Di Windows 10, Microsoft tetap masih membawa Windows Defender sebagai antivirus bawaan. Meskipun begitu, Windows Defender di Windows 10 memiliki lebih banyak fitur yang ditawarkan seperti Real-time protection, Account Protection, Firewall & network protection, App & browser control, Device Security, dan Device performance & health.

Namun jika kamu sudah beralih ke software antivirus pihak ke-3. Maka mem-nonaktifkan Windows Defender merupakan pilihan yang tepat agar tidak terjadi konflik dengan antivirus pihak ke-3. Dimana kamu dapat mematikannya melalui PowerShell.

Baca juga:

Nonaktifkan Windows Defender di Windows 10 dengan PowerShell

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Ketikan perintah dibawah ini dan tekan enter pada keyboard.
    Set-MpPreference -DisableRealtimeMonitoring $true
  3. Done.

Jika kamu ingin mengembalikan seperti semula, maka kamu bisa memasukan perintah ini pada PowerShell as Administrator Set-

MpPreference -DisableRealtimeMonitoring $false.

Tetapi perlu kamu ketahui bahwa perintah diatas hanya akan mematikan fitur Real-time protection saja. Jika kamu ingin menghapus Windows Defender secara keseluruhan, maka kamu bisa mengetikan perintah berikut.

Uninstall-WindowsFeature -Name Windows-Defender

That’s it!

  Buat yang Butuh Hape Baterai Monster! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.