Audacity, siapa yang tidak kenal aplikasi ini, salah satu aplikasi Open Source yang memang cukup terkenal dikalangan para editor Audio, jika tidak Adobe Auditions, banyak yang menggunakan Audacity sebagai alternatifnya.

Bagi yang belum tahu, Audacity yang sudah berumur 21 tahun ini, secara resmi telah diakuisisi oleh Muse Group pada 30 April 2021 kemarin, tidak ada hal yang berubah diawalnya, dan Muse Group berjanji bahwa aplikasi akan tetap gratis dan akan tetap menjadi Open Source.

Namun, sebuah kabar mengejutkan hadir beberapa waktu ini, dimana Muse Group akhirnya telah memutuskan untuk menghasilkan uang melalui pengumpulan data yang dapat kamu lihat pada kebijakan privasi Audacity yang diperbarui pada 2 Juli 2021 kemarin.

Kebijakan privasi baru yang diperbarui tersebut akan memungkinkan Muse untuk mengumpulkan dan menjual data pengguna Audacity, dimana data tersebut akan mencakup versi dan nama OS, Alamat IP, CPU, kode kesalahan non-fatal dan pesan serta laporan kerusakan. Dan yang heboh baru baru ini, disebutkan bahwa data ini nantinya bisa dibagikan ke sejumlah pihak, termasuk penasihat, karyawan, dan perwakilan hukum Muse Group, termasuk tentunya “pembeli potensial” yang akan membuka peluang bisnis Muse Group di masa mendatang.

Lebih lanjut lagi Audacity juga mencatat bahwa data akan disimpan di European Economic Area (EEA), namun kadang data akan dibagikan dengan kantor utama Audacity di Rusia dan Penasehat Eksternal di AS.

Meskipun sempat membuat khawatir banyak orang, Daniel Ray, Kepala Muse Group telah mengeluarkan klarifikasi dan menyalahkan kata-kata yang buruk karena telah membuat banyak pengguna kebigungan, dia juga mencatat bahwa Muse sedang bekerja untuk meningkatkan kata-kata dari kebijakan tersebut.

We do understand that unclear phrasing of the Privacy Policy and lack of context regarding introduction has led to major concerns about how we use and store the very limited data we collect. We will be publishing a revised version shortly.

Catatan Penting…

Sebagai pengingat, kebijakan privasi baru ini akan berlaku untuk Audacity versi 3.0.3, dan jika kamu kini menggunakan Audacity 3.0.2, maka tidak ada data collections pada aplikasi tersebut.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.