Menerima Windows Phone

Menjelang Natal, Sinterklas mengunjungi Edo, penggemar Windows yang ganteng dan lama menjomblo. “Hohoho… Katakan keinginanmu nak. Akan aku kabulkan!”

Edo memandang takjub, “Baiklah Santa. Saya ingin pacaran dengan gadis yang kecantikannya tersohor di dunia hingga kini, misalnya Marilyn Monroe, Cleopatra, Putri Syahrazade….”

“Yang realistis lah Nak!” Sinterklas memotong perkataan Edo dengan nada yang sabar.

Edo tercenung, “Ya sudah, kalau gitu saya ingin Windows Phone mendominasi pasar mobile di atas iOS dan Android!”

Sinterklas ganti tercenung, “Baiklah, kamu pilih siapa untuk jadi pacar. Cleopatra, atau Putri Syahrazade?”

 

Oke, saat ini memang fakta bahwa pangsa pasar Windows Phone jauh tertinggal dari Android dan iOS dengan perbandingan yang fantastis, bahkan kita masih harus menghadapi kenyataan bahwa pangsa pasar Windows Phone kembali berkurang sekitar 35% sekitar November kemarin. Berbagai masalah juga terus muncul seperti lambatnya upgrade ke Windows 10 Mobile yang dijanjikan Microsoft, beberapa developer seperti Snapchat dan Quora menolak untuk membuatkan aplikasi untuk Windows Phone, flagship yang kurang memenuhi ekspektasi dari segi desain, dan banyak lagi. Ini menjadikan para pengguna kalut, dan dalam periode yang meresahkan ini, banyak calon pengguna yang menahan diri untuk mengadopsi Windows Phone, serta makin banyak yang berpindah platform.

Untuk kamu yang masih setia memeluk platform ini, atau kamu yang sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Windows Phone sebagai teman harian kamu, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Windows Phone agar nantinya kamu bisa lebih ikhlas dan rela dalam menggenggam Windows Phone dalam segala kelebihan dan kekurangannya.

 

Windows Phone adalah sesuatu yang berbeda

Menerima Windows Phone

Kamu harus dapat menerima bahwa Windows Phone adalah sesuatu yang berbeda. Ini bukan Android yang kekurangan aplikasi ataupun iOS yang lebih terbuka. Pada dasarnya (dan nantinya dengan rencana Windows 10 hal ini akan semakin Nampak) Windows Phone adalah perpanjangan perangkat desktop Microsoft. Perangkat ini direncanakan sebagai versi ringkas dari desktop Microsoft, yang mana memudahkan kamu mengakses berbagai layanan Microsoft seperti Outlook, Skype, Office, OneDrive, dan sebagainya. Jadi jika kamu sudah berinvestasi di ekosistem Microsoft, Windows Phone akan membantu kamu mengakses semua fasilitas di platform tersebut. Perlu diperhatikan juga bahwa ‘membantu kamu mengakses semua fasilitas di platform’ kadang bukan berarti kamu ‘mendapatkan fitur terlengkap dan paling utama’, karena faktanya Microsoft juga menghadirkan layanan serupa di platform lain dengan biaya tertentu (yang lebih tinggi dari di Windows Phone). Hal ini perlu kamu cermati.

Jadi jika kamu mengharapkan dukungan aplikasi trendy yang melimpah, jangan jadikan Windows Phone favorit kamu, karena Windows Phone kurang mendukung hal ini. Jika kamu bersabar, mungkin perlahan hal ini akan berubah dan Windows Phone akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari developer untuk merilis aplikasi. Namun jangan jadikan ini tujuan kamu yang utama karena kamu akan kecewa.

Kamu juga harus menyadari bahwa Windows Phone memiliki cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Jangan samakan penggunaan Facebook di Windows Phone akan sama dengan Android. Namun tentu saja bukan hanya hal minus-minus yang didapatkan Windows Phone. Aplikasi di Windows Phone juga memiliki kelebihan, antara lain secara umum terintegrasi dengan Live Tile sehingga memudahkan kamu untuk menyematkan aplikasi ke start screen untuk akses yang lebih cepat.

 

Kenali karakter Windows Phone dan Kesesuaian dengan Kebutuhan Kamu

Menerima Windows Phone

Live Tile kelihatan membosankan karena kotak-kotak? Itu pendapat subjektif karena pendapat beberapa orang (termasuk saya pribadi), Live Tile ini memudahkan kita mengakses informasi dan mendapatkan informasi singkat secara cepat dan mudah, cukup melirik pada layar start screen.

