Microsoft merilis versi preview pertama PowerToys baru untuk Windows 10, dengan hanya dua utilitas yang disertakan untuk saat ini. PowerToys ini terinspirasi dari PowerToy asl yang berasal dari era Windows 95, suite baru ini menjalankan layanan sistem yang memungkinkan kamu mengaktifkan setiap aplikasi yang disertakan saat kamu membutuhkannya.

Via Microsoft

Pada saat ini, PowerToys dikirimkan dengan dua diantaranya disebut panduan FancyZones dan ShortCut. Source Code dari proyek ini juga sudah tersedia di GitHub, dan Microsoft mengatakan bahwa disini kamu juga dapat menemukan hampir semua yang kamu butuhkan untuk memulai dan membuat utility PowerToys kamu sendiri.

Aplikasi Yang Disertakan

FancyZone adalah aplikasi kecil yang memainkan peran Window Manager untuk membuat bekerja dengan banyak aplikasi di layar menjadi lebih mudah. Dan menurut penjelasan Microsoft:

“FancyZones adalah pengelola Window yang dirancang untuk memudahkan mengatur dan memasang Windows menjadi tata letak yang efisien untuk alur kerja Anda, dan juga untuk memulihkan tata letak ini dengan cepat. FancyZones memungkinkan pengguna untuk menentukan serangkaian lokasi jendela untuk desktop yang merupakan target seret untuk windows. Saat pengguna menyeret Window ke zona, jendela diubah ukurannya dan diposisikan ulang untuk mengisi zona itu. “

FancyZone Editor

Di sisi lain, panduan ShortCut key Windows sangat berguna bagi mereka yang ingin melakukan tugas-tugas tertentu lebih cepat menggunakan key Windows. Setiap kali kamu menekan tombol ini pada keyboard, aplikasi akan muncul dan menampilkan hotkey yang tersedia untuk apa pun yang kamu lakukan di layar. Hamparan hilang saat kamu tidak lagi menahan tombol Windows. (ini kok mirip dengan Elementary OS).

Panduan ShortCut

Microsoft mengatakan pihaknya melihat minat besar pada PowerToys baru untuk Windows 10, mereka juga mengungkapkan bahwa lebih dari 4.000 pengguna membintangi repo GitHub sejak pengumuman resmi pada musim semi tahun ini. Dokumentasi dan alat yang dirilis Microsoft akan membantu pengembang memulai dengan membangun aplikasi PowerToys mereka, dan seperti biasa, mengirimkan umpan balik membantu menyempurnakan proyek ini di masa mendatang.

Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft, News Softpedia, GitHub.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.