Bulan ini bisa dibilang menjadi bulan yang penting bagi Apple dan para penggemarnya, dimana mereka merilis Macbook Pro 13, Macbook Air dan Mac Mini dengan Chip M1 yang katanya sangat cepat dan sangat optimal pada system operasi mereka.

Namun tentu untuk para pengguna yang masih membutuhkan Windows dan selalu melakukan dual boot dengan Bootcamp pada perangkat Apple mereka, perangkat ini sayangnya tidak mendukung Windows 10 karena Bootcamp tidak mendukung perangkat non Intel.

Tetapi pada dasarnya Windows 10 ARM mungkin secara teknis dapat berjalan juga diperangkat Apple dengan M1 ini, jika memang tidak terhalang dengan Lisensi Microsoft yang mana saat ini tidak mengizinkan Windows 10 ARM untuk digunakan oleh Apple, seperti yang diklaim Apple melalui suara Craig Federighi, SVP Software Engineering dalam wawancaranya dengan Arstechnica.

“That’s really up to Microsoft,” kata Craig Federighi. “We have the core technologies for them to do that, to run their ARM version of Windows, which in turn of course supports x86 user mode applications. But that’s a decision Microsoft has to make, to bring to license that technology for users to run on these Macs. But the Macs are certainly very capable of it.”

Sesuai dengan apa yang dikatakan, ini semua kembali pada keputusan Microsoft, apakah mereka akan membawa Windows ke Mac dengan memberikan lisensi teknologinya agar pengguna bisa menjalankan Windows 10, atau tidak sama sekali.

Lalu akankan Microsoft membuat hal ini terjadi?, kemungkinan besar adalah tidak, kenapa? karena pada dasarnya kedua perusahaan ini adalah saingan, dan keduanya tidak dapat bersama, dunia Windows dan Mac akan tetap terpisah, selain itu Microsoft juga pernah berkata “Microsoft only licenses Windows 10 on ARM to OEMs,” kata Microsoft dalam wawancaranya dengan The Verge, namun meskipun begitu, masih ada cara lain agar perangkat Mac dengan M1 bisa menjalankan aplikasi Windows, misalkan dengan CrossOver.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini?, akankah Microsoft bekerja sama dengan Apple agar perangkat Apple dengan M1 ini bisa menjalankan Windows 10 ARM?, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Arstechnica, 9to5Mac

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.