Setelah membuat artikel mengenai cara membuat bootable Windows 10 dengan Rufus dan PowerISO, kali ini WinPoin akan memberikan salah satu alternatif tool lain yakni dengan menggunakan Ventoy.

Disamping software ini open source, salah satu hal yang menjadi kelebihan lainnya dari Ventoy adalah dapat melakukan multiboot (bisa kombinasi Windows dan Linux) dengan mudah, karena pengguna hanya perlu menaruh file ISO kedalam bootable flashdisk tanpa perlu mengekstrak isi dari ISO tersebut.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Membuat Bootable Windows 10 dengan Ventoy

  1. Download dan jalankan Ventoy.
  2. Pilih perangkat USB yang kamu inginkan. Pastikan memiliki drive yang sesuai.
  3. Klik opsi Install dan klik Yes ketika muncul konfirmasi. Pada tahap ini Ventoy akan menghapus semua data yang ada pada flashdisk tersebut, jadi pastikan kamu sudah membackupnya jika terdapat data.
  4. Done.

Setelah proses selesai, flashdisk akan memiliki dua partisi yaitu Ventoy dan VTOYEFI.

Partisi VTOYEFI berisikan semua komponen yang diperlukan agar dapat melakukan mount ISO dan bootable lewat flashdisk. Sedangkan partisi Ventoy sendiri bisa kamu isikan file ISO yang diinginkan, kamu bisa copy file ISO secara utuh tanpa perlu mengekstrak isinya terlebih dahulu.

Pada saat melakukan installasi, kamu akan mendapati layar opsi yang berisikan semua file ISO yang ada pada flashdisk. Selanjutnya kamu bisa mengikuti instruksi dilayar untuk melakukan installasi seperti biasa.

Image via Google

Kesimpulannya, tool ini sangat rekomended bagi kamu yang ingin membuat multiboot pada flashdisk. Jika kamu memiliki tool lain, pastikan membagikannya melalui kolom komentar.

Thanks to Mr. Mister for recommendation

  NOSTALGIA BOS...!!! NOKIA 5310 XPRESSMUSIC REBORN! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.