Cara Restart Kartu Grafis di Windows dengan Shortcut!

Tahukah kamu bahwa Windows memiliki sebuah shortcut rahasia untuk me-restart GPU (kartu grafis)?. Jika kamu mengalami masalah yang menyebabkan tampilan layar menjadi freeze (tidak dapat digerakan), maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan shortcut ini sebelum mencoba untuk melakukan restart pada sistem.

Baca juga artikel lainnya :

Restart Kartu Grafis di Windows dengan Shortcut!

Untuk restart pada kartu grafis di Windows, gunakan kombinasi tombol WinKey + Ctrl + Shift + B pada keyboard.

Ketika shortcut dijalankan, maka layar akan berkedip sebanyak 1x dan akan terdengar suara beep. Semua pekerjaan dan aplikasi yang sedang terbuka tetap akan ada sama seperti menjalankan shorcut.

Shortcut ini dapat bekerja pada sistem operasi Windows 8.x dan Windows 10. Jadi apapun GPU yang kamu gunakan (Intel, AMD atau NVIDIA), tetap akan bekerja.

Perlu kamu ketahui, tips ini tidak menjamin 100% akan menyelesaikan masalah ketika menghadapi freeze. Jika sistem tidak merespon terhadap shortcut yang digunakan, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mematikan sistem secara paksa dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik hingga Windows benar-benar mati.

Serta shortcut ini tidak akan bekerja ketika Windows mengalami Blue Screen of Death (BSOD). Jika kamu mengalami BSOD, maka satu-satunya penyelesaiannya adalah dengan melakukan restart Windows.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.