Secara default, Encoding yang digunakan oleh Notepad adalah UTF-8, untuk mengganti encoding tersebut, pada dasarnya ketika kamu menyimpan dokumen atau file txt, kamu bisa mengubah opsi encoding secara langsung dari halaman save as, tepat seperti pada gambar berikut.

Namun, bagaimana jika kamu tidak ingin mengubahnya secara manual dan ketika kamu simpan, maka file akan langsung tersimpan sesuai dengan encoding default yang telah kamu tentukan?

Nah berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini WinPoin akan rangkum langkah dan tips singkat di Registry Editor untuk mengubah default encoding di Notepad. Berikut langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Registry Editor.

Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke directory berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Notepad

Langkah 2. Pada Registry Key ‘Notepad’, silahkan kamu buat DWORD (32-Bit) Value baru. Caranya klik kanan pada Notepad > New > DWORD (32-Bit) Value.

Silahkan kamu isi nama DWORD yang telah dibuat sebelumnya dengan variable berikut:

iDefaultEncoding

Langkah 3. Untuk mengubah default encoding, silahkan kamu edit DWORD ‘iDefaultEncoding‘ yang baru saja dibuat, dan ubah sesuai dengan ketentuan berikut:

  • 1 – ANSI
  • 2 – UTF-16 LE
  • 3 – UTF-16 BE
  • 4 – UTF-8 with BOM
  • 5 – UTF-8

Sebagai contoh, disini saya akan mengubahnya menjadi ANSI, maka pada value data, saya akan memasukkan nilai 1.

Setelah selesai, silahkan klik OK dan silahkan kamu buka Notepad, maka encoding pada aplikasi tersebut akan secara default kini menggunakan ANSI sebagai encodingnya.

Tutorial Lainnya :

*Catatan, meskipun begitu, berdasarkan penjelasan dari DifferentBetween, Encoding UTF-8 lebih superior dibandingkan ANSI, jadi dengan itu tidak ada alasan untuk menggunakan ANSI kembali sebagai Default Encoding.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys, semoga bermanfaat.

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.