Taskbar seperti yang kita tahu, bisa kita ubah posisinya sesuai dengan keinginan kita masing masing, bisa itu dibawah yang mana merupakan posisi default, bisa di samping (kiri atau kanan), atau bisa juga diatas.

Tutorial Taskbar Lainnya :

WinPoin dulu pernah membagikan langkah serupa dengan cara melalui Settings dan Taskbar secara langsung. Kamu bisa membacanya pada halaman berikut. Namun seperti biasa dengan tujuan penelitian dan pengalaman juga, berikut adalah langkah mengubah posisi taskbar di Windows 10 melalui Registry Editor.

Langkah 1. Seperti biasa, silahkan masuk ke Registry Editor.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masuk ke Directory berikut : HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\StuckRects3

Langkah 3. Selanjutnya, kamu ubah value baris ke 13 pada Key ‘Settings’.

Selanjutnya sesuaikan value dengan nilai berikut : 00 (untuk Left); 01 (untuk Top); 02 (untuk Right); 03 (untuk Bottom). Contoh, pada gambar diatas, karena posisi taskbar saya sudah diatur ke Left, maka nilainya adalah 00.

Kita ubah ke 01 untuk posisi taskbar di atas (Top).

Ingat dihitung yang baris ke 13 dihitung dari nilai 30 di kiri atas.

Langkah 4. Setelah selesai, silahkan kamu simpan dan tutup Registry Editor, selanjutnya Restart Explorer dari Task Manager, dan hasilnya akan langsung terlihat.

Sebelum (value di registry editor adalah ’00’)
Sesudah (value di registry editor adalah ’01’)

Posisi dapat kamu sesuaikan dengan selera pada Langkah 3. Silahkan kamu coba, dan semoga bermanfaat.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.