Untuk mempercepat proses ketika membuka suatu halaman, browser yang memiliki basis engine Chromium seperti Opera dan Google Chrome memanfaatkan fitur Page Prediction—Firefox sendiri juga memiliki fitur yang sama tetapi dengan nama yang berbeda yaitu Prefetch. Fitur Prefetch ini akan memprediksi halaman yang akan kamu buka (misalnya saja ketika menujuk pointer mouse ke sebuah tautuan, ataupun saat mengetikan sebuah alamat website di kolom URL) sehingga browser akan me-load halaman tersebut secara background. Sehingga ketika diklik, maka proses membuka halaman menjadi lebih cepat.

Meskipun berguna, fitur ini cukup memakan resource terhadap bandwidth internet. Untuk sebagian orang mungkin fitur ini tidak akan berguna, karena belum tentu tautan yang tujuk akan dibuka, sehingga akan boros bandwidth.

Maka ada baiknya untuk mematikan fitur Page Prediction jika tidak ingin menggunakannya.

Baca juga tutorial Firefox lainnya:

Mematikan Prefetch di Mozilla Firefox

  1. Buka browser Firefox.
  2. Masukan alamat about:config pada kolom URL. Ketika muncul peringatan, klik opsi I accept the risk and continue.
  3. Masukan keyword berikut network.prefetch-next pada kolom pencarian. Ketika hasilnya muncul, klik 2x untuk mengubah value menjadi false.
  4. Muat ulang browser dengan cara menutup lalu membukanya kembali.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka Firefox tidak akan lagi me-load secara background terhadap halaman yang akan kamu buka (yang mana belum tentu akan dibuka). Kamu bisa mengikuti kembali langkah-langkah yang sama untuk mengaktifkan kembali fitur Prefetch.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.