Home Tutorial Cara Membuat File Torrent

Cara Membuat File Torrent

Cara Membuat File Torrent

Menggunakan Torrent adalah salah satu cara terbaik untuk berbagi file yang berukuran besar dengan banyak teman. Sayangnya tidak banyak orang mengetahui cara membuat file menjadi torrent. Tapi banyak orang yang mengetahui cara download file torrent. Ini memang sangat aneh.

Bayangkan jika kamu harus berbagai file yang besarnya 300MB dan kamu menguploadnya ke cloud storage atau layanan download. Kadang-kadang kecepatan download dari server hosting tersebut sangat lambat atau file yang tiba-tiba dihapus. Dengan menggunakan torrent, bandwith internet bisa dipecah dengan teman-teman kamu dan mendapatkan kecepatan internet yang maksimal.

Jadi bagaimana cara membuat file torrent? Berikut ini WinPoin akan membagikannya ke kamu, memanfaatkan aplikasi torrent client seperti uTorrent kamu bisa membuat file torrent.

 

Cari Tracker Bagus Terlebih Dahulu

Sebelum kamu membuat file torrent, kamu harus mengetahui tracker terlebih dahulu. Lalu apa itu trackber? BitTorrent Tracker adalah sebuah server yang membantu komunikasi antara peer yang menggunakan protocol BitTorrent. Di software client file sharing peer-to-peer (seperti uTorrent) di komputer yang meminta file, ada bagian-bagian file yang terpecah di setiap peer machine yang dikirim ke client, dan kemudian ditata kembali menjadi file yang utuh dari file yang kamu inginkan. Server tracker melacak bagian-bagian file tersebut yang berada di peer machine, yang mana salah satunya peer machine menyediakan file tersebut, dan membantu mengatur pengiriman file.

BitTorrent tracker juga berperan untuk membantu client yang berkomunikasi dengan tracker untuk mendownload file. Client yang mulai mendownload file akan berkomunikasi dengan tracker dan meminta transfer file lebih dipercepat dengan peer barum dab menyediakan statistik kinerja network. Setelah file di download, peer-to-peer akan berjalan dengan sendirinya tanpa adanya koneksi tracker.

Pada intinya, Tracker akan membantu kamu untuk menemukan file diantara jaringan peer-to-peer di setiap peer machine. Jika file sudah ditemukan maka software client akan langsung mendownloadnya dari peer machine tidak dari tracker.

Contoh BitTorrent Tracker Populer:

http://www.torrent-downloads.to:2710/announce

udp://denis.stalker.h3q.com:6969/announce

http://www.sumotracker.com/announce

udp://open.demonii.com:1337

udp://tracker.coppersurfer.tk:6969

udp://tracker.leechers-paradise.org:6969

 

Cara Membuat File Torrent

Setelah mengerti tentang tracker kini saatnya kamu mengerti cara membuat file torrent. Berikut ini WinPoin berikan tutorial cara membuat file torrent dengan uTorrent.

 

Pertama-tama klik menu File dan pilih Create New Torrent.

Cara Membuat File Torrent

 

Kemudian pilih file yang akan dibagikan dengan tombol Add file, isikan form tracker dengan link tracker yang WinPoin berikan di atas. Terakhir klik tombol Create.

Cara Membuat File Torrent

 

Setelah kamu membuat file torrent, kini kamu tinggal membagikannya ke teman kamu. Bisa kamu bagikan file torrent itu ke teman kamu atau dengan mengklik kanan pada torrent dan pilih Copy Magnet URL.

Cara Membuat File Torrent

 

Jika kamu berhasil membuat file torrent ini, maka teman kamu bisa mendownloadnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat File Torrent

 

Selamat berbagi file dari teknik baru dengan cara membuat file torrent di atas. Kamu tidak perlu mengupload file torrent ke situs torrent atau situs tracker, kamu cukup berbagi ke teman-teman kamu saja agar mudah mengontrol siapa saja yang mendapatkan file kamu.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

  • overthinKing

    Torrent di goyang terus ni om. Wkwkwk. :p

  • Evlan Mars

    Torrent torrent………aduhh udah 1 hari belajar ttg torrent tapi banyak banget istilah2 nya jadi bingung deh dibuatnya!

  • Rufi

    Nice thread

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Pfft.. menjadi rintangan buat SSH user.. (kecuali, yang make Server Kanada) soalnya gak gampang cari leechernya…..

  • Muhammad Zaidan

    Ane nubitol yang masih bingung tentang dunia per-torrent-an. :v