Di Windows 10 atau di Windows 11, jika kamu membuka Windows features (Turn windows features on or off), kamu mungkin akan mendapati tiga bagian ini (Hyper-V, Virtual Machine Platform dan Windows Hypervisor Platform), lalu apa sih ketiga hal tersebut, mengingat opsi tersebut opsional untuk kita install dan gunakan di Windows 10 dan Windows 11.

Oke, kita bahas secara singkat saja, dilansir dari halaman Resmi Microsoft, Hyper-V adalah komponen yang manambahkan management tool dan platform yang mana akan berfungsi untuk membuat dan menjalankan Virtual Machine di Windows 10 dan Windows 11, dapat dikatakan kamu bisa membuat virtual machine tanpa harus mendownload aplikasi third party seperti VirtualBox dan VMware, langkah instalasinya sendiri sangat mudah, kamu bisa langsung saja baca pada halaman WinPoin berikut: Cara Install Hyper-V di Windows 11

Untuk Windows Hypervisor Platform, jika komponen ini diaktifkan, ini akan mengaktifkan user-mode API component yang akan memungkinkan tumpukan third party virtualization app seperti VirtualBox, QEMU dan Docker untuk terhubung dan berinteraksi langsung dengan Hyper-V.

Sedangkan Virtual Machine Platform ini adalah komponen yang mengaktifkan dukungan Virtualizations untuk menjalankan Virtual Machine, komponen ini kita tahu sangat penting agar sistem Windows 11 bisa menjalankan Windows Subsystem for Linux dan Windows Subsystem for Android di Windows 11.

Nah ketiga hal tersebut tentunya bisa kamu dapatkan dan install secara optional melalui Windows Features, dimana saat ini ketiganya berada dalam posisi disabled.

Ketiga bagian tersebut memang memiliki nama yang hampir sama, namun ketiganya memiliki fungsi dan perannya masing masing, dan tentu ketiganya akan menambah system Windows 10 dan Windows 11 menjadi lebih powerfull seandainya pengguna memang benar benar mengoptimalkan fitur fitur tersebut.

Nah itulah sekilas mengenai perbedaan dari Hyper-V, Virtual Machine Platform dan Windows Hypervisor Platform, apakah kamu mengaktifkan salah satunya? atau bahkan semuanya? komen dibawah guys.

Via : Microsoft (link terkait)

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.