Home Editorial Berdamai dengan Dunia – Menerima Windows Phone sebagai… Windows Phone

Berdamai dengan Dunia – Menerima Windows Phone sebagai… Windows Phone

Menerima Windows Phone

Menjelang Natal, Sinterklas mengunjungi Edo, penggemar Windows yang ganteng dan lama menjomblo. “Hohoho… Katakan keinginanmu nak. Akan aku kabulkan!”

Edo memandang takjub, “Baiklah Santa. Saya ingin pacaran dengan gadis yang kecantikannya tersohor di dunia hingga kini, misalnya Marilyn Monroe, Cleopatra, Putri Syahrazade….”

“Yang realistis lah Nak!” Sinterklas memotong perkataan Edo dengan nada yang sabar.

Edo tercenung, “Ya sudah, kalau gitu saya ingin Windows Phone mendominasi pasar mobile di atas iOS dan Android!”

Sinterklas ganti tercenung, “Baiklah, kamu pilih siapa untuk jadi pacar. Cleopatra, atau Putri Syahrazade?”

 

Oke, saat ini memang fakta bahwa pangsa pasar Windows Phone jauh tertinggal dari Android dan iOS dengan perbandingan yang fantastis, bahkan kita masih harus menghadapi kenyataan bahwa pangsa pasar Windows Phone kembali berkurang sekitar 35% sekitar November kemarin. Berbagai masalah juga terus muncul seperti lambatnya upgrade ke Windows 10 Mobile yang dijanjikan Microsoft, beberapa developer seperti Snapchat dan Quora menolak untuk membuatkan aplikasi untuk Windows Phone, flagship yang kurang memenuhi ekspektasi dari segi desain, dan banyak lagi. Ini menjadikan para pengguna kalut, dan dalam periode yang meresahkan ini, banyak calon pengguna yang menahan diri untuk mengadopsi Windows Phone, serta makin banyak yang berpindah platform.

Untuk kamu yang masih setia memeluk platform ini, atau kamu yang sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Windows Phone sebagai teman harian kamu, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Windows Phone agar nantinya kamu bisa lebih ikhlas dan rela dalam menggenggam Windows Phone dalam segala kelebihan dan kekurangannya.

 

Windows Phone adalah sesuatu yang berbeda

Menerima Windows Phone

Kamu harus dapat menerima bahwa Windows Phone adalah sesuatu yang berbeda. Ini bukan Android yang kekurangan aplikasi ataupun iOS yang lebih terbuka. Pada dasarnya (dan nantinya dengan rencana Windows 10 hal ini akan semakin Nampak) Windows Phone adalah perpanjangan perangkat desktop Microsoft. Perangkat ini direncanakan sebagai versi ringkas dari desktop Microsoft, yang mana memudahkan kamu mengakses berbagai layanan Microsoft seperti Outlook, Skype, Office, OneDrive, dan sebagainya. Jadi jika kamu sudah berinvestasi di ekosistem Microsoft, Windows Phone akan membantu kamu mengakses semua fasilitas di platform tersebut. Perlu diperhatikan juga bahwa ‘membantu kamu mengakses semua fasilitas di platform’ kadang bukan berarti kamu ‘mendapatkan fitur terlengkap dan paling utama’, karena faktanya Microsoft juga menghadirkan layanan serupa di platform lain dengan biaya tertentu (yang lebih tinggi dari di Windows Phone). Hal ini perlu kamu cermati.

Jadi jika kamu mengharapkan dukungan aplikasi trendy yang melimpah, jangan jadikan Windows Phone favorit kamu, karena Windows Phone kurang mendukung hal ini. Jika kamu bersabar, mungkin perlahan hal ini akan berubah dan Windows Phone akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari developer untuk merilis aplikasi. Namun jangan jadikan ini tujuan kamu yang utama karena kamu akan kecewa.

Kamu juga harus menyadari bahwa Windows Phone memiliki cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Jangan samakan penggunaan Facebook di Windows Phone akan sama dengan Android. Namun tentu saja bukan hanya hal minus-minus yang didapatkan Windows Phone. Aplikasi di Windows Phone juga memiliki kelebihan, antara lain secara umum terintegrasi dengan Live Tile sehingga memudahkan kamu untuk menyematkan aplikasi ke start screen untuk akses yang lebih cepat.

 

Kenali karakter Windows Phone dan Kesesuaian dengan Kebutuhan Kamu

Menerima Windows Phone

Live Tile kelihatan membosankan karena kotak-kotak? Itu pendapat subjektif karena pendapat beberapa orang (termasuk saya pribadi), Live Tile ini memudahkan kita mengakses informasi dan mendapatkan informasi singkat secara cepat dan mudah, cukup melirik pada layar start screen.

