Apakah kamu memiliki laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon? Lenovo kini mengumumkan untuk melakukan recall atau penarikan kembali terhadap laptop tersebut karena ada masalah serius dalam laptop ini.

Laptop yang ditarik adalah ThinkPad X1 Carbon generasi ke-5 yang diproduksi dari bulan Desember 2016 hingga Oktober 2017. Totalnya sendiri ada sekitar 83.500 laptop yang terkena recall ini, jumlah ini termasuk 5.500 laptop yang sudah terjual di Kanada.

Lenovo memutuskan melakukan ini sebab ditemukan masalah panas berlebih atau overheat, dan bisa menimbulkan ledakan maupun kebakaran.

“Penyelidikan dan analisis Lenovo menetapkan bahwa sekrup kecil, yang tidak dikencangkan, yang tertinggal dalam unit selama produksi, dapat merusak permukaan baterai lithium ion polymer dan menyebabkan timbulnya arus pendek, sehingga daya sel baterai terkuras dengan cepat,” tulis Lenovo dalam rilisnya.

Lenovo mengatakan hingga saat ini belum ada laporan terjadinya overheat di Ameria Serikat, namun pihaknya telah menerima tiga laporan yang terkena masalah tersebut secara global. Tidak ada korban jiwa ataupun barang selain laptop yang mengalami kerusakan dalam laporan tersebut.

Meski demikian, dikatakan Lenovo, tidak semua laptop ThinkPad X1 Carbon yang diproduksi dalam periode tersebut harus ditarik, sebab sistem persediaan telah menyaring sekrup laptop yang belum dibuka sebelum akhirnya didistribusikan.

Untuk melakukan pengecekan apakah laptop yang ThinkPad X1 Carbon yang digunakan tergolong dalam laptop yang ditarik Lenovo, kamu bisa mengunjungi situs web Lenovo berikut ini dengan memasukan tipe mesin, dan nomor seri laptop.

via The Verge / Lenovo

Lenovo memberikan gratis biaya servis bagi laptop ThinkPad X1 Carbon yang harus ditarik ini.

Lenovo menyatakan, ThinkPad X1 Carbon yang diproduksi setelah bulan November 2017, tidak ada masalah dan tidak terkena penarikan ini.

via The Verge

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.