Windows membagi sumber daya dari processor untuk semua proses (aplikasi, services, dll) berdasarkan level prioritas. Jika terdapat aplikasi yang memiliki level prioritas yang tinggi, maka performa yang dihasilkan akan lebih baik ketimbang yang memiliki prioritas rendah.

Jika ingin, kamu bisa mengatur level prioritas mulai dari Realtime, High, Above normal, Normal, Below normal, hingga Low sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat melakukannya dengan mudah melalui Task Manager, atau kamu bisa mencoba cara alternatif melalui PowerShell.

Baca juga:

Memberikan Prioritas CPU untuk Aplikasi di Windows 10 dengan PowerShell

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Kemudian ketikan perintah dibawah ini dan tekan enter pada keyboard.
    Get-WmiObject Win32_process -filter 'name = "LINE.exe"' | foreach-object { $_.SetPriority(32768) }

    Dimana kamu dapat mengganti LINE.exe dengan aplikasi yang kamu inginkan, dan 32768 dengan PriorityID lain sesuai kebutuhan. Berikut daftar PriorityID:
    • 256 : Realtime
    • 128 : High
    • 32768 : Above normal
    • 32 : Normal
    • 16384 : Below normal
    • 64 : Low
  3. Done. Kamu dapat menutup jendela PowerShell jika ingin.

WinPoin tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan level prioritas Realtime. Karena dapat menghambat kerja proses lainnya yang kekurangan daya. Kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut melalui halaman ini.

Perlu kamu ketahui, pengaturan ini hanya bersifat sementara dan tidak permanen. Jadi ketika aplikasi ditutup atau restart Windows 10, maka pengaturan ini akan kembali ke default.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.