Seperti yang kita tahu, Windows 11 membawa banyak sekali perubahan desain baru, dan salah satunya adalah perubahan context menu yang kini tampil lebih simple, clean dan minimalis dibandingkan generasi Windows pendahulunya.

Selain itu, seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, sebenarnya Context Menu lama masih ada di Windows 11, hanya saja kini pengguna harus mengaksesnya melalui opsi “Show more options”. Lalu kenapa ada dua? mengenai hal tersebut sebelumnya WinPoin pernah membuat artikel yang membahasnya di Kenapa Ada Dua Context Menu di Windows 11?, dan ternyata, mengenai hal tersebut akhirnya Microsoft memberikan penjelasan mengenai Context Menu baru ini.

Perubahan Desain Context Menu Baru Untuk Memudahkan Pengguna

Berdasarkan penjelasan Microsoft, dulu sejumlah opsi penting yang paling sering diakses seperti cut, copy, paste, delete, dan rename terlalu jauh dari mouse pointer, touch point atau pen dimana dengan diubahnya Context Menu dengan desain baru ini, Microsoft berharap bahwa pengguna kini lebih mudah mengakses opsi penting tersebut.

Selain itu, dulu Context Menu sangat panjang dan berisi sejumlah environment yang terus bertambah sejak Windows XP hingga Windows 10, dan tentu itu mempengaruhi masalah kinerja dan keandalan dari fungsi itu sendiri, dan di Windows 11 Microsoft ingin memperbaruinya agar lebih simpel dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan tampilan baru Windows 11.

Context Menu Lama di Windows 11

Untuk saat ini, Context Menu lama di Windows 11 masih berisi sejumlah opsi dan perintah yang sangat jarang pengguna gunakan, selain itu beberapa opsi dan perintah dengan kategori yang sama (misalkan open dan open with) kadang memiliki rentan jarak yang agak jauh satu sama lain, dan dengan inkonsisten ini Microsoft ingin memperbaikinya di Context Menu baru Windows 11.

Cloud Service dan Aplikasi Win32 Akan Memiliki Area-nya Sendiri

Nah salah satu hal penting lainnya yang perlu diketahui adalah di Context Menu Windows 11, nantinya Cloud seperti OneDrive dan aplikasi Win32 misalkan seperti Scanning Virus Kaspersky misalnya, nanti akan dipisahkan sesuai dengan bagiannya masing masing dan tidak menyatu serta memenuhi Context Menu seperti saat ini di Windows 10.

Sumber : Microsoft

Untuk saat ini mungkin Context Menu lama memang masih akan dihadirkan, namun seiring berjalannya waktu dan para pengguna sudah siap dengan perubahan, bisa saja Context Menu lama benar benar dihilangkan, karena bagaimanapun tujuan Microsoft dengan Windows 11 adalah untuk memperbaiki apa yang kurang tepat dari era Windows terdahulunya.

Nah mengenai hal ini kamu bisa membaca informasi lengkapnya di halaman pengumuman Microsoft, dan bagaimana menurutmu? apakah kamu suka dengan Context Menu baru di Windows 11 ini? komen dibawah guys.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.