Mulai pada versi Chromium 80 yang diperkenalkan awal tahun 2019 lalu, ada sebuah fitur menarik yang ditambahkan yaitu Tab Group, yang mana dengan fitur tersebut kita bisa memisahkan dan meng-grupkan tab sesuai dengan yang kita inginkan.

Meskipun sudah lama diperkenalkan, fitur ini sampai sekarang masih harus diaktifkan melalui Flags Experimental, untuk Google Chrome sendiri, saya sudah menuliskan langkah langkahnya pada halaman Winpoin berikut. Nah karena Microsoft Edge Chromium sama sama berbasiskan Chromium juga, kita bisa mengaktifkan fitur ini juga pada browser buatan Microsoft ini dan berikut adalah langkah langkahnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Tab Group di Microsoft Edge Chromium

Langkah 1. Pastikan Edge Chromium yang kamu gunakan adalah versi yang paling baru.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan masuk kehalaman Flag Experimental berikut : edge://flags#tab-groups

Langkah 3. Selanjutnya, seperti biasa, kamu ubah Tab Groups dari Default menjadi Enabled, dan untuk menerapkan perubahan, silahkan kamu Relaunch Edge Chromium yang kamu gunakan.

Cara Menggunakan Tab Groups

Setelah Flags Experimental diaktifkan, kamu bisa menggunakan fitur ini dengan melakukan klik kanan pada Tab yang kamu pilih, dan selanjutnya pilih ‘Add to new group‘ jika ingin membuat Group baru, dan ‘Add to existing group‘ jika ingin memasukan tab tersebut pada Group yang sudah dibuat sebelumnya.

Bug dan Pengalaman Menggunakan

Menurut saya, fitur ini sangat bermanfaat karena ketika menggunakan fitur ini kita bisa dengan mudah mengatur tab dan meng-grupkannya sesuai dengan tema dan ketentuan yang kita inginkan. Terutama jika kita membuka banyak sekali tab.

Sayangnya, karena masih bersifat Experimental, atau dengan kata lain masih dalam pengembangan, kadang ada masalah yang saya temukan dalam fitur ini, masalah tersebut adalah ketika Microsoft Edge Chromium tidak dalam mode Maximize terkadang garis yang menandakan Tab Group tidak tampil sebagai mana mestinya.

Ketika Edge Chromium tidak dalam mode Full Maximize
Ketika Edge Chromium dalam mode Maximize tampil dengan normal

Masalah diatas, meskipun jarang terjadi namun tetap saja kadang mengganggu terutama jika kita tidak menggunakan Edge Chromium dalam mode Maximize.

Nah itulah Cara Mengaktifkan Fitur Tab Group di Microsoft Edge Chromium, dan sedikit pembahasan didalamnya, apa kamu sudah mengaktifkan fitur ini? dan apa kamu merasakan masalah yang sama seperti saya? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dibawah.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.