Dalam event Ignite yang dilakukan secara online beberapa waktu lalu, Microsoft memperkenalkan sejumlah fitur baru yang akan hadir untuk OneDrive, layanan Cloud Storage milik-nya. Peningkatan dan fitur yang diberikan akan hadir baik itu untuk Web Client, Mobile Apps, dan fitur kolaborasi lainnya.

Terkait dengan hal tersebut, salah satunya adalah fitur yang akan hadir di Web Client, dimana nantinya OneDrive Web akan mendapatkan implementasi Dark Mode, yap fitur ini memang pernah dibahas dan diperkenalkan bulan Juni lalu, dan kini Microsoft telah mematangkan rencananya.

selain itu salah satu fitur yang akan ditambahkan ke OneDrive adalah opsi ‘Add to OneDrive‘ yang mana dengan itu akan mengijinkan pengguna untuk melakukan pin shortcut ke shared files di Libraries yang mereka punya. Lagi lagi fitur ini memang pernah dibahas pada bulan Juni lalu, dan sejak bulan Juli fitur ini sudah masuk sebagai Public Preview dan dapat pengguna aktifkan.

Sedangkan untuk OneDrive pada perangkat Mobile, Microsoft menambahkan home page baru untuk aplikasi dan dikenal sebagai OneDrive Home, pada halaman ini akan menampilkan Recent files, Shared libraries, dan Offline Documents pada tampilan utama, sehingga tentunya dapat memudahkan akses files didalamnya.

Untuk fitur ini sudah meluncur untuk pengguna iOS dan akan menyusul untuk perangkat Android.

Selain beberapa yang telah disebutkan diatas, OneDrive juga akan menambah fitur kolaborasinya dengan aplikasi lain, misalkan dengan Microsoft Teams yang nantinya pengguna akan dapat dengan mudah berbagi files di OneDrive langsung melalui halaman Microsoft Teams.

Selain itu ada juga Task Integrations baru untuk OneDrive, dan dua fitur baru lain yang akan hadir pada tahun ini yaitu ‘At a glance’ untuk membagikan office document dan diharapkan membantu pengguna memastikan konten apa yang berisi file bersama dan dukungan untuk kemampuan mengedit file offline di Android untuk iOS. Selain itu ada juga kemampuan bagi admin untuk memantau laporan sinkronisasi dari per-user basis untuk melakukan monitor file sync terhadap issues and errors.

Cukup banyak memang yang diperkenalkan dan kembali dibahas Microsoft pada Event Ignite beberapa waktu lalu, dan tentu dari semua fitur yang akan diberikan, semuanya akan bermanfaat untuk digunakan, salah satunya adalah ‘Add to OneDrive‘ yang bahkan saingannya Google Drive sudah mendapatkan fitur serupa sejak lama.

Nah bagaimana menurutmu dengan fitur diatas?, silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Neowin

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.