Jadi jika kemudahan menyematkan informasi ke layar depan sangat mendukung aktivitas dan sesuai dengan karakteristik kamu, maka kamu mendapatkan ponsel yang cocok!

Kamu juga perlu memahami karakter multitasking Windows Phone yang cenderung bersifat pseudo-multitasking karena pada dasarnya aplikasi yang dibuka tersebut akan ‘ditidurkan’ oleh Windows Phone, mengakibatkan proses resuming yang seringkali mengganggu kita saat ingin menggunakan aplikasi dengan cepat. Namun ini dikompensasikan dengan baterai yang cenderung lebih awet.

Selain itu seorang teman juga pernah mengatakan bahwa dia merasa pusing mengikuti alur scroll start screen Windows Phone, apalagi jika scroll dilakukan dengan cepat. App list yang dibentuk seperti sebuah daftar urut alphabet juga seringkali tidak nyaman diakses. Tentu saja kita yang sudah terbiasa dengan pola dan karakter Windows Phone yang satu ini tidak merasakan hal semacam itu.

Jika kamu dapat menerima semua karakter khas, keunikan, kekurangan dan kelebihan perangkat ini, maka barulah kamu selangkah lebih maju untuk menerima Windows Phone apa adanya tanpa perlu membandingkannya dengan platform lain yang ada.

 

Temukan Keasyikan dalam Windows Phone

Menerima Windows Phone

Windows Phone memiliki banyak hal yang mungkin sepintas sederhana, namun mengasyikkan dan keren.

Pernah pamer melakukan presentasi dengan memanfaatkan Windows Phone sebagai pengendali? Di lingkungan kerja saya pernah melakukan ini dengan Remote Office. Mengendalikan slide dengan Windows Phone lebih mudah daripada jika kamu memanfaatkan perangkat lain (yang meskipun bisa juga melakukannya jika kamu mau beribet-ribet mencari aplikasi khusus dan mengakalinya sedikit). Belum lagi dengan menancapkan kabel data, kamu bisa memproyeksikan layar Windows Phone dengan mudah ke PC atau laptop.

Menghubungi dan stalking teman atau orang terdekat sangat mudah karena tinggal memanfaatkan pin profile di start screen. Ini memudahkan kamu tetap mengikuti orang-orang yang penting bagi kamu.

Belajar fotografi? Secara default Windows Phone memiliki pengaturan manual yang memudahkan kamu untuk belajar memperhitungkan ISO, shutter speed, dan white balance untuk menghasilkan foto yang artistik dan keren.

Mencatat segala sesuatu lebih mudah memanfaatkan OneNote, dan ini terintegrasi langsung ke Desktop jika kamu menggunakan Microsoft Office. OneDrive juga sangat membantu untuk menyimpan data serta dokumen kamu lintas desktop dan perangkat seluler.

Memegang dan menekuni Windows Phone memberikan kesan renegade, pemberontak yang berbeda dengan lingkungan sosial sekitarnya. Karena di dunia yang didominasi Android dan iOS ini, kamu adalah antimainstream yang berpikir berbeda! Kalau kamu menikmati perasaan menjadi sosok yang unik semacam ini, maka Windows Phone cocok untuk kamu.

 

Kesimpulan

Dengan menerima Windows Phone seutuhnya sebagai sesuatu yang berbeda, maka kamu tidak perlu lagi merasa harus melakukan ‘kejar-kejaran’ dengan Android dan iOS, dalam artian meratapi aplikasi apa yang belum ada atau mempertanyakan mengapa Android dan iOS mampu melakukan hal tertentu, tapi Windows Phone tidak. Biarlah Windows Phone tetap sebagai Windows Phone – perangkat kecil yang cocok buat kamu melakukan pekerjaanmu sehari-hari, menghiburmu di kala susah dan senang, tanpa perlu sibuk membandingkannya dengan entitas lain di dunia. Semua keunikan yang dimilikinya membanggakan dan segala kekurangannya bukanlah masalah karena itu sudah cukup untuk menemani kamu. Kamu akan lebih bahagia ketika berhasil menerima Windows Phone sebagai… Windows Phone!

*PS: Nasihat ini sebenarnya juga berlaku untuk kamu yang sudah punya pacar. Jika sibuk memimpikan Elaine, kamu tidak akan sadar betapa pacar imutmu yang setia sebenarnya sudah melakukan banyak hal untuk kamu!

