Jika kamu sudah menggunakan versi Windows 10 21H1 baik melalui Insider atau melalui Enablement Package, dan kamu rasa bahwa kamu ingin kembali ke versi Windows 10 20H2 atau versi Windows 10 sebelumnya? Tenang, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut seandainya memang hal ini dibutuhkan.

Kurang lebih langkah ini mirip mirip dengan tutorial yang sebelum sebelumnya, namun mari kita rekap kembali saja.

Ke Windows 10 20H2 atau 2004

Karena Windows 10 2004, 20H2 dan 21H1 dapat dikatakan berbagi sumber yang sama, kamu bisa mengembalikan posisi OS dari 21H1 ke versi 20H2 atau 2004 dengan mudah, kamu cukup hapus saja Feature Update to Windows 10 21H1 via Enablement Package (KB5000736).

Caranya, silahkan kamu masuk ke Control panel > Program & Features > View Installed Updates.

Selanjutnya hapus update seperti biasa dengan cara klik pada tombol Uninstall, dan Restart perangkat.

Setelah semuanya selesai, maka proses rollback sudah kembali ke versi Windows 10 20H2 atau 2004 sebelumnya (tergantung dari versi mana kamu dulu melakukan update).

Ke Windows 10 1909

Nah untuk langkah yang ini, kamu sebenarnya bisa mengikuti langkah berikut : Cara Rollback ke Versi Windows 10 Sebelumnya, namun intinya kamu cukup masuk ke Settings > Update & Security > Recovery > Go back to the previous version of Windows 10.

Namun perlu diperhatikan bahwa langkah ini memiliki kekurangan karena untuk melakukan rollback kamu wajib masih memiliki folder Windows.old didalam perangkat kamu, karena jika tidak maka proses ini tidak akan dapat berjalan.

Nah itulah dua langkah untuk melakukan rollback dan menghapus Windows 10 21H1 dari perangkat kamu.

F.A.Q

Apakah data akan hilang jika kita melakukan rollback?

Enggak, tenang saja selama saya menggunakan Windows 10, dan selama saya melakukan rollback belum pernah saya mendapati kasus data di local disk C saya menghilang.

Aplikasi apakah akan hilang juga?

Umumnya aplikasi juga harusnya masih tetap akan ada, karena kita melakuakan rollback versi OS bukan melalui system restore, jadi seluruh aplikasi yang diinstall setelah melakukan update harusnya akan tetap ada disana.

F.A.Q mungkin akan ditambahkan, jadi silahkan komen dibawah guys jika ada tambahan dan mari kita berdiskusi mengenai hal ini juga. 😁

Semoga bermanfaat.

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.