Cara Memperbaiki Bluetooth yang Hilang di Windows 10 (1)

Di Windows 10, fitur Bluetooth dapat membantu kamu untuk menghubungkan perangkat seperti Smartphone, Speakers, Headphone, dsb. Bahkan fitur Windows 10 seperti Dynamic Lock juga memerlukan konektivitas Bluetooth agar dapat bekerja.

Kamu dapat mengaktifkan Bluetooth dengan sangat mudah. Tetapi ada masalah dimana kamu tidak dapat menemukan opsi tersebut. Untuk itu, berikut WinPoin akan coba memberikan tiga solusi untuk memperbaiki masalah opsi Bluetooth yang tidak muncul.

Baca tips Windows lainnya :

Cek Pengaturan Bluetooth di BIOS

Ada beberapa tipe BIOS yang mempunyai opsi untuk mengaktifkan/mematikan Bluetooth. Maka dari itu, hal pertama yang dapat kamu pastikan jika opsi Bluetooth tidak muncul adalah dengan mengecek konfigurasi Bluetooth pada BIOS.

Update atau Rollback Driver Bluetooth

Ada kasus dimana opsi Bluetooth menghilang sehabis melakukan update Build di Windows 10. Hal ini disebabkan karena kompatibilitas generic Bluetooth Windows 10 terbaru yang ditidak support dengan hardware. Hal ini sering terjadi, terutama pada model laptop lama.

Cara Memperbaiki Bluetooth yang Hilang di Windows 10 (1)

Untuk itu, kamu dapat mencoba untuk Update atau Rollback driver. Buka Device Manager dan pada menu Bluetooth, double klik pada opsi Bluetooth yang terinstall. Navigasi ke tab Driver, jika opsi Roll Back Driver tersedia, maka kamu bisa melakukan rollback. Jika tidak maka kamu perlu melakukan update driver.

Install Driver Bluetooth dari Manufaktur

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstall driver Bluetooth dari Manufaktur. Pergi ke website manufaktur hardware yang kamu gunakan. Jika kamu memiliki laptop atau desktop built-in, pergi ke website manufacture dan cari driver Bluetooth berdasarkan model laptop atau desktop yang kamu miliki.

Cara Memperbaiki Bluetooth yang Hilang di Windows 10 (2)

Ketika driver sudah didapatkan, maka kamu dapat langsung menginstallnya. Cara menginstallnya tergantung dari file Driver yang diberikan oleh website manufaktur. Biasanya berupa file .exe, maka kamu bisa langsung klik 2x untuk menjalankannya. Jika berupa file kompresi, maka kamu bisa menginstallnya secara manual.

That’s it! Itulah beberapa cara jika kamu tidak menemukan opsi Bluetooth di Windows 10. Jika kamu memiliki tips lainnya, pastikan kamu memberikannya melalui kolom komentar.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.