IMG_2234

 

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • yha mimin masang poto cewe
    bikin nosebleed

    • Fakhrur Rozi

      Untubg bkn beby yg d pasang, wkwkwkw,
      Btw, semua isi d atas bner bgt, yg ini la yg itu lah, segala ny selalu org sekitar saya mwmbandingkn dg ribot ijo atu ipun, pdhl ini cm mslh selera doang,

      • beby yang ini..??

        • Fakhrur Rozi

          wweeekkkk, eike ga suka yg gondrong sayang, tpi boleh jg la, wkwkwkwk

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      itu cuma polesan doang.. yang jones pada ngeler alias ngiler

  • ADIL

    wota ya min??

    • Eh… Anno… Etto…

  • Geralt of Rivia

    Elaine tuh sapa?

    • Cewek manis yang barusan promo Honda bersama teman-temannya di Surabaya

      ( 0 0)/

  • Ardan Legenda

    Judulnya jadi bikin ingat “rahasia membuat seorang wanita menjadi wanita” :v

  • Agil Faisal Rahman

    windows phone tuh kece… ane pernah presentasi dari wp… lumia ane kan 630… nah mesti pake kabel… cuma modal aplikasi proyeksi layar… langsung deh presentasi… hasilnya orang2 pada takjub sama hp nya… ealahh malah pada salah fokus… terlebih pas di pake buat nobar… kece dah windows phone… sekedar tambahan… temen2 ane pada ngiler sebenernya sama fitur word flow keyboard… hehehe…

    • Nurcahya

      gimana cara proyeksiin layarnya?
      pake project my screen kah? tapi di Windows 10 Mobile saya tidak melihat fitur ini lagi. gimana caranya ya?

      • Agil Faisal Rahman

        install aplikasi project my screen buat pc nya gan… cari aja di google… tar klo udah di install sambil colok lumianya… jalanin dah aplikasi yg di pc nya… tar di lumia bakal nongol dah permintaan buat proyeksi ato ga…

      • perfectminor

        Uninstall terlebih dahulu smartphone Lumia agan di device manager di PC, kemudia uninstall juga Project My Screennya, kemudia install lagi Project My Screen, kemudian hubungkan kembali smartphone Windows Phone agan.

  • Dimas Kwarizmi Wardoyo

    Gara gara terlanjur beli dijual harganya jatuh jd kepaksa. Dan terjadilah bangun cinta, bukan cinta.haha:v

  • Billymadrid

    Nasib jd minoritas

  • Errrr… Yang ngantri satu fanbase kayaknya… (- -)>

  • Mungkin badai akan menerbangkan dirimu bersama bebek ke Neptunus. ( 0 0)/

    • BUDI

      Bisa kembali lagi kok make Hissatsu teleport

  • Petter Tesla

    Itu kayaknya disengaja oleh microsoft karena ungin memaksimalkan service mereka yaitu onedrive..

  • Petter Tesla

    Ini adalah proyeksi dari Satya Nadella..dia cm mau jualan layanan..perangkat baik desktop, laptop,tablet dan windowsphone hanya device input dan output saja..makanya nokia yg sdh terlanjur dibeli oleh CEO sebelumnya tidak dikembangkan dengan baik..klo seperti ini lebih baik nokia dijual kembali saja..pasti lebih bisa berkembang..contohnya here bisa hengkang karena microsoft kekeh dgn windows map nya yg sdh jelas kualitasnya dibawah here..

    • tezzs

      setuju banget gan pendapatnya seandainya saja mikocok bisa bekerjasama dalam menciptakan map yang lebih unggul kenapa tidak bekerjasama dengan here yang notabene sudah bagus mungkin wiindows mapnya bisa lebih unggul dibanding yang lain

      • riyusaiba

        Kasian ya Microsoft di panggil mikocok, hahahahaha

      • Petter Tesla

        Map di WP masih kalah sama OS sebelah..klo andro punya street view..klo di WP pakai apa ya..mgkn ada yg tau ?

    • Whyu Wa

      pada dasarnya emg MS itu gk jualan device, mereka cm jualan software dari dulunya jd buat pengalaman bikin device gk ada jd emg hrs dikembailan ke nokia sebagai divisi ponsel, biarkan mereka yg bekerja jf MS cm support os ama layanan dibawah naungan microsoft

    • perfectminor

      Inget ya gan, yang dibeli Microsoft itu lini perangkat keras handphone Nokia, Windows Phone itu sudah dari dulu punya Microsoft :)
      Maju atau nggaknya Windows Phone / Windows 10 Mobile masih jadi tanggung jawab dari Microsoft, karena mereka dahulu jualan OS Windows Phone dan punya ambisi Windows Phone digunakan di semua OEM seperti Google punya android yang di gunakan oleh hampuir seluruh OEM smartphone di dunia.

