Saat menggunakan Windows, kamu mungkin akan menemukan file dengan format IPSW. Mungkin kamu akan bingung karena format ini tidak sering ditemui layaknya exe atau doc. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas mengenai file IPSW dan bagaimana cara membukanya di Windows.

Apa itu IPSW?

IPSW merupakan format file yang digunakan oleh Apple, biasanya format ini digunakan sebagai paket update untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod. Selain digunakan untuk update, file ini juga biasa digunakan ketika ingin restore perangkat Apple ke pengaturan pabrik. Tidak heran, jika file IPSW ini biasanya memiliki ukuran diatas 1 GB.

Jadi file IPSW ini mirip dengan file ISO yang ada di ekosistem Windows.

Bagaimana cara membuka file IPSW?

File IPSW biasa digunakan oleh aplikasi iTunes, yang mana aplikasi tersebut akan digunakan jika ingin menghubungkan perangkat Apple dengan Windows. Jadi jika kamu sudah install aplikasi iTunes, kamu bisa membuka file IPSW ini dengan cara klik 2x atau klik kanan > Open with > iTunes.

iTunes sendiri juga bisa digunakan untuk download file IPSW. Nantinya file IPSW akan tersimpan pada lokasi folder C:\Users\[nama]\AppData\Roaming\Apple Computer\iTunes\.

Karena pada dasarnya IPSW merupakan format arsip yang sama dengan ISO, maka kamu juga bisa membukanya dengan software pengarsip seperti 7-Zip.

Bolehkah menghapus file IPSW

Ya, jika kamu sudah menggunakan file IPSW tersebut untuk update perangkat Apple, kamu bisa menghapus file IPSW ini. Hal ini juga berguna jika ingin mengembalikan ruang penyimpanan yang terpakai, mengingat ukuran file ini yang biasanya di atas 1 GB.

Itu dia penjelasan mengenai file IPSW di Windows. Jika memiliki pertanyaan, kamu bisa menanyakannya melalui kolom komentar.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.