Windows 7, seperti yang kita tahu bahwa versi Windows 7 akan diproyeksikan berakhir pada 14 januari 2020 yang mana itu tepat satu bulan dari sekarang. Microsoft akhir akhir ini juga memulai kampanye yang lebih agresif kepada pengguna windows 7 untuk membuat mereka sadar bahwa mereka gak akan lagi dapat update apapun.

Kita sih sebagai penggemar dan pengamat sistem operasi Windows memang mungkin sudah tahu akan hal ini, dan memang sudah tahu juga dengan akhir dari Windows 7, namun diluar sana masih banyak pengguna yang belum sadar akan hal ini dan bahkan tidak sadar akan apa yang akan terjadi seandainya dukungan Windows 7 berakhir, makanya Microsoft makin agresif memberitahu pengguna akan akhir dukungan Windows 7.

Jadi guys, mulai 15 januari nanti Microsoft akan beralih ke peringatan Upgrade Full Screen yang akan ditampilkan di desktop yang masih menjalankan Windows 7, dan kamu perlu tahu hal ini.

Full Screen Notifications!

Pesan akan ditampilkan dengan sejelas mungkin untuk memberitahu pengguna bahwa Windows 7 gak lagi didukung dan isi pesannya adalah sebagai berikut:

“Your Windows 7 PC is out of support.
As of January 14, 2020, support for Windows 7 has come to an end. Your PC is more vulnerable to viruses and malware due to:

  • No security updates
  • No software updates
  • No tech support

Microsoft strongly recommends using Windows 10 on a new PC for the latest security features and protection against malicious software.”

Windows 8.1 Dilewat?

Windows 8.1 masih akan menerima update dan dapat menjadi versi OS yang layak digunakan pengguna Windows 7, namun Microsoft merekomendasikan pengguna untuk beralih ke Windows 10 dan pada saat yang sama mereka merekomendasikan pengguna untuk membeli sebuah PC baru, ya meskipun dalam kenyataannya menggunakan PC yang masih menjalankan Windows 7 bisa juga menjalankan Windows 10.

Notifikasi Sudah Ada!

Guys, perlu diketahui bahwa file notifikasi ini sudah dimasukan untuk pengguna Windows 7 yang kemarin kebagian patch tuesday desember 2019 kemarin. Lebih khususnya pada Rollup bulanan yang dikirimkan pada 10 desember ke Windows merupakan file yang dapat di eksekuri dan akan diluncurkan pertama kali pada 15 januari 2020 nanti. File ini disebut EOSnotify.exe dan terletak di %windir%\system32\.

Baca Juga : Apa itu Patch Tuesday di Windows 10? Berikut Penjelasannya!

Gak Mau Update? Abaikan Saja!

Beruntungnya dalam pesan notifikasi ini ada pilihan Don’t remind me again yang mana pengguna gak akan lagi dapat pemberitahuan ini seandainya mereka tidak mau melakukan upgrade.

Pengguna Update Berbayar (ESU) Program Tidak Akan Dapat Notifikasi!

Nah guys, untuk pengguna yang mendaftarkan perangkat mereka dalam Extended Security Program tidak akan mendapatkan notifikasi ini. Selain itu perangkat dengan Domain-joined machines atau systems yang berjalan di kiosk mode juga gak akan dapat notifikasi ini.

Baca Juga : Mulai April 2019, Microsoft Bakal Jualan Security Update untuk Windows 7!

Nah kawan kawan, kamu sebagai pengguna Windows 7 yang sering melakukan update harusnya sudah mendapatkan EOSnotify.exe yang tersimpan di %windir%\system32\ . Mulai 15 januari nanti aplikasi itu akan dieksekusi otomatis dan tentu saja pengguna masih bisa untuk mengabaikannya.

Baca Juga : Rasanya Pake Windows 7 Buat Kerja Ditahun 2019?

Nah pertanyaannya sudahkah kalian Upgrade? karena sampai saat ini saya masih pake Windows 7.

Sumber : News Softpedia

  Review Smartwatch Murah 2020  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.