      • Petter Tesla

        Lantas apa tujuannya microsoft membeli Nokia ???? Klo perangkat kerasnya lebih laku dibanding merk lain harusnya lebih dibuat superior donk…artinya update utk device Nokia lebih diperhatikan..

    • Randhika

      Ente BUTA Merek :-)

      • Petter Tesla

        Maksud Lo apa ???

  • Cewek di artikel di atas gak berhijab, saya suka yang tertutup

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Gk salah tuh?

    • indratristyan

      Sepertinya menggunakan majas..

      • Ukasyah Rahmatullah Zada

        Majas perumpamaan.. Hahaa..

    • Maksudnya Windows Phone bukan “Android yang kekurangan aplikasi” (dalam artian OS yang sama seperti Android tapi kurang aplikasi).

      Orang awam sering tidak mempedulikan perbedaan karakteristik OS dan berakhir pada kesimpulan: OS mana saja sama saja. Inilah yang kemudian memicu kekecewaan ketika menemukan ternyata kok Windows Phone tidak selengkap Android dan benar-benar berbeda.

      • Ukasyah Rahmatullah Zada

        Yapp, gw tw, hnya mmstikn..

  • Install Remote Office di Windows Phone dan PC/laptop. Nanti Indra bisa terhubung dengan laptop lewat Bluetooth, lalu menjalankan Office yang ada di PC/laptop menggunakan Windows Phone.

    Keren loh. Coba bayangkan, ketika sedang presentasi, Indra lalu tinggal tap ponsel, kemudian presentasi muncul di layar, sementara Indra dengan cuek menjelaskan poin-poin presentasi itu.

    • Andhy

      Saya sudah install remote office di wp dan lepi. Tapi, pas nyalain bluetooth sama2 ga mendeteksi. Tolong petunjuknya suhu
      Admin Winopoin, layaknya lumayan tuh nulis berita tentang remote office

      • Iya deh, nanti aku buatkan artikelnya. Masalah nggak terhubungnya itu yang agak susah, karena aku kadang menemukan laptop tertentu susah nyambung.

  • ad galiih

    Yeee
    Im windowsphone
    Kelak nokia mudah²an cabut dr ms tp tetep mengusung os WP

  • Meigi Shafardi

    Windows Phone, Memang Beda :v :v

    • yaya

      kyak ada manis manis nya…

    • Dengan suara Memang Beda yang minjem punya sebelah :D

  • YBF

    nungguin os nya di porting ke android aja dah :D

    l930 mau up win 10 sepertinya memory nya gak menjanjikan nih, gara2 gak ada ext memory :(

    • Nurcahya

      Hardreset dulu aja atuh. trus pindahin lagu, video, photo ke Hardisk.
      dan apus dulu aplikasi yang tidak penting

  • Retro.ngalam

    Dan mencoba tuk bertahan…..

  • Remote Office connect ke PC lewat kabel atau Wifi ya Min ❔

    • Lewat Bluetooth…

  • yaya

    windowsphone didadaku…

  • Wahid Budi Prasetyo

    Untuk saat ini instagram dan bbm menjadi app favorit di windows phone yang ditunggu update nya sampai sekarang. Kalau layanan microsoft sendiri mungkin butuh lebih pengembangan. Cortana saja belum support bahasa indonesia. voice search, speech, music search juga belum support. Padahal os sebelah di indonesia sudah bisa offline translate lewat kamera, asisten pribadi yang support bahasa indonesia, text to speech juga sudah support. Yang menunggu kita, tapi yang merasakan nanti pindahan dari os sebelah. Soalnya mereka bisa beli baru kalau tertarik sama fitur baru di windows 10 mobile. Kita masih pake yang lama.

    • perfectminor

      Aplikasi Translate Windows 10 Mobile dan Aplikasi Translate Windows Phone 8 sudah bisa kok translate lewat kamera.
      Kalo Speech untuk Bahasa Indonesia tersedia, pasti Cortana akan tersedia di region Indonesia, termasuk juga Voice Navigation aplikasi Maps Windows 10 Mobile.

