Minggu lalu ada sebuah bug aneh yang dilaporkan beberapa pengguna Windows 7. Bug ini mencegah pengguna untuk melakukan shutdown dan menunjukan pesan “error You don’t have permission to shut down this computer” setiap kali mereka mencoba untuk shutdown atau merestart system mereka.

Image via @Trendswood

Sampai saat ini tentunya belum ada penyelesaian dari Microsoft, kecuali mereka memperbaiki bug pada Masalah Pada Update KB4534310 Di Windows 7 dengan merilis Update  KB4539602.

Namun bagi kamu yang sekiranya mengalami masalah dimana kamu tidak bisa shutdown atau restart Windows 7 kamu, kamu bisa mencoba langkah sementara yang ditemukan pengguna reddit berikut.

Langkah 1. Membuat akun Admin lain.
Langkah 2. Login kedalam akun Admin yang barusan dibuat.
Langkah 3. Login kembali ke akun Admin Default.
Langkah 4. Shutdown atau Reboot akan kembali normal.

“This isn’t a solution tho, just a workaround,” pengguna mengatakan¬†dihalaman Reddit.

Perbaikan Unofficial!

Ada sebuah langkah perbaikan permanent bagi mereka yang mengalamai masalah diatas, perbaikan ini ditemukan oleh beberapa pengguna Reddit dan IT Support dari Quick Heal. Berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Masuk ke Edit Group Policy.

Langkah 2. Selanjutnya didalam Edit Group Policy masuk ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.

Langkah 3. Didalam panel sebelah kanan di Security Options, cari dan double click pada “User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode“.

Langkah 4. Selanjutnya Window baru akan terbuka dan pilih Enable.

Langkah 5. Buka Run Command dan ketikan “gpupdate /force” kemudian tekan Enter, hal ini aan mengupdate semua group policies

Langkah 6. Setelah itu Shutdown dan Restart akan berjalan Normal.

Nah apakah kamu mendapati masalah seperti diatas? jika iya kamu bisa mencoba langkah langkah diatas ya, silahkan berikan komentar dan pendapatmu dibawah.

Via : ZDNet

  Awas jangan sampe salah pilih..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.