Beberapa hari terakhir ini nama ClubHouse tengah ramai diperbincangkan dalam beberapa hari terakhir ini. Tetapi pertanyaannya apa itu ClubHouse? melalui artikel ini WinPoin akan coba menjabarkannya secara lengkap.

Apa itu ClubHouse?

ClubHouse adalah sebuah media sosial yang berbasiskan audio chat, dimana pengguna bisa berinteraksi satu dengan lainnya dengan audio pada sebuah ruangan vitual.

Sebenarnya aplikasi ini sudah ada semenjak bulan April 2020, belakangan aplikasi ini di populerkan oleh Elon Musk melalui twitter-nya, dimana Musk mengajak presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk berdiskusi melalui aplikasi ClubHouse.

Cara Mendaftar di ClubHouse

Berbeda dengan media sosial lain yang sifatnya bebas, ClubHouse menggunakan sistem undangan. Jadi kamu baru bisa mengikuti kalau ada undangan atau ada yang merekomendasikan akun kamu untuk bergabung.

Kamu bisa daftar terlebih dahulu seperti biasa — nama, username, nomor tlp — dan akun kamu akan masuk pada waiting list. Akun kamu baru akan bisa bergabung dengan ClubHouse ketika salah satu orang pada kontak kamu sudah terdaftar pada aplikasi ini dan memberikan undangan/rekomendasi.

Note: Setiap pengguna ClubHouse hanya mendapatkan 2 undangan untuk dibagikan.

Tersedia Eksklusif untuk iOS

Saat perilisannya, ClubHouse hanya tersedia pada platform iOS dan iPadOS. Bukan tanpa alasan, hal ini karena baik iOS dan iPadOS memiliki ekosistem audio dan mikrofon yang baik sehingga dapat memaksimalkan pengalaman ketika menggunakan ClubHouse yang memang berfokus pada audio.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ClubHouse akan tersedia untuk platform Android. Alpha Exploration Co., selaku pengembang Clubhouse, mengatakan juga sedang mengerjakan ClubHouse untuk Android sejak Januari lalu, meskipun belum diketahui pasti kapan akan dirilis.

Bedanya dari Sosmed Lain?

Secara keseluruhan, ClubHouse ini sebenarnya hampir mirip dengan Discord, atau bahkan dengan sosial media lainnya yang juga memiliki fitur ruang virtual untuk berinteraksi. Hanya saja sistem pendaftaran ClubHouse yang eksklusif dan beberapa fitur dan tampilan yang difokuskan untuk mendengarkan obrolan, wawancara, hingga diskusi.

Para pengguna Clubhouse dapat mendengarkan diskusi mendalam tentang berbagai topik seperti secara langsung dari narasumber berkualitas.

Halaman awal, akan tertampil daftar ruang dan setiap ruangan akan tertampil siapa yang ada pada ruangan tersebut. Pengguna dapat bergabung ke ruang dengan cara mengetuknya, atau pengguna juga bisa membuat ruangannya sendiri.

Sejauh ini, sebagian besar ruang Clubhouse memiliki suasana seperti acara TED Talk, dimana saat narasumber berbicara, dan semua orang mendengarkan. Pengguna lain dapat bergabung dalam percakapan ketika moderator ruangan mengizinkan.

Itu dia penjelasan mengenai ClubHouse yang booming akhir-akhir ini. Sudah coba menggunakan ClubHouse? bagikan pendapat kamu melalui komentar.

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.