamu gunakan. Tentunya tool ini bisa kamu jadikan opsi terakhir jika beberapa tool diatas tidak membantu. Perlu kamu ketahui tool ini hanya bekerja pada Build 14342 keatas. Selengkapnya, Cara Refresh Windows 10 dengan Tool Refresh Windows.

That’s it!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.