Home PC Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Cara Melihat tau Menghapus History Browser Microsoft Edge

Microsoft Edge masih terbilang baru dijajaran browser populer, jadi tak heran kalau masih ada beberapa bug yang membuatnya bermasalah. Jika kamu mengalami masalah seperti lemot, sering crash, tampilan web yang tidak semestinya, ada banyak pop-up muncul, mungkin kamu harus reset Microsoft Edge.

Reset Microsoft Edge tidak seperti kebanyakan browser, yang umumnya sangat mudah untuk dilakukan. Ini dikarenakan Microsoft Edge merupakan salah satu bagian sistem operasi Windows, yang tidak bisa diuninstall. Ada berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

 

Cara Reset Microsoft Edge dari Settings

Buka menu Settings dengan mengklik icon tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Settings.

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Kemudian klik Clear browsing data di bawah menu Favorites settings.

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Setelah itu centang semua data yang perlu dibersihkan dan pilih Clear.

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

 

Cara Repair Microsoft Edge dengan System File Checker

Microsoft merupakan bagian dari Windows 10, bukan aplikasi pihak ketiga. Jika ada error karena file corrupt atau masalah serupa, tool Windows System File Checker mungkin bisa memperbaiki masalah ini. Untuk menjalankan Windows System File Checker, buka command prompt (admin) dan ketikkan perintah:

sfc /scannow

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Untuk informasi lebih lanjut mengenai System File Checker, kamu bisa melihat di artikel berikut ini. Setelah menjalankan perintah di atas, jangan lupa untuk restart komputer.

 

Cara Reset Microsoft Edge dengan PowerShell

Jika cara di atas tidak bekerja, mungkin kamu harus install ulang. Eitss..tunggu dulu, ternyata ada cara lain lagi. Ada perintah PowerShell yang bisa menghapus dan register ulang core dari Microsoft Edge. Tapi langkah pertama pastikan kamu buat backup atau buat system restore point sebelum mulai membuka PowerShell.

Pertama-tama buka folder yang pathnya sama dengan WinPoin tunjukkan di bawah ini dan hapus semua yang ada di dalamnya.

C:\Users\%username%\AppData\Local\Packages\Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe

Kemudian klik kanan pada Start Menu dan pilih Windows PowerShell (Admin). Copy dan paste code di bawah ini, dan tekan Enter:

Get-AppXPackage -AllUsers -Name Microsoft.MicrosoftEdge | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml” -Verbose}

Jika proses berhasil, kamu akan melihat pesan seperti di bawah ini.

Cara Reset Microsoft Edge di Windows 10

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.