      • Wahid Budi Prasetyo

        Yap. Aplikasi kamera memang bisa, tapi masih harus online. Dan juga offline pack indonesia-english belum tersedia. Memang tiga fitur itu juga saya nantikan. Termasuk juga fitur saran pada saat mengetik pencarian di bing. Itu sangat saya nantikan. Saya merasa kalau bing dan layanan microsoft lainnya masih jauh dibelakang google untuk layanan internasional. Yang menurut saya bisa unggul hanya onedrive, office, dan outlook saja.

  • Yuanda Purwa

    Kalo boleh jujur, mulai tertarik make WP (yg saat ini saya pakai Lumia 640XL) karena Win10 Mobile. Kemaren udah pernah nyoba win 7, 8, 8.1 hasilnya yah tergolong rumit buat orang awam (termasuk saya). Tapi semenjak coba yang Win 10, saya mulai tertarik memboyong lumia dan untuk orang awam di Windows Phone gak bakal sulit makenya. Jadi saya yakin pertumbuhan Device Lumia bakalan bagus kalau presentasinya d depan orang awam bagus sehingga mereka jadi tertarik untuk mencobanya.

    NB:
    Elaine?
    Nope, masih lucuan Shania Gracia… :3

    • Gak da yg lucu diantara mereka br-2..wkwkwkwk

  • Muhammad Hafiz Nurdin

    Naaaaaah.. Tulisan ini ngewakilin gw bingits..
    Terima windows phone dgn sgla kekurangan dan kelebihannya, lalu nikahi..
    Maka km akan punya anak mirip seperti jendela.. Wkwkwkwk

    MANTAP, min.. GERRRR nya berantakan!!

  • Whyu Wa

    “Windows Phone adalah sesuatu yang berbeda”

    malah sekarang gk ada bedanya sama ponsel lain, jika dilihat dari “Perangkat ini direncanakan sebagai versi ringkas dari desktop Microsoft, yang mana memudahkan kamu mengakses berbagai layanan Microsoft seperti Outlook, Skype, Office, OneDrive, dan sebagainya.” justru malah sekarang berbagai layanan microsoft sudah ada dimana2 di android maupun ios, bahkan cortana ikut serta… :D

    • Berbedanya dari karakter dan cara penggunaan. Coba kasihkan Windows Phone ke teman yang terbiasa pegang Android, dijamin bingung tujuh turunan.

      Seperti yang aku tulis: versi ringkas dari desktop Microsoft – bukan berarti layanan yang diberikan adalah layanan yang berbeda dan lebih baik. Di OS lain mungkin lebih baik, tapi Microsoft menarik biaya yang lebih mahal, misalnya Office di iOS. Mahal banget loh…

      Mindset bahwa Windows Phone sama dengan OS lain ini malah menjebak. Karena yang memakai Windows Phone lalu mengharapkan fungsinya sama seperti Android dan iOS, bisa OTG, bisa main CoC, serta ngikut Veranda, Shania, Ghaida main monopoli di Line… (- -)>

      • perfectminor

        Paling nggak ya bisa USB OTG ki, sepertinya udah jadi standarnya smartphone ki, kalo lagi dijalan gak ada PC gak ada internet cepet mesti nyari PC dulu? mesti nyari internet cepet buat buka OneDrive?
        Microsoft dan Joe Belfiore tuh ngibul USB OTG sejak presentasi Windows Phone 8.1.

        • Nah, itulah yang aku khawatirkan. Karena nggak ada yang namanya “standar smartphone” itu. Orang cenderung menuntut performa platform berdasarkan platform lainnya.

          Inilah hal yang ingin aku sampaikan melalui tulisan ini.

          • I know it so well. Karena kebanyakan awam belajar sesuatu dari iklan. Gak heran masih banyak awam yang gak tahu sejatinya fungsionalitas dari smartphone yang mereka tenteng. Berbeda dengan orang “sono” yg cenderung menggunakan device sesuai fungsionalitas dan segment kebutuhan mereka.

          • perfectminor

            Ya kalo memang Windows Phone gak bisa ada fitur USB OTG, ya gak usah di demoin tuh waktu baru2 Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile.

          • Oh, kalau spesifik fitur itu memang ada mulai Lumia 950 ini. Tapi lini Windows Phone terbitan sebelum itu memang nggak bisa.