Jadi jika kemudahan menyematkan informasi ke layar depan sangat mendukung aktivitas dan sesuai dengan karakteristik kamu, maka kamu mendapatkan ponsel yang cocok!

Kamu juga perlu memahami karakter multitasking Windows Phone yang cenderung bersifat pseudo-multitasking karena pada dasarnya aplikasi yang dibuka tersebut akan ‘ditidurkan’ oleh Windows Phone, mengakibatkan proses resuming yang seringkali mengganggu kita saat ingin menggunakan aplikasi dengan cepat. Namun ini dikompensasikan dengan baterai yang cenderung lebih awet.

Selain itu seorang teman juga pernah mengatakan bahwa dia merasa pusing mengikuti alur scroll start screen Windows Phone, apalagi jika scroll dilakukan dengan cepat. App list yang dibentuk seperti sebuah daftar urut alphabet juga seringkali tidak nyaman diakses. Tentu saja kita yang sudah terbiasa dengan pola dan karakter Windows Phone yang satu ini tidak merasakan hal semacam itu.

Jika kamu dapat menerima semua karakter khas, keunikan, kekurangan dan kelebihan perangkat ini, maka barulah kamu selangkah lebih maju untuk menerima Windows Phone apa adanya tanpa perlu membandingkannya dengan platform lain yang ada.

 

Temukan Keasyikan dalam Windows Phone

Menerima Windows Phone

Windows Phone memiliki banyak hal yang mungkin sepintas sederhana, namun mengasyikkan dan keren.

Pernah pamer melakukan presentasi dengan memanfaatkan Windows Phone sebagai pengendali? Di lingkungan kerja saya pernah melakukan ini dengan Remote Office. Mengendalikan slide dengan Windows Phone lebih mudah daripada jika kamu memanfaatkan perangkat lain (yang meskipun bisa juga melakukannya jika kamu mau beribet-ribet mencari aplikasi khusus dan mengakalinya sedikit). Belum lagi dengan menancapkan kabel data, kamu bisa memproyeksikan layar Windows Phone dengan mudah ke PC atau laptop.

Menghubungi dan stalking teman atau orang terdekat sangat mudah karena tinggal memanfaatkan pin profile di start screen. Ini memudahkan kamu tetap mengikuti orang-orang yang penting bagi kamu.

Belajar fotografi? Secara default Windows Phone memiliki pengaturan manual yang memudahkan kamu untuk belajar memperhitungkan ISO, shutter speed, dan white balance untuk menghasilkan foto yang artistik dan keren.

Mencatat segala sesuatu lebih mudah memanfaatkan OneNote, dan ini terintegrasi langsung ke Desktop jika kamu menggunakan Microsoft Office. OneDrive juga sangat membantu untuk menyimpan data serta dokumen kamu lintas desktop dan perangkat seluler.

Memegang dan menekuni Windows Phone memberikan kesan renegade, pemberontak yang berbeda dengan lingkungan sosial sekitarnya. Karena di dunia yang didominasi Android dan iOS ini, kamu adalah antimainstream yang berpikir berbeda! Kalau kamu menikmati perasaan menjadi sosok yang unik semacam ini, maka Windows Phone cocok untuk kamu.

 

Kesimpulan

Dengan menerima Windows Phone seutuhnya sebagai sesuatu yang berbeda, maka kamu tidak perlu lagi merasa harus melakukan ‘kejar-kejaran’ dengan Android dan iOS, dalam artian meratapi aplikasi apa yang belum ada atau mempertanyakan mengapa Android dan iOS mampu melakukan hal tertentu, tapi Windows Phone tidak. Biarlah Windows Phone tetap sebagai Windows Phone – perangkat kecil yang cocok buat kamu melakukan pekerjaanmu sehari-hari, menghiburmu di kala susah dan senang, tanpa perlu sibuk membandingkannya dengan entitas lain di dunia. Semua keunikan yang dimilikinya membanggakan dan segala kekurangannya bukanlah masalah karena itu sudah cukup untuk menemani kamu. Kamu akan lebih bahagia ketika berhasil menerima Windows Phone sebagai… Windows Phone!

*PS: Nasihat ini sebenarnya juga berlaku untuk kamu yang sudah punya pacar. Jika sibuk memimpikan Elaine, kamu tidak akan sadar betapa pacar imutmu yang setia sebenarnya sudah melakukan banyak hal untuk kamu!

IMG_2234

 

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.