Driver merupakan salah satu komponen terpenting dalam ekosistem Windows, karena fungsinya yang sangat penting yakni menghubungkan hardware dengan sistem. Tanpa itu, maka hardware yang terpasang pada motherboard tidak akan terdeteksi oleh Windows.

Driver sendiri memiliki versi, dan ada baiknya kamu menginstall versi driver yang up to date, seiring adanya update pada sistem Windows. Jadi jika ada sistem operasi baru (seperti Windows 10), maka versi driver juga harus diperbarui agar kompatible dengan sistem operasi Windows 10.

Tetapi dalam beberapa kasus, versi driver yang terbaru mungkin bawa masalah penggunanya. Bisa saja karena terdapat bug pada versi baru tersebut, atau lain semacamnya. Untuk itu maka kamu bisa mencoba untuk rollback ke driver versi sebelumnya, dengan harapan masalah tersebut selesai.

Rollback Versi Driver di Windows 10

Pertama buka Device Manager, lalu pada jendela Device Manager, pilihlah driver yang ingin kamu rollback. Kemudian klik kanan lalu pilih Properties.

Cara Rollback Versi Driver di Windows 10 (1)

Pada jendela properties, navigasi ke tab Driver. Kemudian pilih opsi Roll Back Driver. Perlu diingat, bahwa opsi ini hanya dapat dilakukan ketika kamu telah mengupdate driver.

Cara Rollback Versi Driver di Windows 10 (2)

Selanjutnya pada kotak dialog Rollback, pilih alasan kamu melakukan rollback. Jika sudah klik Yes untuk memulai proses rollback. Proses rollback ini memakan beberapa menit, jika sudah maka kamu harus melakukan reboot Windows 10 untuk menyimpan perubahan.

Cara Rollback Versi Driver di Windows 10 (3)

That’s it!, itu dia cara untuk rollback versi driver di Windows 10. Semoga bermanfaat.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.