Untuk kamu yang memiliki NAS atau Network Drive yang kamu bagikan di jaringan rumah kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur Map Network Drive, dimana nantinya directory Drive tersebut akan ikut ditampilkan di halaman File Explorer > This PC dan Navigation Pane untuk akses yang lebih cepat.

Di Windows 10, kita mungkin sudah tahu caranya, namun bagaimana dengan Windows 11? apakah caranya masih sama?, menjawab pertanyaan tersebut tentu saja caranya masih sama, namun untuk kamu yang penasaran dan baru pertama kali menggunkan Windows 11, berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Run Command (Win + R) dan masukkan Device Name atau IP dari Network Storage kamu.

Selanjutnya silahkan kamu masukkan credential kamu, baik itu username atau password yang biasa kamu gunakan untuk akses Network Storage kamu.

Langkah 2. Setelah kamu masuk, pada bagian directory yang ingin kamu Map, silahkan kamu klik kanan > Show more options > Map Network Drive.

Selanjutnya, silahkan kamu beri Drive Letter untuk Network Drive tersebut, dan silahkan klik Finish untuk menyimpan perubahan.

Dan selesai deh, kini Network Drive sudah ada di Explorer untuk selanjutnya kamu akses dari sana.

Nah untuk sementara itulah cara paling mudah untuk melakukan Mapping Network Drive di Windows 11, nantinya mungkin ada cara lain yang lebih simpel karena saat ini Context Menu Windows 11 sedang dikembangkan, sehingga opsi Map Network Drive mungkin nanti tidak perlu lagi diakses via Context menu lama.

Baca Juga : Microsoft Beri Penjelasan Mengenai Context Menu Baru di Windows 11

Silahkan dicoba guys, semoga bermanfaat, terima kasih.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.