Belum beres bug yang menjadikan file dan data pengguna terhapus, seorang pengguna Reddit kembali menemukan bug unik di Windows 10 October 2018 Update!

Menurut pengguna Reddit tersebut, saat mengekstrak file dari arsip Zip menggunakan File Explorer Windows 10, maka sistem operasi tersebut akan gagal mengekstrak file dengan nama sama yang sudah ada di lokasi tersebut. Alih-alih menimpa file (yang biasanya merupakan opsi default saat hal semacam ini terjadi), tapi Windows malah tidak memberi tahu pengguna pilihan semacam itu. Malahan file akan langsung tersalin seakan-akan lancar tanpa hambatan.

Tentu saja ini bisa menimbulkan hilangnya data terbaru, yang akan menimbulkan masalah jika kamu sebenarnya tidak sengaja mengekstrak data. Biasanya jika kita berada dalam situasi semacam ini, maka kita akan melihat kotak dialog, sehingga kita bisa memilih untuk membatalkan (jika kamu tidak sengaja mengekstrak file ke path yang sama, sedangkan path tersebut berisi data terbaru kamu). Teman-teman yang sedang berjuang dengan skripsi dan tidak sengaja melakukan hal ini bisa menangis sedih karena kehilangan puluhan, bahkan mungkin ratusan data yang sudah diketik.

Menurut pengguna Reddit yang menemukan bug ini, masalah tersebut tidak terjadi di versi Windows 10 lama (hanya di Windows 10 October 2018 Update) dan juga tidak terjadi dengan aplikasi ZIP pihak ketiga. Oleh karena itu salah satu solusi yang disarankan adalah menginstal aplikasi ZIP pihak ketiga, seperti misalnya WinRAR.

Mungkin masalah ini bisa dianggap tidak seserius bug Penghapusan File yang terjadi minggu lalu. Akan tetapi tentu saja bug semacam ini tidak dapat dianggap remeh karena pasti semua pengguna ingin perangkatnya berjalan secara sempurna.

Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang bug ini di thread Reddit ini (jangan lupa menggunakan VPN jika Reddit masih terblokir di perangkat kamu).

 

Sumber: MSPoweruser

  AXIS HYPHONE Beneran Unlimited..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.