Home News Bersiaplah, Hardisk 40TB Siap Dirilis Tahun Depan!

Bersiaplah, Hardisk 40TB Siap Dirilis Tahun Depan!

Review Orico HDD Docking Station (Indonesia)

Saat ini kapasitas hardisk terbesar dipegang oleh Western Digital dengan hardisk 14TB di kelas enterprise, dan Seagate 12TB di kelas pengguna umum. (Baca: Seagate Rilis Hardisk 12TB Seharga 7,2 Jutaan)

Tetapi perhatikan ini, Western Digital sudah menemukan cara untuk membuat hardisk berkapasitas raksasa hingga 40TB!

Western Digital mampu memproduksi hardisk berkapasitas hingga 40TB dengan memanfaatkan gelombang mikro. Teknik yang digunakan bernama MAMR (microwave-assisted magnetic recording). Sebenarnya sudah ditemukan cara lain, yaitu menggunakan panas. Tetapi plat hardisk tersebut harus beroperasi pada temperatur diatas 400 derajat celcius yang tentu saja selain mahal secara teknis produksi, juga berbahaya saat digunakan secara umum.

Ditemukannya teknik MAMR ini membuat Western Digital siap merilis hardisk 40TB ini ke pelanggan kunci mereka dalam bentuk engineering sample pada tahun 2018, dan langsung memproduksi massal untuk dijual umum pada 2019.

Western Digital bahkan yakin di tahun 2025 akan ada peningkatan teknologi untuk menggeber kapasitas hardisk hingga diatas 40TB.

Sebagai informasi kapasitas 40TB setara dengan lebih dari 2500 film standard berdurasi 2 jam per film. Jumlah yang terlampau besar bahkan buat kamu yang hobi koleksi film sekalipun.

via Western Digital

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.