      • Muhamad Al-Isrö

        Memang fakta mas kiki, temen saya si pecinta android, blum lagi megang dan di pakenl, baru liat start screen nya aja udah bilang “apa gak susah lah punya hp kayak gini, gak mudeng” padahal sesederhana itu windowsphone

  • Whyu Wa

    “Berbagai masalah juga terus muncul seperti lambatnya upgrade ke Windows 10 Mobile yang dijanjikan Microsoft,”

    curcol om kiki galau,, kita jg galau om heheh

  • Muhamad Al-Isrö

    Karena gak bgitu butuh aplikasi2 trend. Saya udah sangat nyaman dngan windowsphone

    • perfectminor

      Pasrah ya gan, sama seperti saya, gak mau debat ejek ejekan OS kayak bocah :D

      • Muhamad Al-Isrö

        Sebenernya banyak pengguna android itu mengatakan kalau windows 10 Mobile itu bagus..

        • perfectminor

          Saya belum pernah dengar tuh gan, bagus di mananya yak :D
          USB Modem gak ada,
          USB OTG gak ada,
          App & game banyak yang gak ada (App gap)

          Harga gak sebanding jika dibandingkan dengan smartphone lain.

          Ya intinya sih memang harus menerima kenyataan, dan karena cuma punyanya Windows Phone doang, jadi mau diapain lagi.
          Ya anggep aja gw make Symbian S60/S40 cuma ganti nama jadi Windows Phone.

          • Muhamad Al-Isrö

            Hehehe karenakebanyakan mereka yg awam terkecoh, mreka gak mikir sampe kesitu.. Terlebih yg blum pernah nyoba lumia.. Mereka hanya taunya “windows 10 di hp. Kerenn.. Haha

  • RiDho Ahmad

    supeeerrrrrr mantap
    perasaan ini yg harus dimiliki semua pengguna WP

  • RiDho Ahmad

    artikel penguat semangat bagi yg semangatnya luntur

  • perfectminor

    Kalo saya ikhlas menerima Windows Phone ya karena dulu masih di pegang Nokia, saya kira Nokia akan sanggup bersaing dengan Android dan iOS, bukan bersaing mengalahkan, tapi bersaing sepadan dengan semua aplikasi yang ada di Android dan iOS ada juga di Windows Phone.
    Saya juga termasuk tipe orang yang memaksimalkan dengan apa yang saya punya, saya punya Lumia 820, Lumia 625 dan Ortu pakai Lumia 535. Jadi semuanya saya maksimalkan penggunaannya. Kalaupun punya budget untuk upgrade smartphone, rasanya saya berpikir dua kali untuk membeli smartphone karena masih banyak kebutuhan lain, kalaupun saya terlanjur jadi orang kaya disuruh beli smartphone, rasanya juga berpikir dua kali kalau mau beli smartphone berbasis Windows Phone, Windows 10 Mobile.

    Kenapa? di Indonesia saja Lumia itu gak jelas merupakan bagian dari Microsoft Indonesia apa bukan, tidak seperti jaman Nokia, Nokia menjalin kerjasama yang baik dengan developer aplikasi, ingat gak jaman waktu baru-baru muncul Windows Phone 7, aplikasi local banyak kan? terus makin banyak pas Windows Phone 8 dirilis. Pas udah berganti tidak lagi di pegang Nokia, Lumia Windows Phone di Indonesia gak tau arahnya kemana.
    Apa salahnya sih, Microsoft bikin acara undang developer dan layanan yang lagi popular seperti (Go-Jek, Grabbike, Tokopedia, Bukalapak, Lanjutkan aplikasi Lazada, Mandiri Mobile yang gagal di rilis, ngenes liat diskon dari T-Cash Telkomsel Wallet dan masih banyak lagi lainnya). Walaupun took online sekarang sudah menyediakan versi mobile yang bias juga digunakan, walaupun transaksi mobile banking sekarang sudah bisa menggunakan menu ussd *141#, tapi kan gak ada salahnya undang mereka, jalin kerja sama, kasih tau ke mereka bahwa selain Android, iOS dan Blackberry ada juga Windows Phone 8, Windows Phone 8.1, Windows 10 Mobile dari Microsoft Indonesia.

    • riyusaiba

      Setuju

  • perfectminor

    Nah ini yang seperti bocah ejek ejekan OS sebelah karena Windows Phone sudah kalah :D

  • perfectminor

    Bukan tetangga gan, Microsoft gak belajar dari Lini smartphone/handphone yang telah di ambil yaitu Nokia, inget ya jaman Symbian Belle udah ada smartphone yang bisa jadi Modem, (N9, C7, C6-01 dll). udah ada juga loh USB OTG.

