Seperti yang telah kita ketahui, Microsoft Akan Mulai Beri Peringatan End of Support Pada Pengguna Windows 8.1, hal ini karena masa end of life dari Windows 8.1 ini akan segera berakhir pada 10 Januari 2023 mendatang.

Mengenai hal ini, Microsoft sebelumnya mengatakan bahwa mereka tidak akan menawarkan jalur upgrade gratis dari Windows 8.1 ke Windows 10 atau Windows 11, dengan itu pengguna mungkin perlu memembeli lisensi baru untuk versi Windows terbaru dari Microsoft.

Dan perlu ketahui, tidak mendapatkan jalur upgrade gratis, bukan berarti kita tidak bisa melakukan upgrade sama sekali loh. Selama perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup, dan jika kamu menggunakan perangkat yang sudah mendukung Windows 11, kamu bahkan bisa melakukan upgrade dengan mudah loh.

Nah pada artikel kali ini, WinPoin akan menjelaskan metode upgrade Windows 8.1 ke Windows 11 yang saat ini bisa kamu coba dan gunakan.

Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 11

Metode yang digunakan adalah metode in place upgrade dimana kamu wajib memiliki file ISO / Media Instalasi Windows 11 terlebih dahulu, jika kamu menggunakan perangkat yang sepenuhnya mendukung Windows 11, baik itu tersedia secure boot, tpm 2.0, dan kebutuhan lainnya, mendownload file ISO dari halaman Microsoft berikut sudah cukup untuk melanjutkan langkah in place upgrade.

Namun jika kamu menggunakan perangkat yang tidak mendukung Windows 11, seperti tidak tersedianya secure boot dan tpm 2.0, maka kamu wajib menggunakan metode bypass dengan menggunakan rufus yang telah WinPoin tulis dalam halaman berikut : Cara Bypass Instalasi Windows 11 Dengan Rufus

Oke, kita anggap kamu sudah memiliki Media Instalasi Windows 11, entah itu langsung dari ISO resmi (jika perangkat sepenuhnya mendukung) atau melalui Bypass Rufus, intinya sama saja.

Seperti pada gambar diatas, didalam Media Instalasi Windows 11 yang kamu miliki, harus ada beberapa komponen boot, efi, source, support, autorun.inf, bootmgr, bootmgr.efi dan setup.exe. Jika sudah ada, silahkan ikuti langkah berikut.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu jalankan file setup.exe.

Pilihan optional, kamu bisa memilih Change how Windows Setup downloads updates untuk mendownload driver update dan windows update ketika proses instalasi berlangsung, hal ini saya rekomendasikan di set ke Not right now, untuk menghindari kegagalan proses update.

Langkah 2. Klik Next untuk melanjutkan.

Langkah 3. Klik Accept jika ada Microsoft License Agreement yang sekali lagi mungkin tidak pernah dibaca.

Langkah 4. Pada bagian Ready to install silahkan kamu pilih Install untuk melanjutkan proses Upgrade.

Sebagai catatan, jika kamu ingin mendapatkan instalasi yang fresh dimana semua data di Local Disk C dihapus, kamu bisa pilih Change what to keep dan silahkan kamu pilih opsi Nothing, jika sudah selesai, klik Next dan klik Install seperti pada gambar diatas.

Sesaat proses instal berjalan, loading akan berjalan dan kamu akan dihadapkan pada proses upgrading dari Windows 8.1 ke Windows 11. Jika kamu beruntung, kamu mungkin mendapati Windows 11 kamu telah teraktivasi, misalkan jika kamu menggunakan Windows 8.1 Home dan kamu melakukan instalasi Windows 11 Home, kemungkinan lisensi sebelumnya akan nyangkut di versi Windows 11 kamu, dengan catatan bahwa versi yang digunakan itu setara.

Namun bisa saja kamu akan mendapati Windows 11 kamu tanpa lisensi dan belum teraktivasi, sehingga dengan itu ada baiknya kamu telah menyediakan lisensi original Windows 11 yang telah kamu beli sebelumnya.

Hingga saat ini, ketika artikel ini ditulis, metode ini masih bisa berjalan, baik melakukan upgrade dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 11, namun kedepannya mungkin metode ini akan segera ditutup oleh Microsoft sehingga ada baiknya kamu segera memperbarui Windows kamu sebelum masa dukungan update berakhir.

Bagaimana menurutmu? sudah mencoba langkah ini? komen dibawah guys.

Referensi : PureInfoTech

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.