Windows 10 November 2019 Update resmi dirilis beberapa waktu yang lalu. Kamu dapat langsung upgrade dengan Media Creation Tool atau Update Assistant. Meskpun ini merupakan minor update dari versi 1903, tetapi masih ada beberapa fitur baru yang ditawarkan.

Seperti halnya dua sisi pada koin. Windows 10 November 2019 Update memiliki hal-hal yang mungkin disukai dan tidak sukai, sebagaimana yang disampaikan Gylang Satria melalui artikelnya. Berhubungan pada artikel tersebut, terlebih khusus pada point yang tidak menyukai pada ‘prilaku’ Start Menu yang baru dimana panel menu akan melebar secara otomatis ketika mouse diarahkan.

Jika kamu juga salah satu yang tidak menyukai hal tersebut, maka kamu dapat menggunakan cara ini untuk mengembalikan prilaku Start Menu seperti dulu.

Mematikan Expand Menu Otomatis pada Start Menu Windows 10 November 2019 Update

Sayangnya tidak ada opsi pada Settings bahkan Registry untuk mengembalikan Start Menu seperti semula. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan tool yang bernama mach2

  1. Download tool mach2 melalui halaman GitHub, download sesuai dengan arsitektur OS yang kamu gunakan.
  2. Ekstrak tool tersebut ke folder mana saja.
  3. Buka Command Prompt as Administrator.
  4. Masukan perintah berikut secara berurutan.
    cd /d C:\x\
    mach2
    Dimana kamu perlu mengganti perintah sesuai dengan path dimana tool mach2 berada.
  5. Ketikan perintah mach2 disable 18715789 dan tekan enter pada keyboard.
  6. Restart Windows 10.

Ketika proses selesai, maka kamu akan mendapati prilaku Start Menu yang lama. Dimana menu tidak akan melebar secara otomatis ketika pointer mouse diarahkan. Sejauh ini, cara ini hanya bekerja pada versi 1909 saja dan tidak bekerja pada versi 20H1.

That’s it!

  HP Gaming Terbaik 2019..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.