  • Fayyadh Muchlis

    Awalnya saya beli Lumia karena tertarik dengan desainnya yang keren dan terutama kameranya yang bagus dengan segudang aplikasi pendukung seperti Lumia Creative Studio, Refocus, dan Storyteller

    Belum lagi ditambah Office yang sangat membantu dalam membuat tugas terutama bagi pelajar seperti saya, mencatat tugas dipapan tulis tinggal sekali cekrek pake Office Lens (bilang aja males :v)

    Fitur unggulan di Lumia lainnya yang sangat membantu saat perjalanan jauh yaitu Here Maps yang lebih akurat dibanding maps sebelah, kalo bosan saat perjalanan tinggal putar Mixradio dengan jutaan database lagu yang gak bakal bosenin, kalo diperjalanan gak ada sinyal pun tetep bisa menikmati lagu asalkan dirumah udah download mix nya

    Oh iya Lumia juga punya voice command yang gak kalah sama OS sebelah lho yaitu Cortana, mengirim pesan, email, membuka aplikasi, ataupun menyetel musik tinggal ngomong aja ke neng Cortana

    Tapi semua hal diatas sudah menghilang dari Lumia, dimulai dari aplikasi fotografi unggulan yang dicabut, Office yang hadir di OS sebelah, Here Maps yang berkhianat yang dibesarkan di Windows Phone tapi kini lebih memilih di OS sebelah dan menghilang di Windows Phone #Hiks dan Mix Radio nasibnya juga sama seperti Office, setelah semua aplikasi unggulan habis harapan cuma di Cortana tapi neng Cortana pun selingkuh ke robot ijo, semua hal itu dengan alasan “MOBILE FIRST, CLOUD FIRST” (pake tanda petik)

    Selama ini jumlah pengguna Windows Phone udah tergolong “Lumayan” tapi sejak hal diatas terjadi pengguna Windows Phone beralih ke Android atau IOS karna berpikir “buat apa pake lumia kalo semua aplikasi unggulan lumia ada di OS lain” dan akhirnya pengguna Windows Phone pun menurun drastis, kalo menjaga pengguna Windows Phone agar stabil aja gak bisa gimana mau menaikkan jumlah pengguna Windows Phone???
    #TurunPodium

  • percakapan pertama kaya sering denger deh, tapi dimana yak :v
    bentar tak mikir dulu baru komen :3

  • perfectminor

    Smartphone yang lain juga sudah bagus2 kok kameranya.

  • Dizan

    Untuk saat ini nggak terlalu berguna OS Windows Phone. buat apa punya device bagus ngga bisa digunakan untuk apa2 karena kekurangan aplikasi/sangat terbatas. mau ini susah mau itu ngga bisa, butuh aplikasi ini ngga ada butuh aplikasi itu ga ada.. Jujur aja buat apa pakai OS WP kalau aplikasinya kurang diurusin developer. Jujur aja, yg diharapkan dari untuk saat ini adalah islandwood dan astoria (yg katanya batal), klo dukungan aplikasi lain kurang mungkin kedepan nasibnya WP seperti BB…

  • Abi Purna

    bisakah menerima linux sebagai linux? jawabnya bisa saja tapi tetap saja sebagai pengguna linux pasti ada desire pingin pake aplikasi windows.. seperti itu juga setiap platform tentu punya strategi sendiri.. saya pengguna lumia 640 saya nggak berharap banyak bahwa windows phone menguasai market share dunia.. dengan aplikasi berjuta-juta.. cukup dengan aplikasi” popular yg dibutuhkan.. oke sekarang kita bisa bertahan dengan mengatakan bahwa MS (Bukan kasus papa minta sahan y) bertujuan menjadikan ponsel bukan sekedar ponsel tetapi sebagai kepanjangan tangan windows desktop.. tetapi kita juga g bisa munafik fitrahnya smartphone bukan seperti itu, sekarang siapa yang nyaman buka file excel dilayar 5inch? mau itu pakai office mobile, mau pakai WPS, dll tetap saja tidak akan nyaman, atau siapa yang lebih memilih membuat presentasi disebuah ponsel yang memiliki banyak keterbatasan.. kalau tidak urgent banget saya sih saya g akan buka file itu di ponsel, smartphone sebenernya meremake kembali tagline nokia “connecting people” smartphone menghubungkan kembali orang-orang dengan cara baru.. entah itu chat, social media, fun apps like game.. produktifitas dalam ponsel dibuat seminimalis mungkin karena fungsi aplikasi produktifitas ponsel hanya mereview dan editing sederhana.. sistem operasi baik itu desktop atau mobile nyawanya itu ada di ekosistem dan kelengkapan aplikasi,,, mungkinkah windows bisa menguasai pasar desktop dunia bertahun” kalau tidak didukung para developer aplikasi??,, bukan sebuah hal mustahil 2009 Android rilis komersial 2011 dia mengalahkan iOS.. hanya butuh waktu 2 tahun,, padahal saat itu sumberdaya google belum sebesar MS,, sementara 2012 sekarang 2015 WP seperti tidak berkembang karena kurang seriusnya MS.. saya cinta WP berharap ekosistem ini berkembang dan besar.. tetapi saya juga tidak mau di PHPin terus sama MS,,, jika windows 10 mobile tidak ada quantum leap.. mungkin dalam beberapa bulan saya sudah menjadi pengguna platform lain..

  • Rizal Faisal Akbar

    pas baca judul, u don’t say sekali. (mungkin keturunan herp :v )
    pas baca artikelnya, memang sih agak miris juga Windows Phone di pangsa smartphone dan App Gap-nya pun tetap terasa. -_-
    ketika teman-temanku mengajak “ayo maen CoC. lu kan udah lama kaga maen” atau “buru bray LGR lu udah busuk kayaknya”, ah rasanya sakit tapi ga berdarah (oke sedikit dramatis gapapa kali ya). tapi jujur sih coc masih maen sampe sekarang di tablet/laptop yang ane instal android x86. tapi jarang ane sentuh kecuali kalo lagi ada senggang doang. lagian tablet ane juga lagi rusak :’v
    1 hal istimewanya Windows Phone itu, ya dari segi UI yang menurut ane simply but powerfull (bukan ailopyupul :v ). ketika ane memegang hp ML535 ane, temen ane pun tergiur dan pengen beli juga (tapi ane ga rekomendasiin ML535 buat temen ane). setidaknya ada 2 teman yang mulai tertarik sama produk Microsoft Windows Phone. :D

    Elaine? who’s there?
    aku lebih suka Yui dan Miku >.<

  • riyusaiba

    Lakukanlah segalanya sesuai kebutuhan, kalau butuh android ya beli android, kalau butuh wp ya beli wp. Ngga usah fanatik terhadap brand ataupun OS manapun. Kalau sudah fanatik, siap siap lah akan kecewa.

  • Reowijaya

    Hmm akhir2 ini sepertinya memang forum ini sedang blak blakan tentang keadaan windows phone yang menjurus ke mengingatkan pengguna bahwa “it’s frustating to be Windows Phone user” jadi inget sala satu comment di forum sebelah.
    Sebenernya ga ada yg salah sih sama postingan tsb, karna admin mencoba untuk jujur. Tapi kembali melihat pernyataan orang di bawah ini jadi, ya.. Begitulah…

    https://uploads.disquscdn.com/images/03efcd90958d67cb39656de878ab9dc0c187cd12705664b40b85c4c211b6e6ae.jpg

  • Beni Setiawan

    Kalau divisi Ponsel Nokia beserta layanan care center dan purna jual device yang sudah tersebar di seluruh dunia dibeli sama Microsoft, kenapa tidak memanfaatkan Outlet Ex-Care Center Nokia menjadi Microsoft Store + Care Center? dengan begitu kan, Microsoft lebih enak memasarkan/memperkenalkan produk berbasis windows lebih leluasa baik produk Windows baik dari OEM Microsoft nya langsung ataupun Other OEM Partner semisal Acer/Asus/etc yg menggunakan basis Windows beserta Produk pendukung lainnya semisal Xbox, O365, Lumia.
    Dengan begitu, secara tidak langsung Microsoft menjual perangkat Partner OEM dan juga sekaligus Layanan Microsoft resmi (misal bundling O365 atau MS Office).
    menurut ane :D

  • ilham ta

    yah betul sekali,,
    kita pengguna windows mobile ibarat mau lahir ke dunia ini,
    sblum ada kita di lutut ayah,,
    mau nongol di perut ibu,,
    udah nongol baru,,,
    jadi sabar dan sabar,,,mau mnikmati lumia ya bnyak prosesnya,
    kaya CEW BEBEk ,,,klo udah gede,,dapat tu cewe,,baru tau gmn nikmatnya ,,,,
    lumia kaya gitu juga lo,,,,skrang syg adanya apa di lumia,,,nnti saatnya ada kita buat nikmati lumia,,,ok itu aja OM kopel

  • al

    sayang… terimakasih ya sdh mau nemenin aku yg pelupa dgn one note mu, bateraimu yg awet, performamu yg ringan gak nge lag, hasil kameramu yg bagus, mix radiomu yg lagunya offline beragam genre padahal kamu cuma seri 625 jangan tinggalkan aku ya… karena aku sadar aku cuma butuh kamu bukan yg lain